4 Perbedaan Kebiasaan Paling Kentara New Normal dengan Sebelumnya. Kalau Dipikir-pikir Kocak juga

Kebiasaan New Normal

Kamu pasti sepakat bahwa tahun 2020 ini penuh dengan ujian. Terutama karena pandemi covid-19 yang memaksa kita mengubah banyak hal. Meskipun begitu, hidup terus berjalan. Kita pun harus beradaptasi dengan cara hidup dalam kerangka new normal. Ada sejumlah kebiasaan yang harus diubah sesuai dengan protokol kesehatan.

Awalnya mungkin terasa aneh dan canggung serta serba tidak nyaman. Tapi kalau dipikir-pikir, perubahan ini unik dan lucu, lho. Misalnya beberapa perubahan yang akan Hipwee bahas kali ini. Daripada spaneng terus, lebih baik dicoba dinikmati saja sembari semaksimal mungkin menjaga daya tahan dan menjalankan protokol kesehatan, bukan?

1. Dulu sebelum pergi pusing pilih warna gincu, sekarang bingung memilih masker paling lucu

Maskernya udah lucu belum? (August de Richelieu/Pexels) via www.pexels.com

Bagi cewek-cewek, gincu adalah perkara yang krusial. Gincu menjadi polesan terakhir yang menyempurnakan penampilan. Jika warna gincu yang dipilih kurang sesuai, bisa-bisa merusak keseluruhan penampilan. Tidak heran kalau banyak yang punya banyak gincu dengan berbagai warna, yaitu supaya bisa disesuaikan dengan situasi dan juga style yang diinginkan. Itu sih dulu, sekarang sudah beda lagi, karena masker lucu jauh lebih krusial.

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita memakai masker saat keluar rumah. Oleh karena itu, style masker kini jadi perhatian yang cukup penting. Apalagi sekarang model masker juga semakin bervariasi. Mulai dari model duckbill hingga model scuba. Jadi kalau mau pergi-pergi keluar rumah, sekarang bukan gincu yang jadi perhatian. Melainkan ‘hari ini pake masker warna apa ya yang cocok sama baju?’~

2. Dulu nabung harus ke BANK dan antre berjam-jam. Sekarang semuanya cuma modal internet saja

Layanan perbankan online (lifeforstock/freepik) via www.freepik.com

Meski pandemi membawa duka dan kerugian bagi kita semua, tak bisa disangkal ada beberapa pergeseran kebiasaan yang menguntungkan. Salah satunya beralihnya berbagai layanan masyarakat ke ranah digital. Layanan Perbankan misalnya. Dulu jika ingin transfer, menabung, buka rekening, kita harus mengantre berjam-jam di Bank. Namun, sekarang melalui BRI Digital Saving, kamu bisa buka rekening hanya dalam beberapa menit saja. Hanya membutuhkan internet atau paket data.

Apalagi BRI Digital Saving dapat diakses melalui website, baik lewat ponsel ataupun laptop. Jadi, kamu tidak harus download aplikasi terlebih dahulu. Meski online, proses ini tetap aman kok, karena verifikasi data menggunakan face recognition dan digital signature. Dengan BRI Digital Saving, kamu bisa membuka rekening di BRI di mana saja dan kapan saja~

3. Dulu yang bolos kuliah sering titip absen ke teman, sekarang mana bisa karena kelasnya online semua

Nggak bisa titip absen lagi (Christin Hume/Unsplash) via unsplash.com

Barisan mahasiswa titip absen mana sih suaranya? Duh, ini kebiasaan buruk sih, tapi tidak bisa disangkal kalau banyak yang melakukannya. Titip absen ke teman kuliah saat tidak bisa menghadiri kelas. Namun, karena sekarang model belajar baik di kampus maupun sekolah berbeda, kebiasaan ini pun tidak bisa dilakukan lagi. Wong, sekarang sistem kuliahnya online, bagaimana bisa titip absen? Pengisian daftar hadir pun dilakukan secara online, dan langsung bisa diakses oleh dosen pengampu mata kuliah. Namun, kuliah online ‘kan tidak mengharuskan mahasiswa keluar kamar untuk belajar. Masa masih mau malas-malasan?

4. Dulu kalau mau kumpul sama teman ributnya menentukan lokasi kafe atau restoran. Sekarang sih ribut menentukan mau pake aplikasi apa

Sekarang ngumpulnya di aplikasi vide conference (Gabriel Benois/Unsplash) via unsplash.com

“Mau ketemuan di kafe mana, guys?”
“Terserah. Aku ngikut aja.”
“Kalau di kafe B gimana biar dekat?”
“Duh, makanannya nggak enak itu kafe B. Yang lain dong …”

Apakah kamu kangen juga dengan percakapan di atas? Dulu saat hendak kumpul dengan teman, selalu ribut menentukan waktu dan lokasi ketemuan. Pertimbangannya ada banyak, mulai dari lokasinya instagramable atau tidak, makanannya enak atau tidak, hingga akses ke sana seperti apa. Nah, sekarang saat harus menjalani physical distancing, ketemuan dengan teman dilakukan secara online. Topik diskusi pre-eventnya berganti jadi “mau pake aplikasi apa?”. Ada yang pengin pake Google meeting, ada juga yang pilih Zoom atau Skype.

Kita semua berharap pandemi ini segera berlalu. Namun, terlarut dalam kecemasan hanya akan membawa dampak buruk bagi kesehatanmu sendiri. Jadi, sembari menjalankan protokol kesehatan dan menjaga tubuh tetap fit, ada baiknya kita melihat sisi baik dari pandemi ini. Setidaknya, sekarang kalau mau buka rekening, kamu nggak perlu ke Bank lagi. Tinggal akses ke https://bukarekening.bri.co.id/ dari mana pun kamu berada. Ada 4 langkah untuk membuka rekening di BRI Digital Saving, yaitu: menyiapkan ID (KTP dan NPWP), verifikasi data diri, menyiapkan setoran awal, transaksi dan buka akun BRIMO. Semuanya serba mudah dan praktis. Bersama BRI, #BukaRekeningJamanNow jadi semudah ini~

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.