The Ahmad, tiga putra dari Ahmad Dhani dan Maia Estianty memang sudah terkenal sejak lama. Nggak cuma ketika kehidupan rumah tangga orang tua mereka masih adem ayem, tapi ketika mereka beranjak dewasa pun, Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jallaludin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani menjadi sorotan dunia hiburan. Mulai dari karier di dunia hiburan, pendidikan, hingga tragedi yang menimpa salah satu di antaranya, yaitu Dul Jaelani. Sekitar tahun 2013 lalu, anak bungsu Dhani-Maia ini terlibat kecelakaan maut dan saat itu usianya masih 13 tahun.

Lima tahun berlalu, agaknya sudah banyak perubahan yang dialami oleh Dul. Ia memang terbilang jarang muncul di layar kaca maupun media. Tapi justru itulah yang membuat dia kini jauh lebih terlihat dewasa. Seperti ketika ia membuat daftar target hidupnya yang diunggah melalui Insta Stories-nya.

Dul membuat 12 daftar impiannya di masa depan dan sebagian menunjukkan bagaimana dewasanya anak bungsu Ahmad Dhani-Maia Estianty itu

harapan Dul di masa depan via www.instagram.com

Advertisement

Dalam selembar kertas yang diunggah oleh Dul, terlihat 12 daftar yang ditulis olehnya. Kertas tersebut berjudul “Akan Kemanakah Saya”. Daftar ini berisikan impian atau target hidup yang pengen ia capai di masa mendatang. Beberapa di antaranya memang berisikan daftar yang biasa ditulis oleh remaja-remaja yang sebentar lagi lulus SMA. Seperti, menjadi pengusaha, menjadi musisi terbaik se-Indonesia, punya rumah sendiri, dan lain sebagainya.

Namun ada beberapa hal yang ditulis oleh Dul di mana sangat spesifik dan menunjukkan kedewasaanya. Antara lain, menikah muda dan punya anak yang sehat, menjadi seorang bapak yang hebat, mempunyai keluarga yang harmonis penuh bahagia, dan yang terakhir kembali ke pelukan Sang Penguasa alias Tuhan Yang Maha Esa. Untuk seorang anak SMA yang baru saja menginjak usia 17 tahun, apa yang diimpikannya sangat menunjukkan kedewasaan, dan sangat berorientasi pada kehidupan berkeluarga.

Beberapa hari lalu, Dul juga menunjukkan kedewasaannya saat memberikan ucapan selamat ulang tahun bagi Shafeea Ahmad

ungkapan untuk adik tirinya via www.instagram.com

Nggak cuma itu, beberapa waktu lalu, Dul juga sempat menjadi perbincangan publik ketika memberikan ucapan selamat ulang tahun bagi adik tirinya, Shafeea Ahmad. Dalam unggahannya tersebut, Dul membahas tentang mimpinya yang memiliki anak perempuan dan itu ia rasakan dari adiknya itu. Bahkan, Dul juga mendoakan Shafeea tumbuh menjadi wanita yang membanggakan keluarga dan dunia maupun akhirat.

Advertisement

Pernah mimpi punya anak perempuan, di mimpi itu aku peluk erat anakku nyata rasanya. Rindupun hadir saat aku terbangun, maka dari itu saya suka meminjam rasa dari adikku tersayang. Selamat Ulang Tahun Shafeea Ahmad. Semoga tumbuh menjadi wanita yang membanggakan keluarga dan dunia maupun akhirat. Selalu disayangi Tuhan Yang Maha Esa. PS, Aku cinta kamu, adikku.

Meski beberapa tahun lalu ia mengalami tragedi mengenaskan, justru itulah yang membuat Dul menjadi sedewasa dan sesederhana ini sekarang

sederhana banget via www.instagram.com

Beberapa hal tersebut mungkin hanya sebagian kecil yang membuktikan bahwa Dul kini sudah jauh lebih dewasa. Mungkin masih banyak hal lain yang menunjukkan bahwa ia belajar banyak dari apa yang sudah dilaluinya. Ia menjadi pribadi yang lebih baik setelah kecelakaan maut yang menghilangkan banyak nyawa itu. Nggak hanya itu, prahara rumah tangga orangtuanya yang mengakibatkan perceraian, tentu saja membekas di pikirannya. Tapi justru itulah yang membuat dia bisa berpikiran sedewasa ini.

Lihat saja bagaimana ia memperlakukan adik perempuannya, meski bukan adik kandungnya. Dan bagaimana ia memimpikan keluarga yang harmonis dan bahagia, menjadi seorang ayah yang hebat, hidup damai sejahtera, dan nggak lupa bahwa nanti semuanya kembali ke Yang Maha Kuasa, termasuk dirinya. Ya, meski masih baru sebatas impian, setidaknya Dul sudah berpikir jauh ke depan. Semoga tercapai semua keinginanmu ya, Dul Jaelani!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya