Belakangan ini, isu korupsi yang masih santer, pencurian, penipuan, dan kasus kriminalitas lain yang terjadi membuat sebagain orang jadi pesimis dengan moral bangsa ini. Banyak orang yang sudah nggak percaya bahwa di zaman yang terlanjur edan masih ada orang baik dan jujur. Nyatanya, kita justru bakalan adem kalau melihat unggahan-unggahan ini.

Kadang kala kita menemukan sejumlah uang tanpa tuan dan tanpa identitas. Kalau iman kita nggak kuat, pastilah kita memilih untuk mengambilnya saja dan dipakai buat jajan. Lumayan, kan, bisa membantu penghematanmu di akhir bulan. Sayangnya hal itu nggak berlaku buat para warganet terpuji ini. Mereka justru rela repot-repot mengunggah pengumuman kehilangan di akun-akun media sosial sampai menemukan pemiliknya. Kalau si pemilik nggak kunjung ketemu juga? Ada yang memutuskan untuk menyumbangkannya ke masjid.

Seorang warganet asal Yogyakarta menemukan sejumlah uang dan berinisiatif mencari pemilik sesungguhnya lewat akun Instagram @infocegatan_jogja

Penemuan uang di jalan. via www.instagram.com

Advertisement

Nggak tanggung-tanggung bahkan orang yang menemukan uang ini merasa bertanggung jawab penuh. Caption yang tertera pada unggahan di atas bahkan nggak menyebutkan dengan jelas jumlah uangnya dengan tujuan agar nggak disalahgunakan. Apabila uang ini nggak kunjung dijemput pemilik yang berhak, pihak yang menemukan juga berinisiatif untuk menyumbangkan uang tersebut untuk infak masjid.

INFO PENEMUAN UANG DI JALAN

Telah ditemukan sejumlah uang rupiah, sebagaimana yang terlihat di dalam gambar, pada hari ini, Kamis, 15 Maret 2018, sekira saat adzan Ashar berkumandang, di Jalan Taqwa, Suranatan-Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta, oleh teman saya yaitu Hanan Kalijaga.

Bagi yang merasa kehilangan uang tersebut silakan untuk menghubungi teman saya yang menemukan uang tersebut, melaui pesan inbox Facebook langsung ke Hanan, bukan kepada saya.

Silakan untuk menyebutkan:
• Jumlah lembaran uangnya.
• Rincian nominal uangnya.
• Jumlah seluruh uangnya.

Bilamana hingga hari Minggu, 18 Maret 2018, pukul 15.00 WIB, belum ditemukan pemilik sebenarnya uang tersebut maka uang temuan itu akan dimasukan ke dalam kotak infaq Masjid Taqwa, Suranatan, Yogyakarta.

Informasi ini saya sampaikan atas permintaan teman saya yang menemukan uang tersebut. Segala sesuatu yang timbul di kemudian hari silakan langsung dikoordinasikan langsung dengan Hanan selaku penemu uang itu.

Terima kasih kepada para admin dan moderator ICJ yang telah mengijinkan informasi ini tampil di grup ICJ ini. *****
Gambar uang temuan yang menyertai informasi ini diambil oleh saya sekira 1 jam setelah uang ditemukan. Gambar diambil bukan di lokasi penemuan

Via : Rio Anggara

#infocegatanjogja

Ternyata unggahan yang berisi pengumuman kehilangan uang tunai bukan hanya sekali ini terjadi. Warganet juga kerap mengunggah hal serupa

Meskipun uangnya kelihatan menggiurkan, tapi kalau bukan haknya nggak akan berkah. via www.instagram.com

Ada juga yang menemukan sejumlah uang dan kartu ATM milik seseorang yang tertinggal di bilik ATM. Alih-alih mengambil uangnya, seorang warganet yang menemukannya justru memublikasikannya lewat akun @infocegatan_jogja lagi. Karena menemukannya saat subuh, penemunya juga berniat menunggu hingga bank buka dan menyerahkan uang beserta ATM tersebut kepada pihak bank agar diserahkan pada pemilik yang berhak.

Lebih baik dikembalikan kepada yang berhak. via www.instagram.com

Advertisement

Klise banget ketika kita memikirkan para koruptor mengambil uang rakyat yang berkali lipat lebih banyak dari ini, tapi sama sekali nggak merasa salah. Salut banget, kan, masih ada orang yang mau tulus menolong dan merasa bahwa sang pemilik mungkin saja sedang kebingungan dan lebih membutuhkan uang ini untuk kepentingan yang serius. Orang-orang seperti ini yang harusnya jadi wakil rakyat dan bakal bisa menahan nafsu untuk memakan uang rakyat.

Di tengah-tengah krisis moral begini, kejujuran jadi hal yang langka. Salut buat warganet yang punya inisiatif mulia dan ikhlas saling membantu

Kalau guyub rukun begini, kan, enak! via guyubrukunalumni.wordpress.com

Masyarakat belakangan ini dibuat muak oleh perseteruan beberapa kubu yang saling menyalahkan. Hanya karena berbeda pandangan politik, berbeda pendapat dalam menyikapi sesuatu, seolah-seolah kita jadi terpecah belah dan nggak saling peduli satu sama lain. Belum lagi pejabat dan wakil rakyat yang justru makin membuat rakyat kehilangan kepercayaan. Hal-hal seperti inilah yang membuat orang-orang percaya bahwa di luar sana masih ada orang baik dan jujur yang ikhlas membantu sesamanya tanpa pandang bulu. Apakah kamu salah satu dari mereka?

Jangan terlalu pesimis dengan kondisi masyarakat kita sendiri. Bisa banget kok kita mengubahnya, mulai dari kesadaran diri sendiri dan mulai dari hal kecil. Sesederhana kejujuran dan kebaikan pada kawan-kawan terdekat. Hingga berniat membantu mereka yang memang sedang dalam kesusahan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya