Tak jarang untuk meningkatkan popularitas, sebuah band atau seorang penyanyi menggunakan lagu orang lain untuk terkenal walaupun dengan harus menguubah aransemen lagunya agar sesuai dengan gaya musik mereka. Tapi Hipwee punya fakta-fakta yang menunjukan lagu yang di cover justru lebih terkenal dari versi aslinya. Yuk tengok!

1. Nirvana – The Man Who Sold The World

Nirvana Band

Nirvana Band via www.theguardian.com

Nirvana merekam lagu ini untuk MTV Unplugged tahun 1993. Lagu ini aslinya punya David Bowie dalam album pertamanya di tahun 1970. Beberapa orang tidak familiar dengan versi asli lagu ini tapi jika kamu penggemar Nirvana pasti familiar dengan lagu ini. Mereka sering membawakan lagu ini pada konser-konser mereka yang menyebabkan orang-orang lebih mengenal lagu ini sebagai lagu Nirvana. Drummer Nirvana Chad Channing yang pertama kali memperkenalkan lagu ini pada teman-temannya dan memiliki ide untuk meng-cover lagu ini.

2. The Beatles – Twist and Shout

The Beatles

The Beatles via musicsteal.blogspot.com

Advertisement

Lagu legendaris milik The Beatles ini ternyata merupakan lagu cover yang aslinya milik The Top Notes yang direkam pada tahun 1961. The Beatles membuat lagu ini terdengar berbeda dari aslinya jujur saja ini lebih keren. Lagu ini ada pada album Please Please Me tahun 1963. Perjalanan merekam lagu ini tidak mudah lho, The Beatles bahkan sampai 9 kali merekam lagu ini. Versi paling pertama direkam untuk BBC’s Talent Spot Radio Show tahun 1962. Sayangnya rekaman mereka hilang , dan mereka merekam 9 kali untuk BBC. Lalu akhirnya, rekaman terbaik mereka yang bisa kita nikmati berada pada album Please Please Me tahun 1963. Fiyuuuhh…

3. Whitney Houston – I Will Always Love You

Whitney Houston adalah penyanyi asal Amerika

Whitney Houston adalah penyanyi asal Amerika via www.tyci.org.uk

Lagu abadi miliki Whitney Huston ini ternyata adalah lagu yang dia cover sebagai soundtrack film (yang juga dia bintangi) The Bodyguard. Lagu ini aslinya milik Dolly Parton, dirilis pada tahun 1974. Whitney merekam lagu itu pada tahun 1992. Lagu yang dirilis oleh Dolly Parton sukses menempati peringkan pertama dalam tangga lagu Billboard sebanyak dua kali yaitu pada juni 1974 dan oktober 1982. Tapi lagu versi Whitney menjadi single dengan penjualan terlaris sepanjang masa. Siapa sih yang gak bisa menahan diri ikutan teriak “And I… Will always Love you~”? Meski suaranya pas-pasan.

4. Westlife – I Have A Dream

Westlife adalah boyband asal Irlandia

Westlife adalah boyband asal Irlandia via pixshark.com

Lagu ini aslinya milik sebuah pop group asal Swedia yang terkenal, ABBA. Lagu ini terdapat di album keenam mereka Voiez-Vous dan menjadi single yang rilis pada Desember 1979. Lagu ini sangat terkenal bahkan menempati posisi kedua tanggal musik inggris pada 1979. 20 tahun kemudian, sebuah vocal group asal Irlandia, Westlife merilis ulang lagu ini dan sukses luar biasa. Lagu ini menempati posisi pertama di tanggal lagu Inggris pada tahun 1999. Untuk anak 90-an, lagu ini tidak asing lagi dan justru lagu ini lebih dikenal sebagai lagu Westlife daripada lagu ABBA.

5. Frente! – Bizarre Love Triangle

Cover album Frente! pada tahun 1994

Cover album Frente! pada tahun 1994 via www.discogs.com

Advertisement

Lagu ini aslinya milik New Order yang dirilis pada tahun 1986. Diambil dari almbum Brotherland, lagu ini sempat masuk lima besar tangga lagu U.S Hot Dance Music/Club Play Singles. Tapi nomor ini gagal masuk 40 besar musik Inggris dan Amerika Billboard Hot 100. Beberapa anak muda memang tidak familiar dengan lagu  Bizarre Love Triangle versi New Order, kita justru sering mendengar versi Frente!. Kalau kalian suka music elektro versi New Order bisa dijadikan referensi, tapi jika dibandingkan versi Frente! lebih easy listening.

6. Beyonce – If I Were A Boy

Beyonce adalah penyanyi asal Amerika

Beyonce adalah penyanyi asal Amerika via www.usmagazine.com

Pada saat dirilis ditahun 2008, lagu ini cukup menuai kontroversi. Lagu ini ditulis oleh BC Jean dan Toby Gad. Pada awalnya lagu ini direkam oleh Jean tapi perusahaan rekaman menolaknya. Lalu, Beyonce merekam lagu ini dengan versinya sendiri dan akhirnya lagu ini menjadi lagu yang cukup hits pada 2008. Lagu ini menempati posisi ketiga di US Billboard Hot 100 dan mendapat beberapa multi-platinum di Australia, Canada dan Amerika. Not bad…

7. Mariah Carey – Without You

Mariah Carey adalah seorang penyanyi yang bernyayi sejak kecil

Mariah Carey adalah seorang penyanyi yang bernyayi sejak kecil via www.boomsbeat.com

Lagu ini cukup terkenal di kedua versinya yaitu versi Mariah Carey dan versi Air Supply. Keduanya memang bagus dan menyentuh. Lagu ini ditulis oleh Pete Ham dan Tom Evans dari band rock asal Inggris, Badfinger. Lagu ini rilis pertama pada tahun 1970 di album No Dice. Sebenarnya lagu ini telah direkam oleh sekitar 180 artis di dunia. Tapi memang dua versi ini yang paling popular. Nih, yang dinyanyikan oleh Mariah Carey:

8. Birdy – Skinny Love

Birdy memulai karir menyanyi diusia yang belia. Skinny Love adalah single pertama

Birdy memulai karir menyanyi diusia yang belia. Skinny Love adalah single pertama via www.youtube.com

Lagu Skinny Love adalah single pertama yang dirilis oleh Bon Iver pada 2007 dari album For Emma, Forever Ago di Amerika. Lalu pada tahun 2011, Birdy seorang penyanyi Inggris yang meng-upload lagu ini di internet dan mendapat respon yang luar biasa. Skinny Loveversi Birdy juga sering digunakan untuk audisi pencarian bakat. Di YouTube video klip Skinny Love versi Birdy mendapat viewer yang lebih banyak dari versi aslinya, Skinny Love Birdy mendapat viewer 81 juta sedangkan Bon Iver 3,1 juta. Birdy membuat lagu ini tambah menyentuh.

Fakta-fakta diatas menunjukan kualitas bermusik bisa mengubah lagu yang sebelumnya kurang populer (walaupun ada juga yang terkenal di zamannya) menjadi musik yang lebih sederhana dan easy listening bahkan membuat lagunya menjadi lebih populer.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya