Nostalgia Serunya Hajatan di Kampung. Ssst, Ajang Cari Jodoh Terselubung~

Berbeda dengan hajatan di kota-kota besar, hajatan di kampung terbilang masih lekat dengan nuansa kekeluargaannya. Selain itu, biasanya hajatan di kampung digelar selama berhari-hari, SoHip. Para tetangga dan keluarga besar diundang untuk rewang atau membantu. Bagi orang dewasa, hajatan mungkin sedikit melelahkan, ya, tapi sedikit berbeda dengan anak-anak atau remaja.

Advertisement

Hayo, ngaku aja, kamu yang dulu pernah merasakan hajatan di kampung pasti antuasias banget, kan? Hajatan bisa jadi adalah tempat keseruan yang nggak selalu terjadi setiap hari. Bukan cuma bisa makan enak, tapi beberapa hal ini hanya terjadi saat ada hajatan saja, lo. Apa saja? Simak, yuk~

1. Di balik kerasnya volume sound system di hajatan, ada musik jedag-jedug yang khas sekali dan sering kita rindukan. Benar, kan?

Ilustrasi Sound System

Ilustrasi sound system di hajatan | Credit: Wikimedia

Kalau ngomongin hajatan di kampung, kurang lengkap tanpa membahas suara sound system nih. Hajatan tanpa musik pengiring memang seperti sop ayam tanpa garam alias hambar. Rasanya nggak seru aja kalau nggak ada suara jedug-jedug yang keras dan kencang.

Sering kali sound system diputar dengan volume yang keras dan hampir sepanjang hari. Sejujurnya, suara ini cukup menganggu karena biasanya suara bisa terdengar sampai ke kampung sebelah. Meski memang kadang menganggu, tapi seiring berjalannya waktu, kita merindukan masa-masa hajatan di kampung, ya? Keriuhan yang khas ini ternyata sangat memorable ketika kita sudah beranjak dewasa.

Advertisement

Ada masanya kita kangen sama suara jedag-jedug itu, SoHip

2. Semakin dewasa, kita akan sadar bahwa lagu-lagu yang diputar saat hajatan kadang memang aneh-aneh, tapi bikin kangen. Legendaris~

Lagu Hajatan

Lagu-lagu khas hajatan | Credit: Youtube
Le Moesiek Revole

Tiap daerah bisa jadi punya lagu hajatan andalan masing-masing atau sesuai selera pengatur sound system aja. Nggak jarang lagu yang diputar nggak nyambung dengan suasana hajatan. Usut punya usut ternyata referensi lagunya memang tergantung suasana hati atau kesukaan abang-abang sound system. Ada-ada aja, ya~

Advertisement

Kalau abangnya cukup fair nih, biasanya dia akan memutar lagu-lagu yang umumnya digunakan saat hajatan. Contohnya nih, lagu dangdut Pertemuan yang dinyanyikan Rhoma Irama dan Noer Halimah atau lagu Cuma Kamu yang didendangkan Rhoma Irama dengan Rita Soegiarto.

Jika diperhatikan, rata-rata lagu yang diputar adalah lagu dangdut, lagu koplo, atau lagu melayu. Playlist lagu hajatan ini nggak menentu karena bisa berubah sepanjang waktu. Tergantung lagu yang sedang hits pada masanya, SoHip.

3. Hajatan ternyata ajang pencarian jodoh yang terselebung. Remaja kampung saling menarik perhatian lawan jenis. Cieee~

Cari Jodoh di Hajatan

Dapat jodoh nih | Photo by TĂș Anh on Pixabay

Ini sunguhan terjadi. Hajatan bukan sekadar perayaan penikahan atau sunatan semata. Diam-diam nih, hajatan menjadi tempat para remaja kampung yang ikut rewang untuk mencari jodoh. Baik cewek ataupun cowok, mereka akan berusaha tampil dengan dandanan terbaik saat rewang. Siapa tahu setelah ini mereka yang duduk di pelaminan. Amin~

Nah, nggak sedikit orang yang benar-benar mendapatkan jodoh dari hajatan. Gara-gara sering bertemu dan saling membantu pekerjaan rewang, dua sejoli terus menjalin hubungan meski hajatan sudah selesai. Bisa jadi dua orang baru mengenal di hajatan, kemudian benih-benih cinta tumbuh di hati keduanya. Hajatan ini juga ajang pencarian jodoh ternyata.

4. Dua posisi di rewang hajatan ini paling bergengsi dan kerap jadi rebutan anak muda. Kamu pernah merasakannya?

Penerima Tamu

Penerima tamu | Credit: Kaskus

Setiap orang, baik tua maupun muda, yang diundang rewang oleh pemilik hajatan memiliki peran dan posisi masing-masing. Biasanya ada tukang masak, tukang peracik bumbu, tukang cuci-cuci, sampai tukang parkir pun ada. Rata-rata bagian di belakang layar seperti di dapur ditempati oleh para orang dewasa. Sementara itu, anak muda punya jatah untuk melayani para tamu undangan.

Tahu nggak sih kalau dua posisi ini paling bergengsi dan paling diincar anak muda yang ikut rewang? Ya, betul. Penulis buku tamu dan pemberi souvenir/hantaran untuk tamu undangan. Sedikit menyebalkan, tapi harus diakui bahwa biasanya posisi ini diisi oleh anak-anak muda yang cantik atau ganteng di kampung. Jadi, siapa pun yang menempati dua posisi tersebut, secara nggak langsung seperti pengakuan bahwa mereka memang rupawan, SoHip.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE