Salah Seragam Adalah Kekeliruan yang Lumrah bagi Anak Sekolah. Semua Pasti Pernah Mengalami

Salah seragam sekolah

Masa sekolah merupakan momen yang selalu membekas dalam ingatan. Banyak kejadian yang berkesan, mulai dari asmara, kenakalan, hingga kebodohan-kebodohan yang bikin kita nyengir saat teringat. Salah satu kebodohan itu adalah saat kita salah seragam sekolah.

Advertisement

Sekolah punya beberapa seragam untuk dipakai. Setiap seragam ada jadwal pemakaiannya masing-masing. Nah, ada kalanya kita datang ke sekolah dengan seragam yang salah. Mau balik lagi, tapi bel masuk udah keburu berbunyi. Akhirnya kita tetap memakai seragam yang sama dan menahan malu. Meski bodoh, momen ini sebenarnya yang terbilang lumrah, sebab pasti dialami semua orang. Begini alasannya.

Hampir setiap orang pasti pernah salah pakai seragam sekolah. Namanya juga manusia, lupa hari itu hal yang biasa

Namanya juga manusia. | credit: menara62.com via menara62.com

Ketika ada murid salah seragam, besar kemungkinan dia lupa hari. Dia kira masih hari Selasa, padahal udah hari Rabu. Dikiranya hari Kamis, ternyata udah Jumat. Lupa itu wajar, namanya juga manusia. Yang nggak wajar itu kalau salah pakai seragamnya loncat beberapa hari. Misal hari Senin yang harusnya pakai atasan putih, tapi yang dipakai malah pramuka seragam khusus hari Jumat. Itu mah namanya bukan lupa hari, melainkan lupa cuci seragam!

Lupa seragam sekolah ini terjadi biasanya pada orang yang sering kesiangan. Buru-buru sih jadi salah ambil baju deh

Kecuali salah seragamnya kayak gini. | credit: radarmojokerto.jawapos.com via radarmojokerto.jawapos.com

Awal mula salah seragam sering kali sama, yaitu ketika kita telat bangun. Bel masuk sekolah jam tujuh, kita bangun pukul 06.45. Seketika kita bangkit dari rebah dan buru-buru mandi. Habis mandi langsung ambil seragam sekenanya. Setelah itu dilanjut dengan memindah buku menyesuaikan dengan jadwal pelajaran, langsung berangkat. Sesampainya di sekolah baru sadar kalau kita lupa hari karena beda kostum sendiri. Mau pulang udah nggak keburu.

Advertisement

Saking sibuknya emak ngurus pekerjaan rumah, beliau sampai lupa ngingetin anaknya

Biasanya karena kesiangan. | credit: virallio.com via virallio.com

Anak SD relatif jarang salah seragam dibanding anak SMP dan SMA. Nggak lain karena ada emak yang mempersiapkan segalanya. Mereka tinggal bangun, mandi, seragam udah siap. Beda dengan anak SMP dan SMA yang udah harus menyiapkan seragam sendiri. Mereka yang nggak mempersiapkan seragam dari malam hari kemungkinan besoknya bakal keribetan sendiri. Mereka yang begadang ada kemungkinan salah ambil baju keesokan harinya.

Di mata guru, salah seragam itu nggak buruk-buruk amat. Tapi di mata murid lain itu adalah aib yang bisa jadi ledekan. Malu banget deh pokoknya!

Malunya sampai tua. | credit: (Twitter/linimuda) via twitter.com

Salah seragam itu cukup sering terjadi di sekolah. Guru-guru pasti udah maklum. Kalaupun dihukum, paling cuma suruh lari. Justru yang bikin malas dari fenomena salah seragam ini adalah pandangan murid-murid lain. Setiap melintas ada aja yang menatap sambil nyengir, ada juga yang sinis. Tanpa ngomong, mata mereka sudah nggak enak. Rasanya malu!

Peristiwa salah seragam adalah kesalahan yang sering dilakukan anak sekolah. Kita semua pasti pernah melakukannya. Kita semua tahu rasanya dilihatin murid lain seperti melihat alien. Kita terlampau lama sekolah, maka wajar jika sekali-dua kali salah seragam.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE