Presiden adalah orang yang punya hak prerogatif untuk mengganti pembantu-pembantunya dalam menjalankan tugas negara. Baru-baru ini Presiden Indonesia, Joko Widodo baru saja mengubah ulang susunan pejabat-pejabat kementerian. Reshuffle ini adalah reshuffle jilid 2 selama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Melalui akun Twitternya, Pak Jokowi menukaskan kalau reshuffle ini bertujuan agar kinerja negara semakin kompak dan cepat.

Perubahan kabinet untuk perbaikan dan penguatan kinerja. Supaya bisa kerja lebih kompak, lebih cepat & lebih nyata -Jokowi via twitter @Jokowi

Pergantian pejabat kementerian RI pasti menuai pro dan kontra. Sebagian kalangan menilai bahwa reshuffle kabinet ini banyak mengandung aroma politis. Tercatat ada 9 nama baru yang masuk ke dalam jajaran kabinet kerja. Sementara itu ada 4 menteri yang bergeser posisinya.  Yah, mending kita doain aja supaya kabinet jilid 2 ini makin kompak sesuai dengan keinginannya Pak Jokowi.

Namun, saat pelantikan menteri kemarin, selalu saja banyak orang-orang kreatif nan jahil. Mereka mengedit foto-foto menteri baru untuk dijadikan meme. Niatnya sih buat lucu-lucuan aja. Nah, sembari pusing mikirin negara dan kabinet kerja, yuk nikmatin meme kocak dari Hipwee~

1.Kalimat ini yang bikin para menteri jantungnya deg-degan nggak karuan

Bagaimana, sudah siap? via static.republika.co.id

Advertisement

Hipwee ngerti sih perasaan betapa deg-degannya menteri-menteri yang bakal di-reshuffle itu. Gimana nggak, belum selesai masa jabatan tapi sudah diganti. Hmm, ibarat keselek buah salak tapi dikasih air minum cuma sesendok ~ #gaknyambung

2. Deg-deg-deg-deg-deg-deg…

Siapa hayo… via 3.bp.blogspot.com

Indonesia memilih…

3. Semua tergantung mood presiden

Pak, saya gimana? via cdn-2.tstatic.net

Sebelum pengumuman reshuffle kabinet, pasti banyak menteri yang bertanya. Apakah saya juga termasuk?

3. Ya, menteri perhubungan RI Ignasius Jonan masa jabatannya dicukupkan

Aduh, aku diganti lagi! via bravaradio.com

Alhamdulilah menteri Susi selamat!

4. Semua elit politik memperhatikan kira-kira siapa pejabat yang diganti, termasuk Bu Megawati

Reshuffle mulu!

5. Mau tahu aja atau mau tahu banget?

Pak, saya gimana? via satunusanews.com

No comment deh kalau soal ini, hihi

6. Menteri Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, selamat lho~

Alhamdulilah via id.wikipedia.org

Mungkin karena satu partai kali ya?

7. Yang cukup sedih sih pak Anies Baswedan, kok diganti sih Pak Jok?

Sial, gue diganti via www.assajidin.com

Beberapa pihak melihat Anies Baswedan cukup kece mimpi Kementerian Pendidikan. Kemarin aja beliau bikin peraturan bahwa pada hari pertama masuk sekolah, orangtua harus nganterin anak-anaknya. Belum lagi pada tahun 2015 lalu beliau menghapus ujian nasional. Banyak aksinya tuh.

8. Beliau pernah jadi ajudan Soeharto dan atasannya SBY. Serta 2 kali nyoba nyalon jadi presiden, akhirnya masuk istana lagi deh~

Dulu sih beliau bantuin Pak Jokowi kampanye, mungkin karena politik kali ya?

9. Akhirnya Indonesia punya angin segar di kabinet Pak Jokowi!

Angin segar via cdnimage.terbitsport.com

Di era Pak SBY, Bu Sri Mulyani juga menjabat sebagai menteri keuangan karena kecerdasannya. Mengelola uang negara, Bu Sri pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela sidang tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Kali ini Pak Jokowi kembali memintanya menjadi menteri keuangan di sisa jabatan 2014-2019.

10. By the way, Pak Prabowo apa kabar ya?

Kalau bukan sekarang kapan lagi?

11. Merasakan ada aroma-aroma politik nggak?

Kamu ngerasa nggak? via static.turuntangan.org

Menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan adalah hal yang prestisius. Rata-rata sebelum menjadi Menteri Pendidikan, mereka adalah rektor universitas di Indonesia. Tuh kalau kamu mau jadi menteri kamu harus jadi rektor dulu, gih~

12. Kerja! Kerja! Kerja!

Pesan pak presiden! via cdn-2.tstatic.net

Intinya pak Jokowi pengen semua menterinya kerja, titik

13. Apapun keputusannya, kita cuma bisa doa aja yang terbaik buat pemerintah. Selamat bekerja menteri baru!

Cekrek! via cdn-2.tstatic.net

Pro dan kontra reshuffle sudah biasa. Daripada gontok-gontokan, mending kita doain aja agar Republik Indonesia semakin kece karena pergantian menteri baru ini. Betul atau betul?