6 Macam Sifat Orang Dilihat dari Kebiasaannya Saat Salat Jamaah. Kamu Masuk yang Mana nih?

Sifat orang salat jamaah

Ngomongin tentang macam-macam sifat orang, tentunya ada banyak banget yang bisa diketahui dari berbagai cara. Beberapa di antaranya bahkan melalui cara-cara yang mungkin terkesan sepele dan simpel. Salah satunya melalui kebiasaannya saat melakukan salat jamaah di masjid. Tentunya ini untuk umat Islam aja lo, ya. Hehehe.

Advertisement

Ya, nggak perlu susah-susah, cukup memperhatikan bagaimana cara mereka saat beribadah tersebut kamu bisa menebak tentang kepribadian yang ada dalam diri mereka. Meskipun nggak bisa benar-benar digeneralisasi, setidaknya udah lumayan cukup relate kok. Nah, inilah macam-macam orang jika dilihat dari cara mereka saat berjamaah di masjid. Simak, ya!

1. Orang yang selektif, datangnya kalau pas imamnya cepat. Tapi kalau imamnya terkenal lambat, nggak pernah ikutan salat berjamaah

Ilustrasi salat jamaah. via www.nu.or.id

Di urutan pertama, ada orang yang punya sifat terlalu pilih-pilih. Biasanya orang dengan sifat ini bakal terindikasi dari bagaimana mereka datang ke masjid karena tergantung imamnya. Kalau terkenal cepet dia bakal datang, tapi kalau terkenal lambat, ya, mending di rumah aja. Ada temanmu yang begini?

2. Kepedean dan akhlakless banget, sukanya teriak paling kenceng pas bagian โ€˜aminโ€™

Ilustrasi salat berjamaah di masjid. via tni.mil.id

Selain kepedean, orang dengan sifat yang satu ini kadang punya tingkat resek yang tinggu, serta minim akhlak baik. Masa tiap bilang โ€˜aminโ€™ harus selalu pakai teriak-teriak paling heboh sendiri kayak anak kecil kumpul sama gengnya waktu jamaah? Ini nonton konser apa salat sih? ๐Ÿ™

Advertisement

3. Suka di zona nyaman, biasanya orang-orang dengan sifat ini lebih memilih berada di dekat kipas angin atau di bawah AC daripada di belakang imam~

Spot paling favorit. via www.kompasiana.com

Orang yang berada di golongan ini termasuk salah satu dengan populasi yang paling banyak. Biasanya kalau udah jamaah, pasti ada aja orang yang milih berdiri di posisi paling dekat sama kipas angin daripada di belakang imamnya. Apalagi kalau di masjidnya ada AC, auto mepet deh itu~

4. Iseng dan jahil banget, selalu ada di barisan anak-anak, alasannya kalau mereka ramai biar bisa negur. Bilang aja mau ikutan ramai ๐Ÿ™

Ilustrasi anak-anak jamaah. via www.islampos.com

Asal kamu tahu, orang dengan sifat ini biasanya nggak terpaku dengan umur lo. Mau muda mau tua, pasti ada yang nyempil. Coba kamu perhatikan, di barisan gerombolan anak-anak pasti ada satu atu dua orang dewasa yang ikut gabung. Alasannya sih biar kalau ramai bisa negur, padahal aslinya juga mau ngisengin dan ganggu mereka waktu salat berlangsung. Ada?

5. Susah buat disuruh konsentrasi dan fokus sebentar, duduknya milih di bagian kiri mepet tembok biar bisa nyender~

Posisi duduk paling dekat dengan tembok. via www.tribratanews-polressragen.com

Ini nih yang kadang suka bikin heran dan kalau dipikir-pikir pun malaikat mau nyatet amalnya juga susah karena nggak paham lagi sama kelakuannya. Namanya jamaah di masjid itu, yam belajar khusyuk saat beribadah, tapi malah milih duduk di bagian paling kiri yang mepet dengan tembok. Itu sih niatnya bukan mau salat jamaah, melainkan mau nyender.

Advertisement

6. Yakin jika pahalanya udah terlalu banyak, makanya datang ke masjid pas injury time. Jangan pada ditiru, ya, apalagi kamu udah gede!

Nah lo, telat~ via www.kompasiana.com

Pernah lihat orang yang kalau datang ke masjid selalu telat alias di masa-masa injury time? Nah, itulah jenis orang yang sungguh yakin jika pahalanya udah terlalu banyak, makanya dia pengin berbagi dengan yang lainnya. Biasanya nih orang kayak gini punya keyakinan kalau datang ke masjid terlalu awal itu bisa jadi perampok pahala. Bisa aja alasannya~

Kalau kamu perhatikan, hal-hal di atas tadi bukan hanya jokes semata lo. Semua pasti terjadi dan bikin kamu relate banget karena memang selalu ada orang-orang yang punya sifat lucu tersebut. Ya, paling nggak, mereka udah punya kemauan untuk beribadah secara berjamaah seperti yang dianjurkan. Kalau kamu kira-kira masuk golongan yang mana nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE