Belum ada pasangan bukan berarti kamu nggak boleh mempersiapkan diri untuk menjadi teman hidup terbaik. Justru karena jomblo nih, harus kamu manfaatkan masa sendiri ini untuk melakukan berbagai hal. Pokoknya yang bisa menjadikan dirimu semakin berkualitas deh.

“Lagipula, semakin baik dirimu, semakin baik juga jodohmu. Iya nggak sih? ;p”

Untuk itu, sambil menunggu jodoh datang, nggak ada salahnya kalau kamu memperbaiki diri. Hal ini nggak hanya bermanfaat untuk kamu sendiri aja, tapi juga nanti saat kamu udah mempunyai keluarga. Kamu akan sadar kalau ternyata hal-hal yang dilakukan saat masih jomblo itu bermanfaat banget untuk ke depannya.

Simak yuk 7 hal yang bisa kamu terapkan supaya gelar “Calon Teman Hidup Berkualitas” kamu sandang berikut ini.

1. Masa jomblo itu bisa dimanfaatkan untuk puas-puasin berteman dengan beragam orang. Kenalanmu gak hanya bertambah, tapi kamu juga bisa belajar menghadapi tipe-tipe orang yang berbeda.

perbanyak teman jangan lupa via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Kamu harus banget memanfaatkan masa-masa sendiri ini dengan memperbanyak kenalan. Apalagi kalau kenalanmu ini memiliki latar belakang yang beragam. Hal ini karena saat memiliki teman yang berbeda, kepandaianmu dalam berkomunikasi akan semakin baik. Nggak hanya itu, kamu pun jadi mudah memahami kepribadian orang yang beragam.

Dengan begitu, kamu jadi punya pengalaman berteman dengan berbagai orang. Kamu jadi nggak kaget kalau suatu waktu saat pasanganmu nanti memiliki sikap seperti teman-temanmu.

2. Jalan-jalan saat punya pasangan memang sering gak bebas. Agar masa jomblomu berkualitas, pergi traveling wajib banget dilakukan.

pergi traveling wajib deh via jnxrchmt.files.wordpress.com

Masa-masa jomblo memang harus dinikmati sebisa mungkin, yah mumpung nggak ada yang bawel melarang-larang hehe. Oleh karena itu, kamu wajib banget nih jalan-jalan supaya hari-harimu nggak suntuk melulu. Jomblo bukan berarti identik dengan mendengarkan lagu melow atau nonton drama yang romantis lho.

Makanya, pergi traveling pilihan yang oke untuk mengisi waktu sendirimu. Kamu akan punya banyak referensi tempat wisata baru lho untuk honeymoon nanti. Pengalamanmu berkenalan dengan berbagai warga setempat juga sangat berharga. Sering traveling boleh, asal pintar mengatur pengeluarannya ya.

3. Kamu juga bisa melakukan kegiatan yang bagus untuk karirmu, misalnya aja kursus bahasa asing. Lumayan kan bisa menjadi guru untuk anak-anakmu kelak? ;D

kamu bisa kursus bahasa asing nih via www.cabrillo.edu

Sambil menunggu jodoh datang menghampiri, boleh banget nih kalau kamu ikutan kursus bahasa asing. Siapa tahu jodohmu itu bule atau kemampuan bahasa asingmu ini bisa bermanfaat untuk kemajuan karirmu. Selain itu, bahasa asing ini bisa kamu tularkan ke anak-anakmu nanti. Anakmu nanti bisa berlatih bahasa asing dari kecil tanpa harus mengeluarkan biaya. ;D

4. Pasangan mana yang gak senang kalau punya teman hidup nanti pintar memasak? Baik yang cewek maupun cowok, belajar masak jangan sampai terlewat.

jangan bosan belajar masak via www.narcity.com

“Lo dari kemarin nolak melulu diajakin jalan bareng sama anak-anak.”

“Hehe sorry, gue lagi senang masak nih.”

“Biar bisa masak bareng istri ya kalau udah berkeluarga nanti? Ciyee.”

Jomblo yang bisa masak itu jomblo idaman. Maksudnya, idaman buat dijadiin teman hidup masa depan. Kalau kamu udah bisa masak, nggak ada salahnya tetap diasah kemampuannya.

Dari menu-menu masakan yang beragam, pasti masih banyak menu lainnya yang belum pernah kamu coba kan? Nah, jangan pernah bosan belajar masak ya! Kalau perut keluargamu nanti kenyang karena masakanmu sendiri, toh kamu juga akan senang bukan? ;D

5. Penampilan itu perlu. Gak harus yang berubah drastis, cukup sesuaikan aja dengan zaman dan ciri khas gayamu. Siapa yang ngga mau punya pasangan kece?

perhatikan penampilanmu via www.pinterest.com

Penilaian terhadap seseorang biasanya dari fisiknya nih. Meski fisiknya kurang oke, tapi penampilannya menarik, akan banyak orang yang senang terhadap dirinya. Penampilan nggak hanya terpaku pada fisik aja, tapi juga karakter yang dimunculkan. Oleh karena itu, kamu harus memerhatikan penampilan ya. Karena dari penampilan membuat pertemuan dengan jodoh menjadi lebih mudah.

Lagipula kalau kamu dari sekarang memerhatikan penampilanmu, itu juga bermanfaat untuk karirmu kok. Orang akan lebih banyak yang tertarik karena penampilan. Nggak lebay kok, selama kamu berpenampilan secara layak dan sesuai dengan kondisi saat ini nggak apa-apa.

6. Pernikahan merupakan salah satu hal sakral yang kamu alami. Biar semakin sakral, ilmu agama layak kamu perdalami.

perdalam agama, salah satunya baca buku via tyrasbookshelf.blogspot.co.id

“Lo dari kemarin serius banget baca-baca buku agama gitu.”

“Tenang, ini buku agama tentang pernikahan kok. Belajar dulu nih mumpung belum berkeluarga.”

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral dalam hidupmu. Jadi, nggak heran kalau sambil memantaskan diri, kamu memperdalam ilmu agama. Yah, biar keluargamu kelak menjadi keluarga yang bahagia dan penuh karunia Tuhan. Hehe

7. Coba pelihara hewan lucu. Jadi kamu gak cuma punya mainan aja, tapi juga bisa belajar merawat sesuatu dengan baik.

belajar aja dulu merawat hewan sebelum merawat orang ;D via www.glamourmagazine.co.uk

“Lo gak mau melihara kucing, Din?”

“Gak ah, malas. Kenapa emangnya?”

“Bagus tahu. Lo jadi bisa belajar banyak cara gimana merawat sesuatu.”

“Mumpung belum merawat orang, belajar merawat hewan dulu gitu maksudnya? Boleh-boleh.”

Saat menikah nanti, kamu memiliki orang-orang yang harus dirawat. Entah itu pasangan, anak, orang tua, dan mertua juga. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya nih untuk melatih merawat seseorang, kamu biasakan dulu dengan merawat hewan. Belum lagi hewannya yang bisa diajak bermain, wah seru deh!

Masih sendiri bukan tandanya kamu nggak bisa melakukan apapun. Atau, bukan berarti kamu hanya bisa melakukan berbagai hal yang galau-galau aja. Daripada bersedih hati dan rugi di kamu sendiri, lebih baik coba melaksanakan aktivitas yang bermanfaat. Yang nggak hanya membuatmu semakin menjadi manusia berkualitas, tapi juga “calon teman hidup berkualitas”. ;D