Perceraian memang menyakitkan. Bagi pasangan yang menjalaninya, percerian tentu menjadi masa-masa sulit yang harus dilalui dalam hidup. Apalagi bagi anak yang harus mendapati orang tuanya bercerai. Sering kali, anak menjadi korban dalam perceraian orang tua. Banyak yang menganggap, perceraian orang tua atau keluarga yang ‘broken home’ akan menjadikan anaknya tumbuh menjadi anak yang nakal karena kurang kasih sayang, kurang perhatian, dan kekecewaan serta trauma yang dihadapi.

Tidak demikian dengan Azka Corbuzier. Anak seorang ilusionis Deddy Corbuzier ini bercerita tentang kehidupannya setelah orang tuanya berpisah. Melalui slide show yang berisi gambarnya, Azka bercerita bahwa dia tetap bahagia meski orang tuanya tak lagi berstatus suami istri. Azka pun mengunggah slide-nya ke YouTube dan mengundang haru para netizen.

Lewat coretan gambarnya yang lucu, Azka ingin mengatakan bahwa dirinya baik-baik saja dengan perpisahan orang tuannya.

Advertisement

Video berdurasi tiga menit dua puluh tujuh menit tesebut benar-benar mengharukan. Melalui video yang berupa slide show hasil lukisannya tersebut, Azka seolah ingin berkata dirinya baik-baik saja meski orang tuanya tak lagi bersama. Lewat video yang diberi judul “Story of Broken Home Kid” tersebut Azka mengungkapkan bahwa dia sangat senang menjalani hari-hari bersama ayah dan ibu, meski keduanya tak lagi berstatus sebagai suami istri.

Azka memulai ceritanya dengan menceritakan kisah perpisahan orang tuanya.

Coretan pertama Azka, lucu ya?

Coretan pertama Azka, lucu ya? via www.youtube.com

Pertama-tama, Azka membuka videonya dengan memperkenalkan dirinya. Kemudian, dia menceritakan pertemuan antara ayah dan ibunya yang kemudian saling jatuh cinta. Selanjutnya dia menceritakan bahwa ia lahir pada tanggal 4 Juni 2006, dan orang tuanya memberinya nama Azka. Semuanya berjalan biasa saja, menurut Azka, dia memiliki keluarga yang sangat hebat sampai dia berusia enam tahun. Orang tuanya mulai sering berdebat hebat sampai pada akhirnya, mereka memutuskan untuk bercerai.

Azka tidak pernah disuruh untuk memilih antara ayah dan ibunya, dia tetap bisa memiliki keduanya.

Azka tak harus memilih antara ayah dan ibunya

Azka tak harus memilih antara ayah dan ibunya via www.youtube.com

Tentu kondisi ini begitu membingungkan untuk Azka yang masih berusia enam tahun. Orang tuanya memberi tahunya secara perlahan. Dia pun diberi penjelasan agar tak perlu cemas. Azka juga tak diminta untuk memilih untuk ikut ayah atau ibunya. Azka tetap bisa memiliki keduanya secara bersamaan. Azka tetap tinggal bersama ayahnya karena menurutnya ayahnya lebih menyenangkan untuk diajak bermain dan menemaninya. Ibu Azka tinggal tak terlalu jauh dengan tempat tinggal Azka dan ayahnya saat ini. Hampir setiap hari, ibu Azka datang untuk menengok Azka.

Semenjak berpisah, Azka tak pernah melihat orang tuanya berdebat lagi. Mereka tetap bisa pergi liburan bersama.

Hubungan ayah dan ibunya jauh lebih baik setelah berpisah.

Hubungan ayah dan ibunya jauh lebih baik setelah berpisah.

Advertisement

Orang tua Azza tak pernah berkelahi lagi sejak berpisah. Mereka pun masih sering pergi bersama ke mall atau bahkan ke luar negeri untuk berlibur bersama. Azka selalu tidur bersama ayahnya. Dia sangat takut dengan zombie dan dia merasa ayahnya cukup kuat untuk melindunginya. Untuk itu, dia lebih memilih tinggal bersama ayahnya. Sementara, ibunya selalu datang ke rumah di siang hari untuk merawatnya terutama ketika ayahnya sedang sibuk bekerja.

Tak ada yang rusak, kedua orang tuanya hanya tak lagi menjadi pasangan suami istri, tapi tetap menjadi ayah dan ibu bagi Azka.

Tidak ada mantan ayah ataupun mantan istri

Tidak ada mantan ayah ataupun mantan istri via www.youtube.com

Dalam videonya, Azka menuliskan, bahwa orang sering kali bertanya bagaimana rasanya menjadi anak dari keluarga “broken home”. Bagi Azka dirinya tak merasa tinggal bersama keluarga “broken home”. Tak ada yang rusak dari hubungannya dengan ayah dan ibunya. Ayah dan ibu hanya tak lagi berstatus sebagai suami istri lagi tapi mereka masih menjadi orang tua bagi Azka. Ketika ditanya apakah Azka ingin orang tuanya rujuk kembali? Dia menjawabnya tidak. Bagi Azka yang terpenting orang tuanya bahagia.

“But the fact is nothing is broken. They just not husband and wife but still my parents.”

Bukanlah “broken home” ketika kamu masih memiliki cinta yang sama dari orang tuamu.

Asal cinta mereka tetap sama

Asal cinta mereka tetap sama via www.youtube.com

“It’s not a broken home when you still have the same love from your parents”

Begitulah menurut Azka, seorang anak yang kini berusia sembilan tahun. Azka begitu mencitai ibunya dan juga ayah secara bersamaan. Dalam video tersebut, Azka menyatakan bahwa dia sangat bahagia dan bangga memiliki orang tua yang hebat yang pernah ia temui.

Berbagai komentar haru dari netizen dilontarkan untuk video yang dibuat Azka tersebut.

Komentar netizen

Komentar netizen via www.youtube.com

Video ini menjadi viral. Sampai tulisan ini dibuat ada empat ratus ribu lebih yang telah menonton video ini. Berbagai komentar positif pun dituliskan oleh para netizen. Tak hanya dari Indonesia, komentar pun diberikan oleh netizen dari luar Indonesia yang mungkin tak mengenal siapa orang tua Azka. Menurut salah satu komentar, video Azka membuat dia terharu sekaligus bersyukur karena telah diberi keluarga yang lengkap.

“Berlinang air mataku… anak kecil yang dewasa dan hebat… Harus banyak bersyukur aku diberi keluarga lengkap.. Tetap kuat Azka.. Inilah jalan hidupmu,” tulis Yuni purr dalam kolom komentar video tersebut.

Video menyentuh ini pun menjadi perhatian BBC, media Inggris tersebut mengulasnya dalam BBC Trending. Video Azka ini mengajarkan kita bahwa perceraian memang berat terutama bagi anak-anak. Kalau pada akhirnya perceraian harus terjadi, janganlah memutuskan tali kasih antara anak dan orang tuanya. Berilah pemahaman dan kehangatan yang sama pada anak. Bagi mereka yang keluarganya baik-baik saja, video ini membuat kita bersyukur karena masih memiliki keluarga yang utuh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya