Bukti Bahwa Film Kita Banyak yang Keren, Inilah 4 Film dengan Sinematografi Favorit Pembaca Hipwee

Sinematografi film favorit

Kalau lagi nonton film, biasanya apa sih yang kamu lihat dan kamu perhatikan sampai ke bagian-bagian detailnya? Udah pasti kualitas gambar, teknik pengambilan adegan, efek-efek yang diberikan, sampai ke bagian yang mungkin paling banyak jadi sorotan, yaitu sinematografi. Tanpa sinematografi yang keren dan mumpuni, sebuah film nggak akan bisa dibilang sukses dan berhasil. Itulah mengapa terkadang tingkat keunikan film dinilai berdasarkan sinematografi yang dipakai.

Advertisement

Melihat berbagai macam film luar negeri, pasti nggak dimungkiri bahwa sinematografi yang dibuat nampak begitu epik dan apik. Ternyata film-film Indonesia pun nggak sedikit yang memiliki garapan sinematografi keren lo! Dari waktu ke waktu, industri perfilman Indonesia semakin membuktikan keseriusan mereka dalam memproduksi film dengan cara memperhatikan hal-hal penting kayak yang satu ini. Berikut adalah film dengan sinematografi paling favorit bagi para pembaca Hipwee. Simak, yuk!

4. Di peringkat empat, ada “Wiro Sableng”. Adegan Bidadari (Marsha Timothy) muncul adalah visual terbaik!

“Wiro Sableng” via instagram.com

Selain menonjolkan pengambilan tempat, sinematografi juga dinilai berdasarkan hal-hal lainnya. Contohnya, setting tempat di film “Wiro Sableng” mungkin terkesan biasa-biasa aja, namun visual dan pengambilan gambar tetap menjadi salah satu favorit bagi para pembaca Hipwee. Pasalnya, adegan demi adegan serta efek yang dihadirkan dalam film ini dikerjakan dengan cukup halus dan keren. Itulah mengapa sinematografi pada film ini dianggap nggak kalah cakep.

3. “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak”, sebuah perpaduan jalan cerita dan juga sinematografi yang totalitas banget!

“Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” via instagram.com

Nggak jauh berbeda dengan film sebelumnya, “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” yang menceritakan tentang perjuangan seorang wanita bernama Marlina dalam mencari keadilan yang kemerdekaannya dirampas oleh segerombolan orang ini juga mengambil latar belakang di Sumba. Dibarengi dengan teknik pengambilan gambar yang mumpuni, Sumba nampak begitu indah bak surga nyata yang ada di bumi pada film ini. Selain ketegangan dari jalan cerita yang akan kamu rasakan, kamu juga bakal disuguhi bagaimana indahnya tanah Sumba dalam adegan yang dihadirkan.

Advertisement

2. Kalau yang satu ini sih memang nggak perlu didebatkan lagi. Sinematografi dari film “The Raid” udah diakui sampai ke dunia internasional

“The Raid” via instagram.com

Bisa dibilang bahwa film yang satu ini menjadi titik awal bangkitnya film aksi di Indonesia. Bercerita tentang gembong narkoboy dan juga polisi yang korup, “The Raid” nggak cuma booming di Indonesia, namun jadi perbincangan di dunia internasional juga.

Selain dukungan dari para aktor yang memang ahli bela diri, efek-efek yang tampak seperti nyata, sinematografinya pun benar-benar juara. Padahal kalau dipikir-pikir pengambilan setting tempatnya cuma di situ-situ aja lo, tapi kualitasnya benar-benar nggak perlu ditanyakan lagi.

1. Mengambil latar belakang tempat di Sumba, film “Susah Sinyal” menjadi film dengan sinematografi paling favorit pertama pilihan pembaca Hipwee. Yeay!

Advertisement

“Susah Sinyal” via instagram.com

Bagi yang udah pernah nonton film garapan Ernest Prakasa yang satu ini, pasti juga udah tahu gimana keindahan Sumba lewat sinematografi yang ditampilkannya. Meski bercerita tentang konflik yang terjadi antara seorang ibu dengan anaknya, namun film “Susah Sinyal” berhasil membuat para penontonnya melihat film ini sendiri dari sisi lain. Komedinya yang enteng, para pemainnya yang totalitas, ditambah pemilihan tempatnya yang cakep banget menjadi faktor mengapa film ini jadi favorit pertama dari pembaca Hipwee. Coba lihat sendiri deh kalau nggak percaya~

Memperhatikan sebuah film dari berbagai aspek yang ada di dalamnya itu terkadang menjadi sebuah aktivitas menyenangkan tersendiri lo. Kita bisa menilai satu film dengan film lainnya, mulai dari hal-hal kecil yang jarang diperhatikan banyak orang, sampai persoalan-persoalan yang memang udah banyak disoroti. Terlepas dari semua itu, sinematografi memang salah satu aspek penting dalam film yang bisa dengan mudah diamati oleh orang awam sih.

Semoga dunia industri perfilman kita semakin keren, ya. Selamat Hari Film Nasional!

Ikuti Instagram @wolesjon biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE