Ranah hiburan tanah air kembali berduka. Hari ini (23/1), artis senior tanah air, Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns. Soerio Soebagio atau lebih dikenal dengan Sys NS berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa. Padahal sebelumnya, lelaki berusia 61 tahun ini nggak memiliki riwayat sakit. Oleh karena itulah, nggak cuma publik yang dibuat kaget dengan berita duka ini, melainkan juga keluarga Sys yang nggak menyangka kakek dua cucu tersebut berpulang dengan cara yang mendadak.

Kemarin, Sys NS masih terlihat segar bugar, bahkan sempat mempromosikan salah satu kue artis

sehari sebelumnya masih sehat walafiat via www.instagram.com

Kabar meninggalnya Sys disampaikan oleh istrinya, Shanty Widhiyanti melalui akun Instagram-nya. Selain itu, anak perempuannya, Syanindita Trasysty, juga menyampaikan kabar duka ini melalui Instastories. Dilihat dari unggahanya, keluarga cukup kaget dengan kepulangan suami sekaligus ayah bagi tiga anaknya. Apalagi baru kemarin, Sys masih terlihat sehat walafiat dan sempat mengunggah video promosi kue artis dan nggak ada tanda-tanda sakit yang diderita oleh kakek dua cucu ini. Dilansir dari laman kompas.com, teman seangkatan Sys, Anwar Fuadi, mendengar kabar bahwasanya temannya tersebut meninggal karena sakit jantung.

Nama Sys sudah dikenal sejak tahun 1980-an sejak ia menggawangi program Sersan Prambors

Sersan Prambors via www.bintang.com

Advertisement

Sys bukanlah orang baru di dunia hiburan. Ia sudah malang melintang sejak tahun 1980-an. Namanya populer setelah menggawangi sebuah program lawakan di radio yang bernama “Sersan Prambors” alias serius tapi santai. Dalam kurun waktu tersebut, program ini sangatlah populer. Bersama Pepeng Ferasta, Krishna, dan Mukhlis, acara ini sukses menjadi program lawakan yang kocak namun cerdas di masa itu. Sehingga Sersan Prambors jadi salah satu program lawak paling dikenang hingga sekarang.

Semasa hidupnya, ia pun sempat membintangi beberapa film dan juga menjadi sutradara

Punya film via www.instagram.com

Setelah sukses dengan program radio tersebut, Sys juga pernah menjadi presenter di program televisi Radio Show di salah satu stasiun televisi swasta. Kemudian Sys juga mencoba peruntungan di dunia akting. Ia pernah ikut serta dalam beberapa film tanah air seperti “Seindah Rembulan”, “Sama-Sama Enak”, dan film terakhirnya “The Triangle the Dark Side“. Nggak hanya sebagai pemeran, ia juga mencoba meniti karier sebagai sutradara. Ia telah menghasilkan beberapa film seperti “Pacarku Anak Koruptor”, dan yang paling terakhir adalah “Salah Bodi” yang ditayangkan tahun 2014 lalu.

Nggak hanya di dunia hiburan, Sys pun aktif di dunia politik dengan menjadi salah satu pendiri partai Demokrat

terjun ke dunia politik via www.instagram.com

Nama Sys NS nggak hanya populer di dunia hiburan tapi juga panggung politik. Ia merupakan salah satu pendiri partai politik besar di Indonesia, yaitu Partai Demokrat pada tahun 2001. Hanya berselang beberapa tahun, Sys pun mengundurkan diri karena merasa nggak ada lagi kecocokan dengan parpol yang ikut ia dirikan itu. Akhirnya, Sys mendirikan partai Partai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kemudian diubah menjadi Partai Nusantara Kedaulatan Rakyat Indonesia.

Advertisement

Lama nggak muncul di panggung politik, Sys muncul di Pilkada 2017 dan menyatakan dukungannya terhadap pasangan Ahok-Djarot. Ia pun menjadi tim sukses pencalonan pasangan ini dan menggalang dukungan bagi Ahok-Djarot.

Meski sudah hijrah ke dunia politik, Sys tetap dikenal sebagai seorang seniman yang punya banyak karya selama beberapa dekade terakhir. Semoga kepergiannya yang cukup mendadak ini dikenang sebagai salah satu sosok senior dengan karya yang luar biasa. Selamat jalan, Sys NS!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya