Deretan Makanan Kenduri yang Biasanya Jadi Rebutan Banyak Orang. Mana Kesukaanmu?

Rebutan makanan kenduri

Salah satu tradisi dan budaya yang sampai sekarang masih banyak dilakukan di berbagai wilayah pedesaan Jawa adalah kenduri. Kenduri atau biasa disebut kenduren merupakan penjamuan makan untuk memperingati peristiwa tertentu. Biasanya, orang-orang di desa mengadakan kenduri untuk acara  perkawinan, mitoni (tujuh bulanan), selapanan (kelahiran anak), nyadran, sampai peringatan kematian. Kenduri dilakukan sebagai doa agar acara yang akan dilaksanakan bisa berjalan lancar dan juga sebagai alat merekatkan persaudaraan antar warga.

Advertisement

Pada mulanya, orang yang memiliki hajat akan mengundang para warga laki-laki untuk kenduri di rumahnya. Kemudian, kenduri biasa dilaksanakan setelah isya dengan dipimpin oleh mbah kaum atau kepala agama di wilayahnya. Setelah doa bersama, tuan rumah akan membagikan nasi kenduri. Dulu, isi nasi kenduri itu sangat beragam, mulai dari nasi takir, gudangan, apem, sampai jajanan anak yang ditata dalam wadah besek. Dari macam-macam menu makanan kenduri, mana yang biasanya sering jadi rebutan di keluargamu?

 1. Uang seribuan yang dibungkus kertas bisa bikin kita merasa dapat rezeki nomplok kalau berhasil mendapatkannya. Bener nggak?

Uang seribuan | Credit: Pinterest

Pada awalnya, kenduri nggak hanya menyajikan aneka makanan saja, tetapi juga uang seribuan yang dibungkus kertas atau amplop. Meskipun nominalnya nggak seberapa, tetapi uang ini tetap jadi tujuan utama anak-anak saat mendapat kenduri. Nominal yang biasanya diberikan antara 1000 sampai 5000 rupiah saja. Sayangnya, sekarang tradisi memberikan uang di dalam kenduri ini semakin jarang ditemukan.

2. Telur rebus jadi tujuan kalau lagi lapar. Meskipun cuma telur rebus biasa, kalau sudah masuk ke dalam besek kenduri jadi lebih enak lo!

Telur rebus | Credit: www.haibunda.com

Kalau sedang lapar malam-malam, tetapi malas makan nasi, biasanya telur rebus kenduri ini jadi santapan yang cocok. Karena jumlahnya cuma satu, telur rebus ini biasanya jadi rebutan bareng kakak dan adik. Meskipun sama seperti telur rebus buatan ibu, telur rebus kenduri ini punya daya tarik tersendiri untuk anak-anak di rumah.

Advertisement

3. Jajanan masa kecil dulu selalu ada di dalam besek kenduri. Kalau di tempatmu, jajanan apa yang paling sering ditemui?

Jajanan masa kecil | Credit: www.guideku.com

Salah satu makanan yang jadi tujuan anak-anak di rumah tentu saja jajanan masa kecil ini. Biasanya, jajanan atau roti dikemas dengan plastik tersendiri supaya tidak tercampur dengan makanan lainnya. Jumlah jajanan yang ada di dalamnya tidak banyak, biasanya hanya satu atau dua saja. Karena jumlahnya cuma satu atau dua itu, jajanan ini biasa jadi rebutan anak-anak di rumah. Bahkan, tidak jarang kakak dan adik berantem hanya karena rebutan jajanan kenduri ini lo.

4. Kalau gudangan ini biasanya jadi tujuan para bapak-bapak. Meskipun porsinya kecil, tetapi rasanya nikmat dan juga menyehatkan

Gudangan | Credit: daridapurdwek.blogspot.com

Gudangan biasanya berisi sayur-sayuran hijau yang dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui. Di wilayah lain, gudangan ini biasa disebut dengan urap. Dalam kenduri, gudangan disajikan dalam pincuk atau mangkuk dari daun pisang. Porsi yang diberikan juga tidak banyak, tetapi cukup untuk sekali makan. Selain sayuran, gudangan juga biasa dilengkapi dnegan kerupuk, ikan teri, tahu, dan tempe.

5. Apem di atas ketan dan kolak yang sudah nggak ada airnya, biasa jadi tujuan orang-orang yang suka manis nih

Apem dan kolak | Credit: diasraka.wordpress.com

Apem yang diletakkan di atas ketan dan kolak tanpa air menjadi dua makanan manis yang jarang kita temui selain di kenduri. Biasanya, makanan ini disajikan dalam jumlah yang tidak banyak. Pemilihan ketan dan kolak menjadi menu dalam kenduri ini bukan tanpa alasan. Ketan, kolak, dan apem punya makna tersendiri, ketan bermakna sebakai perekat ikatan, sedangkan apem berarti permintaan maaf.

Advertisement

6. Kalau yang lain jadi rebutan, nasi takir ini lebih enak dimakan bareng-bareng atau  kembulan bareng keluarga. Setuju?

Nasi takir | Credit: bimbinganislam.com

Nasi takir atau nasi yang dilengkapi lauk-pauk ini biasanya menjadi menu utama dalam kenduri. Maka dari itu, porsi nasi takir lebih banyak dibandingkan dengan makanan lainnya. Karena porsinya yang banyak, nasi takir ini nggak habis kalau dimakan sendirian. Maka dari itu, lebih enak kalau nasi takir ini dimakan bersama-sama dengan keluarga. Agar lebih nikmat, jangan lupa untuk memakannya dari atas besek langsung, ya!

Meskipun sekarang nasi kenduri ini kemudian mengalami perubahan, tetapi macam-macam makanan kenduri yang dulu sering disajikan itu menyimpan cerita tersendiri. Ketika para bapak membawa kenduri ke rumah, anak-anak biasanya berebut untuk mendapatkan barang yang diincar.

Itu dia menu-menu yang biasanya jadi rebutan bersama keluarga saat kenduri. Ternyata, menu kenduri bukan hanya unik, tetapi juga memiliki makna tersendiri ya, SoHip. Kalau kamu, mana yang biasanya jadi rebutan kalau dapet kenduri?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE