Bagi Orang yang Nggak Terlalu Suka Bola, Era 2010 Adalah Piala Dunia Terseru. Ini Alasannya!

Setelah sekian tahun berlalu dari masa pandemi, kegiatan warga dunia berangsur-angsur kembali normal. Salah satunya yang dirasakan oleh banyak orang sekarang adalah momen piala dunia. Ajang olahraga sepak bola yang diikuti oleh seluruh negara yang ada di dunia ini memang selalu punya tempat tersendiri di hati masyarakat luas.

Advertisement

Meski saat ini euforianya belum bisa dibilang nggak seramai seperti momen-momen piala dunia sebelumnya, namun tetap aja piala dunia ini selalu ditunggu-tunggu kedatangannya. Nah, ngomongin tentang euforia piala dunia, ada yang ingat nggak sih kalau dulu pada tahun 2010 ajang pertandingan sepak bola internasional ini dianggap sebagai momen yang paling heboh di antaranya piala dunia tahun-tahun lainnya. Nggak cuma bagi orang-orang yang memang penggemar bola, tapi bagi orang-orang yang sebenarnya biasa aja dengan urusan sepak bola. Beginilah alasannya~

1. Lagu Waka-Waka yang ikonik banget sampai diputar di setiap tempat

Waka-Waka / Credit: Wearemitu

Alasan pertama kenapa piala dunia di tahun 2010 bisa heboh banget adalah lagu Waka-Waka yang begitu ikonik. Saking terkenalnya lagu ini, hampir di semua tempat di seluruh negara memutar lagu tersebut untuk turut serta merayakan euforia piala dunia. Bahkan, dulu ada juga yang sampai menyanyikan ulang hingga menjadikannya sebagai ringtone HP lo. Kocak bener sih memang.

2. Absurd banget, tapi saat itu jadi salah satu serba-serbi kehebohan piala dunia tahun 2010. Inilah dia kemunculan gurita peramal

Gurita peramal / Credit: Goal

Ada yang ingat nggak dengan munculnya sosok gurita yang satu ini? Dulu, kemunculannya benar-benar bikin heboh banyak orang karena binatang yang satu ini dianggap bisa meramal skor dan hasil akhir piala dunia. Udah berasa kayak apa aja sih, tapi nyatanya juga banyak orang yang antusias banget dengan kabar konyol ini 😀

Advertisement

3. Maskotnya legend banget, hampir dijual di mana-mana

Maskot piala dunia 2010 / Credit: Fifa

Ngomongin tentang piala dunia tahun 2010 rasanya nggak lengkap kalau nggak membahas maskotnya. Boneka bernama Zakumi itu dulu dijual hampir di mana-mana. Mulai dari warung-warung kecil hingga super market, dan bentuknya pun beragam banget. Ada gantungan kunci, pakaian, tas, dan lain sebagainya. Kayaknya dulu hampir setiap orang merasa wajib punya itu juga deh. Kalau kamu gimana dulu?

4. Korea Utara jadi bulan-bulanan beberapa negara. Kasihan banget pelatihnya, dulu sempat ada rumor bakal dihukum mati karena timnya gagal fase grup :’)

Korea Utara jadi bulan-bulanan / credit: Youtube

Memang gaya pemerintahan Korea Utara itu bisa dibilang di luar nalar banget. Kabar tentang absurdnya negara ini juga nggak terlepas dari momen piala dunia tahun 2010 silam. Pasalnya, saat itu Korea utara sempat jadi bulan-bulanan beberapa negara, bahkan sama Portugal pun dibantai dengan skor 7-0. Ini benar-benar heboh banget sih waktu itu, apalagi sempat ada rumor kalau pelatihnya bakalan dihukum mati karena gagal membawa timnya berjaya. Ngeri bener dah jadi rakyat Korut!

5. Jadi paling meriah karena dibarengi dengan booming-nya media sosial yang saat itu lagi gencar-gencarnya

Piala dunia 2010 / Credit: Fifa

Advertisement

Tahun 2010 adalah tahun di mana media sosial lagi booming banget dan berkembang sebesar-besarnya. Makanya nggak heran juga jika saat itu euforia piala dunia benar-benar terasa begitu heboh. Dari yang biasanya cuma bisa merayakan dengan sekedar nonton bareng, di zaman itu udah bisa ikut heboh juga di media sosial. Pokoknya rasanya jadi beda banget deh, nggak di dunia nyata maupun dunia maya udah sama-sama ramainya.

Kini, piala dunia baru saja kembali digelar dan telah dibuka untuk pertandingan pembukanya pada malam tadi. Walaupun tidak seheboh pada tahun-tahun sebelumnya, setidaknya momen ini pasti dapat mengobati kerinduan para penggemar bola di berbagai belahan dunia.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE