Sederet Profesi Baru yang Muncul di Era Metaverse. Mau Coba?

Para pengguna internet ke depannya bisa menjelajahi dunia virtual layaknya dunia nyata

Belakangan ini istilah metaverse sedang menjadi topik perbincangan yang viral di media sosial. Bahkan, beberapa waktu lalu tagar #Metaverse sempat trending topic di Twitter. Metaverse terdiri dari dua kata, yaitu “meta” yang berarti melampaui dan “universe” yang berarti alam semesta. Metaverse juga kerap disebut sebagai masa depan dunia digital di mana pengguna internet bisa menjelajahi dunia virtual layaknya dunia nyata.

Advertisement

Nah, karena dunia virtual ini masih memerlukan banyak pengembangan konsep dan strategi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, ada beberapa profesi baru yang muncul seiring dengan berkembangnya dunia metaverse. Kira-kira profesi apa aja yang diperlukan untuk mengembangkan dunia virtual, ya? Simak ulasan berikut ini!

1. Ahli perencanaan metaverse diperlukan untuk merancang konsep strategi

Dunia metaverse

Dunia metaverse | Photo by Adi Goldstein on Unsplash

Bagi kamu yang saat ini bekerja sebagai software engineer, nggak menutup kemungkinan kalau nantinya kamu bisa mencoba menjadi ahli perencanaan untuk dunia metaverse. Ini karena ke depannya akan semakin banyak perusahaan game atau beragam pertunjukan hiburan yang menggunakan konsep metaverse. Keahlian ini diperlukan untuk membangun suasana dunia metaverse yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata.

Dengan begitu, para pengguna internet bisa mendapatkan pengalaman terbaik meski hanya bermain atau menonton pertunjukan secara virtual. Kamu tertarik?

Advertisement

2. Profesi sebagai insinyur konstruksi juga diperlukan pembentukan dunia virtual

Dunia metaverse

Dunia metaverse | Photo by Denny Ryanto on Unsplash

Sama seperti dunia nyata yang membutuhkan arsitek dan ahli konstruksi untuk membuat bangunan, dunia virtual metaverse juga membutuhkan ahli perencanaan untuk membuat konsep strategi mulai dari desain, bentuk dan proses pembuatan supaya dapat memberikan pengalaman dunia virtual terbaik bagi pengguna internet.

Nah, buat kamu yang punya skill 3D design atau animasi, kamu bisa mengikuti pelatihan untuk menjadi ahli perencanaan metaverse.

3. Penulis dan story teller juga diperlukan untuk membuat alur cerita di dunia virtual

Dunia metaverse

Dunia metaverse | Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Selain membangun konsep, strategi dan konstruksi, dunia metaverse juga membutuhkan profesi penulis dan story teller untuk membuat rangkaian cerita yang menarik bagi para pengguna. Alur cerita yang menarik akan membuat pengguna merasakan sensasi seperti bermain atau menonton pertunjukan secara langsung. Selain itu, penulis konsep metaverse juga akan menulis skenario supaya konsep metaverse dapat mudah dipahami oleh masyarakat luas.

Advertisement

4. Perancang busana virtual juga diperlukan untuk merancang busana bagi avatar pengguna

Dunia metaverse

Dunia metaverse | Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Sama seperti game online yang menggunakan avatar dengan karakter tertentu untuk mewakili pengguna, dunia metaverse juga akan menggunakan avatar untuk mewakili para penggunanya. Maka dari itu, profesi perancang busana virtual juga sangat diperlukan untuk membantu mengembangkan pakaian dan aksesori yang nantinya dapat digunakan oleh pengguna internet. Keren juga, ya?

5. Profesi sebagai penjaga keamanan siber juga diperlukan untuk melindungi pengguna internet dari ancaman dunia maya

Dunia metaverse

Dunia metaverse | Photo by Ali Pazani from Pexels

Kalau di dunia nyata ada polisi yang berperan menjaga keamanan di lingkungan masyarakat, dunia metaverse juga membutuhkan profesi penjaga keamanan siber untuk melindungi para pengguna dari ancaman cyber crime. Profesi ini berperan untuk menciptakan dan mengembangkan protokol atau undang-undang keamanan bagi seluruh pengguna karena dunia metaverse sangat luas dan nggak terbatas.

Ke depannya, dunia metaverse yang belakangan ini dikembangkan oleh banyak perusahaan teknologi akan menambah pengalaman baru bagi para pengguna internet untuk mengakses layanan hiburan seperti game dan konser. Wah, menarik banget, ya?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE