4 Alasan Kenapa Harus Ada Pelajaran tentang Emotikon untuk Chatting. Biar Nggak Salah Paham Terus!

Pengenalan emotikon chat

Saat ini, chatting-an atau berkomunikasi via daring dengan cara saling berkirim pesan teks menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia, khususnya anak-anak muda. Mulai dari urusan pekerjaan hingga urusan pribadi, hampir semuanya nggak terlepas dari kemajuan zaman yang satu ini. Perkembangan fitur chat dari waktu ke waktu pun bisa dibilang semakin keren dan komunikatif banget. Salah satu yang paling sering digunakan adalah fitur emoji atau emotikon.

Advertisement

Bagi kamu yang udah sering banget chatting-an, pasti nggak asing dong dengan istilah emotikon. Ya, biasanya sih fitur tersebut kerap digunakan agar lebih kerasa feel ngobrolnya, dan tentunya semakin komunikatif. Tapi masalahanya, ternyata di luar sana nggak semua orang bisa menggunakan dan memilih emotikon dengan benar. Alih-alih komunikatif, yang ada malah salah kaprah. Apes lagi kalau urusannya udah terkait sama pekerjaan atau mau deketin gebetan. Inilah kenapa seharusnya ada pelajaran khusus tentang pengenalan emotikon saat chatting-an!

1. Emotikon sekarang banyak banget, bikin orang jadi lama bales chat cuma karena bingung mau pakai yang mana

Ilustrasi emotikon. / Credit: Noobie via www.noobie.com

Disadari atau nggak, pilihan emotikon dalam fitur chat itu banyak banget. Mulai dari ekspresi rasa marah, gemes, malu, geram, hingga bahagia. Pokoknya semua benar-benar ada, belum lagi bentuk-bentuk lainnya seperti ekspresi yang mirip, bentuk bangunan, tumbuh-tumbuhan, hewan, hingga bentuk absurd lainnya yang mungkin jarang banget dipakai saat chatting-an.

Hal ini nih, yang acapkali jadi sumber perkara kenapa orang-orang lama banget buat balas chat, padahal juga lagi nggak ngapa-ngapain. Bukan perkara bingung mau balas pakai kalimat apa atau nanggung lagi mengerjakan sesuatu, melainkan bingung untuk milih emotikon. Nggak jarang tuh, pesan udah selesai ditik, tapi giliran milih emotikon berasa lama banget. Belum lagi, kalau misal nggak pakai emotikon, nanti kita dikira nggak ekspresif atau nggak atraktif dalam chatting-an. Hadeeeh, serba salah. 🙁

Advertisement

2. Kadang dari jenis HP satu ke lainnya beda-beda, apalagi kalau udah beda sistem operasinya

Sama-sama Android aja perbedaannya kadang udah bikin bingung / Credit: Emojipedia via blog.emojipedia.org

Selain pilihannya yang begitu beragam dan malah bisa dibilang kebanyakan, persoalan yang satu ini juga bisa jadi alasan kenapa kita butuh pelajaran mengenal emotikon saat chat. Perlu diketahui, dari jenis atau merek HP satu ke lainnya, biasanya bentuk emotikonnya berbeda-beda. Jangankan yang memang benar-benar beda jauh, lha wong yang sama-sama ekspresinya aja kadang juga udah beda kok. Belum lagi kalau sistem operasi HP-nya juga berbeda. Seperti misalnya Android dengan iOs, pengguna Android pun kadang kebingungan kalau disuruh pakai emotikon iOs, begitu pula sebaliknya.

3. Banyak banget yang nggak bisa membedakan fungsi emotikon. Meresahkan!

Salah pilih emotikon jadi runyam. / credit: Azaadinews via www.azaadinews.com

Semakin ke sini, kayaknya orang-orang yang mengggunaan emotikon itu semakin meresahkan aja. Bukan karena kelakuannya yang resek dan disengaja, melainkan karena ketidaktahuan mereka dalam memilih emotikon yang cocok untuk digunakan dalam kondisi-kondisi tertentu.

Ambil contoh aja misalnya ekspresi tertawa sambil mengeluarkan air mata alias ngakak maksimal dengan ekspresi menangis. Keduanya mungkin terlihat mirip, tapi kalau salah penggunaan, bisa-bisa berakibat fatal. Masa orang lagi berduka malah dikirimin emotikon ngakak? Kan, kebangetan. 🙁

Advertisement

4. Paling penting dan paling krusial, salah pilih emotikon warna hati akibatnya nggak main-main, bor~

Perbedaan warna emoticon hati / Credit: Emojipedia via blog.emojipedia.org

Seperti yang kita tahu, dalam aplikasi chatting biasanya memiliki emotikon hati dengan berbagai macam pilihan warna. Rupanya, dari setiap warna yang ada punya artinya sendiri-sendiri lo. Mulai dari pertemanan, persahabatan, percintaan, hingga perselingkuhan dan juga perasaan duka. Bayangin aja tuh kalau kamu asal-asalan mengirim emotikon hati tanpa cari tahu terlebih dahulu apa artinya. Memangnya kamu mau, lagi jatuh cinta, tapi malah kirim emotikon hati berwarna hitam pada pasanganmu? Itu menunjukkan rasa cinta atau malah lagi berduka tuh ceritanya?

Kalau dipikir-pikir sih mungkin cuma persoalan sepele sih, tapi kalau dibiarkan aja juga lama-lama bikin gemes. Nggak jarang, kan, orang jadi berantem dan ribut cuma karena salah pakai emotikon. Dari yang seharusnya menunjukkan ekspresi lagi seneng, malah jadi sebaliknya. Nggak lucu juga dong, niatnya mau ngasih lambang berduka malah salah pilih emotikon ngakak. Pesannya diterima juga nggak, yang ada malah auto musuhan seumur hidup. Makanya kalau pada mau pakai emotikon itu hati-hati, ya. Jadi, perlu ada pelajaran pengenalan emotikon buat chat nggak nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE