Masa SD bagi kamu generasi 90-an memang merupakan masa yang sulit dilupakan. Mulai dari kejadian yang bikin ketawa seperti melihat temanmu BAB saat di kelas, sampai kejadian yang waktu itu bikin kamu takut seperti disuntik imunisasi. Mengingatnya saja bisa membuatmu ketawa-ketawa sendiri, kan?

Nah, salah satu memori yang pasti kamu ingat adalah jadwal paten nonton TV di hari Minggu. Selain karena kartun-kartun yang seru, soundtrack lagunya pun nggak kalah menghibur. Yuk, senyum-senyum sendiri dengan ikutan nyanyi soundtrack kartun-kartun SD ini!

1. “Kala sang beruang tidur, tak ada yang berani ganggu dia,” lagunya “Shinchan” ini pasti akrab di telinga

Advertisement

“Sang beruang tidur
Dan tak ada yang berani ganggu dia
Oh sibuknya
Aku sibuk sekali.”

Kamu yang mengingat Crayon Shinchan pasti ingat betul dengan lagunya yang satu ini. Dunia Shinchan yang penuh keceriaan benar-benar membuatmu iri dengan hidupnya! Ah, jadi kangen masa kecil dulu yang ketakutan terbesarnya hanya membangunkan beruang (orang dewasa) dari tidurnya. 😀

2. “Let’s & Go” mengajarkan kita terus berjuang. Raihlah mimpi dan nggak akan menyerah sampai sekarang menjadi motivasi hari-harimu!

“Lets go
Bersatu dengan angin
Raihlah
Mimpi-mimpiku
Ku tak akan pernah menyerah
Winning run”

Advertisement

Cowok-cowok pasti ingat dengan lagu ini. Berlari dengan kencang hingga mencapai tujuan adalah lirik yang benar-benar ampuh memberi motivasi buat cowok-cowok. Ini dia lagu yang bikin cowok semangat dan bangkit lagi setelah jatuh demi menggapai kemenangan. Let’s & Go!

3. Kisah pencarian Ibu “Honey Bee Hatchi” membuatmu meneteskan air mata. Mama … di manakah kau berada?

“Hatchi anak yang sebatang kara
Pergi mencari ibunya
Di malam yang sangat dingin
Teringat mama
Walaupun kesepian
Hatchi tetap gembira”

Meski nada lagunya mirip dengan lagu ibu Qosidah-an, namun lirik dari lagu melankolis ini benar-benar dalam. Pencarian sosok mama yang dilakukan Hatchi bahkan bisa membuatmu meneteskan air mata.

4. Di dunia “Maruko Chan”, banyak sekali hal yang menyenangkan. Yuk, mencari teman!

Maruko

Maruko via motionpic.com

“Hal yang menyenangkan hati
Banyak sekali
Bahkan kalau kita bermimpi
Sekarang ganti baju
Agar menarik hati
Ayo kita mencari teman”

Kalau sudah bicara Maruko Chan, dunianya jelas merupakan dunia yang menyenangkan hati. Banyak sekali hal menyenangkan hati yang bisa dilakukan. Ada juga tips mencari teman yang bisa kamu dapatkan dari lagu ini. Kamu tinggal ganti baju dan nyari teman deh. 😀

5. Si “Kobo Chan” yang nggak suka makan pisang ini selalu ceria. Prinsipnya, hidup itu jangan dibikin susah~

“Setiap hari haa haa haa
Tawa canda dimana-mana
Setiap hari haa haa haa
Aku benci makan pisang”

Lirik lagunya agak absurd sih memang. Dunia Kobo Chan yang penuh dengan tawa dan ceria harus diakui mampu membuat kita ikutan tertawa. Namun yang aneh adalah kenapa si Kobo Chan ini harus benci pisang?? 😀

6. Siapa sih yang nggak kenal suka nonton “Doraemon” dan kantong ajaibnya. Akui saja kalau waktu kecil kamu pengen jadi Nobita, iya, kan?

“Semua semua semua
Dapat dikabulkan
Dapat dikabulkan
Dengan kantong ajaib”

Kalau bicara soal sayang ke Doraemon, jelas kita semua sayang dengan Doraemon. Bagaimana nggak sayang kalau semua hal yang kamu minta bisa dikabulkan oleh Doraemon? Enak banget, ya, jadi Nobita yang selalu saja diturutin maunya sama Doraemon.

7. Saat “Captain Tsubasa” datang, seluruh penjuru kota menyoraki kehebatannya. Dia yang membuat cowok jadi rajin main bola

“Ayo lihat semua,
kapten kita datang,
seluruh penjuru kota..,
puji kehebatannya….”

Kamu yang cowok tulen pasti ingat dengan lagu ini. Karena Captain Tsubasa, kamu dulu jadi semangat bermain bola di lapangan hijau. Meski nggak pakai sepatu alias nyeker, tapi kamu tetap bahagia dan nggak bakal pulang sebelum dengar azan Maghrib atau panggilan dari Emak. Hehe.

8. Ingat “Arale” pasti ingat “kepala besar”. Meski lagu Dr. Slump rada nggak jelas, tapi kamu hafal, kan?

“Orang itu, Orang itu, Orang itu, Orang itu,
Orang itu, Orang itu, punya kepala besar
Bergaya apapun juga (wajah besar 2X)
Takan bisa dirubah (wajah besar 3X)
tidak!”

Ini juga salah satu lagu yang liriknya absurd. Iya sih memang Dr. Slump punya wajah besar, tapi mbok ya jangan dijadikan lirik lagu juga. Karena itu setiap kali dengan wajah besar, pikiranmu pasti spontan pengen berteriak “TIDAAAAK”. Hehehe

9. Mimpi itu datangnya dari mana, ya? “Dragon Ball” punya jawabannya!

“Jawabnya ada diujung langit
Kita kesana dengan seorang anak
Anak yang tangkas dan juga pemberani”

Son Goku mengajarkan banyak hal kepada kita lewat lagu ini. Mulai dari kita harus jadi anak yang pemberani hingga jadi pribadi yang terus bertarung tanpa kenal kata menyerah demi menggapai cita-cita! Semoga besok jadi hari yang lebih baik, ya.

10. Nggak perlu menunggu dewasa buat jadi pahlawan. “P-Man” yang suaranya riang ini sukses menginspirasi untuk berbuat kebaikan

“P-man…P-man…P-man…..
Ku panggil dia P-Man
Suaranya riang
Datanglah oh, P-man
Datanglah kerumahku”

P-Man mengajarkan kepada kita bahwa untuk jadi pahlawan, kita nggak perlu menunggu sampai dewasa. Dengan kata cinta saja kita bisa memberi semangat kepada orang lain yang sedang patah semangat. Itu baru pahlawan yang sesungguhnya!

11. Jangan lupa mengajak teman kalau mau bertualang. “Ninja Hatori” mengajarkan agar sesama teman harus saling menjaga

“Mendaki gunung lewati lembah
Sungai mengalir indah ke Samudra
Bersama teman bertualang”

Dulu kita sering bermain ninja-ninjaan dengan sarung sebagai penutup muka. Berlagak jadi Hatori yang senantiasa menjaga anak-anak yang sedang bermain. Hatori mengajarkan bahwa sebagai teman, kita harus saling mendukung dan saling menjaga. Sayangnya, yang ada sekarang teman itu nikung. Nggak malah mendukung. #EH 😀

12. “Digimon Adventure” mengajak kita berimajinasi ke dunia digital. Yuk, menjadi kupu yang bebas terbang ke mana saja ~

“Menjadi KUPU yang sehat
Terbawa angin berkilau
Sekarang ku pergi
Untuk bertemu dikau”

Dari lagu ini kamu bisa belajar bahwa kamu bisa bebas berpetualang ke mana saja. Kamu harus terus berusaha dan fokus agar bisa menggapai mimpimu. Selain itu, lagu ini juga mengajarkan bahwa kita nggak boleh begitu saja mencampuri urusan orang lain. Kalau bukan urusanmu, lebih baik lupakan saja dan fokus sama tujuanmu sendiri.

Bagaimana, sudah puas nostalgia masa SD sambil nyanyi-nyanyi bahagia? Waktu SD dulu, kamu bisa bahagia tiap hari Minggu dengan adanya kartun-kartun tersebut. Beda jauh, ya, dengan anak-anak sekarang yang meski hari Minggu tapi rasanya kurang ada tontonan yang seru. Ada juga isinya sensoran. Semoga mereka tetap bahagia. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya