Top 5 Podcast Indonesia Terpopuler Sepanjang Tahun ini Versi Spotify Wrapped 2022

Akhir tahun memang banyak dijadikan sebagai momen untuk menengok kembali apa yang udah kita lalui sepanjang satu tahun ini. Mulai dari pencapaian hidup, kegagalan, susah, senang, dan semua perjuangannya. Dari situ, kita bisa berefleksi atau sekadar ingin menyimpannya sebagai kenangan. Keduanya sah-sah aja.

Advertisement

Selain itu, sekarang kita juga bisa melihat kilas balik konten digital yang kita nikmati sepanjang tahun. Untuk itu, platform musik Spotify tiap momentum akhir tahun selalu menghadirkan Spotify Wrapped. Nggak cuma kilas balik untuk lagu dan musisi, Spotify juga punya daftar menarik untuk kilas balik konten siniar atau podcast tahun 2022. Yuk, simak daftar 5 podcast Indonesia paling populer versi Spotify Wrapped berikut ini.

1. Tiga tahun berturut-turut, Rintik Sedu sukses rajai Spotify Wrapped. Belum ada yang bisa menggoyahkan nih

Rintik Sedu Podcast

Rintik Sedu Podcast | Credit: Instagram @rintiksedu

Posisi puncak tahun ini masih sama sejak tahun 2020 lalu, yakni dipegang oleh podcast Rintik Sedu. Selama tiga tahun itu pula Rintik Sedu nggak pernah turun dari posisi 1 dalam podcast chart Spotify. Nah, untuk tahun ini, episode Rintik Sedu yang paling banyak didengarkan para pendengarnya adalah yang berjudul lagi capek,ya? Dari judulnya aja udah bisa bikin penasaran, ya.

Podcast romansa ini dibawakan oleh seorang penulis perempuan bernama Nadhifa Allya Tsana atau yang akrab disapa Tsana. Dalam setiap episodenya, kamu bakal dibawa hanyut dengan narasi Tsana soal problematika percintaan dan patah hati ala anak muda. Ditambah dengan pembawaan suara Tsana yang lembut, dengerin podcast ini berasa lagi didongengin langsung sama dia.

Advertisement

Selain itu, Rintik Sedu juga punya segmen bertajuk Dari Sana yang berisi cerita cinta kiriman pendengar dan akan dibacakan langsung oleh Tsana di podcastnya. Ya, sambil dia komentarin juga sih dan di situ letak keseruannya.

2. Tahun ini dibuat bergelimang tawa lewat celotehan bapak-bapak di PODKESMAS. Kamu pernah coba dengerin nggak?

PODKESMAS

PODKESMAS | Credit: Instagram @podkesmas

Urutan kedua podcast Indonesia paling populer tahun ini ditempati oleh PODKESMAS. Kalau soal memenuhi asupan komedi harian, podcast satu ini bisa jadi salah satu pilihan. Nah, tahun ini episode PODKESMAS yang paling banyak meraup pendengar adalah Haji Andre Gabung Podkesmas??! Udah pernah dengar?

Dalam setiap episodenya, kamu bakal ditemani oleh empat seleb Tanah Air, yang terdiri dari Imam Darto, Ananda Omesh, Angga Nggok, dan Surya Insomnia. Lelucon menggelitik mereka terdengar khas obrolan tongkrongan banget. Ngalor ngidul dan belum tentu ada kesimpulannya, tapi yang pasti selalu mengundang tawa.

Advertisement

3. Selain komedi, orang Indonesia itu juga suka konten horor. Buktinya, Do You See What I See masuk peringkat tiga

Do You See What I See

Do You See What I See | Credit: Instagram @podcasthoror.id

Podcast horor Do You See What I See ini termasuk salah satu pemain awal bahkan saat konten podcast belum seterkenal sekarang di Indonesia. Dimulai sejak tahun 2018, kanal podcast ini menyuguhkan cerita horor kiriman langsung dari para pendengar. Menariknya, cerita-cerita itu adalah kisah nyata yang pernah mereka alami.

Mizter Popo, pria di balik kesuksesan DYSWIS menarasikan ulang cerita kiriman pendengarnya dan menambahkan efek-efek audio khusus untuk menambahkan kesan horor di telinga pendengar. Hingga saat ini, total episode di dalamnya adalah sebanyak 1000 episode.

4. Cerita kehidupan absurd para komika ini sukses bikin podcast AGAK LAEN! masuk urutan empat

AGAK LAEN!

AGAK LAEN! | Credit: Instagram @podcast.agak.laen

Lagi-lagi konten komedi berhasil menyita perhatian banyak pendengar podcast tahun ini. Podcast AGAK LAEN! berisi tentang cerita-cerita kehidupan empat komika asal Sumatera Utara yang terdiri dari Boris Bokir, Indra Jegel, Oki Rengga, dan Bene Dion. Setiap episode podcast ini selalu sukses bikin ketawa sambil geleng-geleng kepala karena nggak habis pikir dengan ke-absurd-an cerita hidup mereka.

Salah satu episode yang paling jadi perhatian tahun ini yaitu Agak Laen! Versi: Ujian. Terkadang sampai dibikin mikir kalau cerita hidup para komika itu sepertinya banyak yang bisa dijadiin materi stand up comedy mereka sendiri.

5. Di urutan kelima ada podcast Little Talks yang bisa jadi perantara keresahan hati remaja di luar sana soal percintaan

Podcast little talks

Podcast little talks | Credit: Instagram @urlittletalks

Top 5 podcast Indonesia terpopuler tahun ini ditutup dengan podcast Little Talks. Dalam setiap episodenya, kamu akan mendengar monolog seorang perempuan bernama Vania Winola yang mendapuk dirinya sebagai “your online friends to talk to.” Wah, pas banget, ya, banyak orang di luar sana yang diam-diam sebenarnya butuh teman.

Vania Winola akan menceritakan banyak hal tentang hidup khususnya kisah romansa dari sudut pandangnya sebagai gadis remaja yang beranjak dewasa. Salah satu episode di dalamnya berjudul Berawal dengan Kita, Berakhir dengan Dia, berkisah tentang hubungan tanpa status yang biasanya berujung gagal jadian dan bikin nyesek sendiri.

Nah, itu tadi top 5 kanal podcast Indonesia yang paling banyak didengar selama 2022. Ada yang jadi podcast favoritmu juga?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE