Industri film Bollywood memang sudah terkenal seantero dunia. Bahkan produksi film pertahunnya mengalahkan Hollywood. Film-film bollywood termasuk film yang sarat makna, di luar budaya tari dan nyanyi yang selalu terselip di dalamnya.

Sebut saja 3 Idiots yang memberi pesan bahwa kuliah itu tak hanya persoalan nilai. Juga Kuch Kuch Hota Hai, kisah friendzone Rahul-Anjali yang tak pernah membosankan meski telah ditonton berkali-kali. Hingga My Name Is Khan yang mengangkat fenomena islamofobia di Amerika pasca tragedi 9/11. Selain ketiga film ikonik tadi, tentu masih ada film bollywood lain yang layak dikategorikan sebagai film sepanjang masa. Juga bisa banget jadi mood booster buatmu. Nah, kali ini Hipwee mencoba merangkum 11 film Bollywood buat kamu. Ada film apa aja sih? Langsung dicek ya 🙂

1. Kisah friendzone paling romantis yang berakhir manis terangkum dalam Kuch Kuch Hota Hai. Romansa Anjali- Rahul memang memang tak terlupakan.

Film tentang friendzone yang berakhir manis.

Film tentang friendzone yang berakhir manis. via smeaker.com

Advertisement

Kuch kuch hota hai…

Masih ingat nggak sih sama film yang satu ini? Sebuah film yang dirilis tahun 1998 dan ngehits banget di Indonesia kala itu. Film ini membawa nama Shahrukh Khan dan Kajol tenar di Indonesia. Film ini sendiri bercerita tentang Rahul (Shahrukh Khan) dan Anjali (Kajol ) yang terjebak friendzone. Anjali mencintai Rahul, sementara Rahul mencintai Tina (Rani Mukerji). Mendapati cintanya yang bertepuk sebelah tangan membuat Anjali akhirnya memutuskan untuk pindah kota. Tapi kamu nggak perlu khawatir karena pada akhirnya Rahul dan Anjali bersama kok, walaupun sempat terpisah lama.

P.S: Tuh, friendzone juga bisa lho berakhir bahagia.

2. Untukmu yang masih menjadi mahasiswa, 3 Idiots punya misi untuk menyebarkan pesan bahwa kuliah itu bukan hanya persoalan nilai semata.

Kamu yang masih jadi mahasiswa, wajib banget nonton film ini.

Kamu yang masih jadi mahasiswa, wajib banget nonton film ini. via hdmoviespoint.com

Advertisement

All is well (sambil tepuk dada)

Kamu yang masih jadi mahasiswa, wajib/kudu banget nonton 3 Idiots. Film ini punya pesan bahwa kuliah itu nggak cuma tentang nilai semata. Buat kamu yang ‘mendewakan’ IPK, kamu bisa belajar dari Rancho (Amir Khan) yang berani menentang sistem pendidikan konvensional yang membatasi kreativitas mehasiswa. Ia bersama dengan dua orang sahabatnya, yakni Farhan (Madhavan) dan Raju (Sharman Joshi), berusaha berjuang melawan kekakuan sistem pengajaran yang diterapkan oleh kampusnya. Tak hanya tentang sistem pendidikan aja, film ini juga dibumbui kisah cinta Rancho dengan Pia (Kareena Kapoor) yang khas anak muda.

Buat kamu yang lagi galau IPK, udah… All is well. 🙂

3. My Name Is Khan, tentang fenomena islamofobia di Amerika Serikat pasca tragedi 9/11. Film ini mengajarkan kita untuk menghargai satu sama lain.

My Name Is Khan.

My Name Is Khan. via www.jilaa.net

My Name is Khan, and I’m not a terrorist

Adalah Rizwan Khan (Shahrukh Khan) yang menderita sindrom Asperger. Tak pernah menatap lawan bicaranya, berjalan membungkuk, takut akan warna kuning dan kebisingan, adalah hal yang membuat Rizwan berbeda dari orang kebanyakan. Selepas kepergian sang Bunda untuk selama-lamanya, Rizwan mengikuti sang adik, Zakir pindah ke Amerika, lebih tepatnya ke San Fransisco.

Singkat kata singkat cerita, Rizwan jatuh cinta dengan Mandira (Kajol), seorang janda beranak satu. Meski sempat ditentang, keduanya pun menikah. Kemudian peristiwa kematian anak Mandira – Sameer (Yuvaan Makaar) yang dilatarbelakangi oleh isu SARA, membawa Rizwan berjuang untuk bertemu dengan presiden Amerika. Film yang menyinggung islamofobia di Amerika Serikat ini punya pesan bahwa tidak ada agama yang mengajarkan keburukan. Segala aksi teror itu hanya dilakukan oleh ‘oknum’ yang sengaja mengatasnamakan agama tertentu demi kepentingan golongannya sendiri.

4. Taare Zameen Par mengajarkan kita bahwa tidak ada anak yang terlahir bodoh di dunia ini. Sebaliknya, masing-masing anak memiliki bakat yang berbeda.

Yang bercita-cita jadi guru, wajib banget nonton film ini.

Yang bercita-cita jadi guru, wajib banget nonton film ini. via www.starmusiq.com

Ishaan Awasthi (Darsheel Safary) adalah seorang anak berusia 8 tahun yang punya kesulitan dalam memahami pelajaran.  Di mata Ishaan, huruf dan angka itu seolah menari-nari. Ini yang menyebabkan dirinya sulit untuk membaca dan berhitung. Ayahnya yang kecewa dengan nilai-nilainya sering memberikan hukuman pada Ishaan. Tak hanya itu, karena putus asa sang ayah mengirim Ishaan ke sekolah asrama. Di sekolah Ishaan yang baru inilah, seorang guru seni bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan) menyadari bahwa sebenarnya Ishaan mengidap disleksia, di mana penderitanya kesulitan membaca. Guru Nikumbh jugalah yang jeli melihat bakat luar biasa Ishaan dalam bidang seni lukis. See? Tidak ada anak yang terlahir bodoh di dunia ini. Justru sebaliknya, tiap anak punya bakat luar biasa yang berbeda-beda.

5. Cerita cinta beda kasta berbalut permasalahan keluarga bisa kamu temukan dalam film Kabhi Khushi Kabhie Gham.

Kabhi Khushi Kabhie Gham.

Kabhi Khushi Kabhie Gham. via zeenews.india.com

Kabhi Khushi Kabhie Gham bercerita tentang cinta yang berbeda kasta antara Rahul (Shahrukh Khan) yang merupakan anak adopsi dari keluarga kaya dan Anjali (Kajol) seorang gadis dari keluarga sederhana. Hubungan keduanya ditentang oleh ayah Rahul, yakni Yash (Amitabh Bachchan). Namun Rahul tetap nekat menikahi Anjali dan keduanya lalu pindah ke London.

Singkat kata, cerita Rahul dan Anjali yang telah berpisah lama dengan keluarga mereka berakhir bahagia. Mereka bisa kembali berkumpul dengan keluarga mereka dan pernikahan keduanya direstui oleh Yash. Yeeeay!

6. Kal Ho Naa Ho, cerita cinta segitiga yang endingnya dijamin bikin kamu termehek-mehek.

Ending-nya bikin kamu nangis bombay.

Ending-nya bikin kamu nangis bombay. via theuglybugball.wordpress.com

Kal Ho Naa Ho bercerita tentang cinta segitiga antara Naina (Preity Zinta), Aman (Shahrukh Khan), dan Rohit (Saif Ali Khan). Kedatangan Aman sebagai tetangga baru Naina, sudah merubah kehidupan Naina. Ia yang awalnya selalu cemberut lalu berubah jadi sering tersenyum. Naina pun jatuh hati pada Aman, pun Aman punya rasa yang sama dengan Naina. Sayangnya, Rohit – sahabat karib Aman, juga mencintai Naina sudah sejak lama. Aman pun mengalah dan membiarkan Rohit menyatakan perasaannya pada Naina.

Film yang bersetting di kota New York ini memiliki ending sedih yang bikin kamu nangis bombay. Di akhir kisah terungkap bahwa Aman sebenarnya menderita sakit parah. Saat pertunangan Rohit-Naina, Aman terjatuh dan segera dilarikan ke rumah sakit. Tak berapa lama kemudian ia meninggal dunia.

7. Kamu yang tengah memperjuangkan cinta, wajib banget nonton Mohabbatein. Lihat bagaimana Raj berhasil meluluhkan kerasnya hati Narayan.

Pada akhirnya Raj berhasil meluluhkan hati Narayan.

Pada akhirnya Raj berhasil meluluhkan hati Narayan. via notjustrich.com

Raj Aryan (Shahrukh Khan) jatuh hati pada Megha (Aishwarya Rai). Sayangnya hubungan keduanya ditentang oleh Narayan (Amitabh Bachchan), ayah Megha yang juga kepala sekolah Gurukul – sekolahnya Raj. Suatu ketika Narayan marah besar mengetahui hubungan Megha dan Raj. Keesokan harinya Megha bunuh diri dengan melompat dari kamarnya. Kematian Megha membuat Narayan marah besar dan Raj diusir dari sekolah tersebut.

Singkat kata, beberapa tahun kemudian Raj kembali ke sekolah tersebut sebagai guru musik. Raj punya misi untuk meluluhkan kerasnya arogansi Narayan. Ia tidak ingin murid-muridnya bernasib sama denganya. Karenanya ia membantu ketiga muridnya yang tengah berjuang meraih cinta. Film ini happy ending kok, karena pada akhirnya Narayan berhasil luluh dan sekolah Gurukul dipenuhi cinta.

8. Sementara film PK adalah komedi satir yang menyindir beragam agama.

Film yang dibintangi Aamir Khan ini berisi sindiran terhadap beragam agama. Adalah Pee Kay, seorang alien yang terdampar di bumi (Aamir khan). Suatu ketika Pee Kay mencari remote-nya yang dicuri. Saat dalam pencarian inilah orang-orang mengatakan bahwa hanya Tuhan yang dapat membantu menemukan remotenya. Pee Kay pun mencoba menemukan Tuhan. Film yang satu ini tergolong komedi satir yang filosofis.

9.  Yeh Jaawani Hai Deewani, ketika seorang cewek introvert jatuh hati dengan cowok ekstrovert. Duh, romantisnya.

Ketika introvert bertemu dengan ekstrovert.

Ketika si introvert jatuh hati dengan si ekstrovert. via alsayeda.net

Suatu ketika Naina (Deepika Padukone) yang introvert memutuskan untuk keluar dari zona nyamannya. Ia lantas memutuskan untuk bertualang ke Manali bersama beberapa teman lain yang belum begitu dikenalnya. Di antaranya ada tiga teman SMA-nya, yakni Bunny (Ranbir Kapoor), Aditi (Kalki Koechlin), dan Avi (Aditya Roy Kapoor). Petualangan ini menyatukan hati Naina yang introvert dan Bunny yang ekstrovert. Namun kisah cinta keduanya tidak berjalan mulus karena Bunny mendapat beasiswa ke Amerika. Keduanya terpisah jarak cukup lama. Eits, tapi kamu nggak perlu khawatir karena di akhir cerita mereka bersatu lagi kok. Duh, so sweeeet 🙂

10. Slumdog Millionaire berbicara tentang takdir hidup seseorang tak ada yang bisa diterka. Seperti perjalanan hidup Jamal yang berhasil membawanya memenangkan kuis Who Wants to Be A Millionaire.

Nggak ada yang bisa menerka garis hidup seseorang.

Nggak ada yang bisa menerka garis hidup seseorang. via www.foxsearchlight20th.com

Jamal Malik (Dev Patel) hanyalah seorang pengantar minuman pada sebuah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi yang berhasil menjawab pertanyaan demi pertanyaan pada kuis Who Wants to Be A Millionaire. Pertanyaannya adalah bagaimana bisa dia menjawabnya? Ternyata di setiap pertanyaan yang berhasil dijawab Jamal itu membangkitkan setiap kenangan dalam hidupnya. Pengalaman hidupnya yang keras itulah yang membuatnya mampu menjawab beragam pertanyaan kuis tersebut. Hingga akhirnya ia berhasil memenangkan kuis tersebut. Yeaaay!

11. Kamu pasti setuju kalau cerita persahabatan Rohit dan Jadoo dalam Koi Mil Gaya sangat menghibur.

Persahabatan Jadoo dan Rohit.

Persahabatan Jadoo dan Rohit. via www.deccanchronicle.com

Suatu ketika Rohit (Hrithik Roshan) yang berkebutuhan khusus menemukan sebuah alat untuk berkomunikasi dengan alien, yang merupakan peninggalan orang tuanya. Setelahnya datanglah alien bernama Jadoo yang berhasil merubah Rohit menjadi pria normal. Rohit yang berubah menjadi pria hebat lantas membuat Nisha (Preity Zinta), teman sebayanya, jatuh hati. Kemudian setelah berjuang menyelamatkan Jadoo yang sempat ditangkap pemerintah, Rohit dan Nisha akhirnya bisa bersatu layaknya pasangan lain. Akhirnya bahagia kok. 🙂

Okeh, 11 film Bollywood sepanjang masa udah coba Hipwee pilihkan buat kamu. Mungkin masih banyak film lain yang nggak sempat masuk daftar, tapi semoga referensi di atas bisa jadi mood booster buatmu dan bikin ingin nonton ulang. Ditonton ya long weekend ini…. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya