Macam-macam Tipe Orang Pengguna Spotify. Kamu Termasuk yang Mana?

Ternyata pengguna Spotify itu punya kebiasaannya masing-masing dalam mendengar lagu

Perkembangan teknologi membawa hal-hal baru di kehidupan kita. Salah satunya adalah perubahan pada akses hiburan. Hari ini kita mengenal beragam platform streaming online. Sebut saja platform streaming film seperti Netflix dan Disney+. Selain itu, mendengarkan musik hari ini juga rasanya sangat mudah. Dengan adanya beragam platform streaming musik seperti Spotify, Apple Music, Deezer serta banyak yang lainnya, kita bisa menikmati musik dari musisi favorit kita dengan satu klik saja.

Advertisement

Salah satu platform streaming musik yang paling populer adalah Spotify. Sebagai platform yang cukup besar, Spotify memang punya beragam fitur yang memudahkan para penggunanya. Dari mulai fitur membuat playlist sampai memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin merilis podcast mereka secara gratis di platformnya. Kemudahan dan fitur-fitur ini membuat orang-orang menggunakan Spotify dengan beragam tujuan. Karena hal itu, munculah tipe-tipe orang pengguna Spotify sesuai sifat dan kepribadian mereka. Apa aja? Simak langsung yuk~

1. Pertama adalah orang-orang random. Mereka biasanya memutar lagu apa saja yang tersedia, nggak terlalu pilih-pilih

Musik sebagai teman/Credit: Unsplash @flpschi

Pertama ada orang-orang yang menggunakan Spotify demi memutar lagu dan menemani aktivitas mereka. Orang-orang random ini biasanya mereka yang bisa menikmati musik-musik dengan beragam genre. Mereka memutar lagu apa saja yang pertama mereka anggap menarik. Karena Spotify memiliki fitur rangkuman lagu sampai rekomendasi playlist, orang-orang random ini tinggal memutar playlist yang sudah disediakan.

Orang-orang random yang memutar lagu secara acak ini juga biasanya adalah mereka yang membutuhkan teman saat melakukan aktivitas. Singkatnya, mereka menggunakan Spotify layaknya radio tanpa penyiar yang hanya memutar lagu saja. Bagi mereka, bekerja, menyetir atau beristirahat adalah saat yang tepat untuk mendengarkan musik.

Advertisement

2. Selanjutnya ada para penggemar podcast. Karena Spotify memiliki banyak podcast dengan beragam tema, ada sebagian orang yang menggunakan Spotify untuk mendengarkan podcast daripada musik

Mendengar dan membuat podcast/Credit: Unsplash @soundtrap

Selain musik, Spotify juga menyediakan beragam podcast dari para kreator-kreatornya. Ada banyak sekali podcast terkenal yang dibawakan oleh orang-orang terkenal. Di Indonesia, para kreator podcast biasanya adalah mereka yang berkarier di dunia hiburan. Komedian dan juga figur publik umumnya memiliki podcastnya sendiri. Selain itu, ada banyak sekali pilihan tema podcast yang bisa dinikmati pengguna.

Nah, sebagian orang menggunakan Spotify untuk mengikuti acara-acara podcast dari idola mereka. Para pecinta podcast ini jarang sekali mendengarkan musik dan hanya fokus untuk mendengarkan perbincangan podcast saja. Tentu saja ada banyak manfaat mendengarkan podcast ini. Kita bisa menambah ilmu dan informasi terkini. Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dan melatih kepekaan listening dengan mendengar podcast luar negeri.

3. Penggemar sejati sebuah genre musik atau musisi tertentu. Spotify memudahkan mereka untuk memutar lagu-lagu dari musisi idola mereka setiap saat

Para penggemar sejati/Credit: Unsplash @brucemars

Advertisement

Selanjutnya ada para penggemar musik atau penggemar satu musisi tertentu. Nggak bisa dimungkiri bahwasanya Spotify memudahkan para penggemar seorang musisi untuk mendengarkan lagu-lagu idolanya secara penuh. Sebelum ada Spotify, para penggemar umumnya bisa menikmati lagu dari YouTube saja. Hal tersebut tentu rasanya kurang efektif.

Para musisi baik luar maupun dalam negeri biasanya merilis musik-musik mereka secara penuh di Spotify. Kita bisa menikati mini album, mixtape sampai album terbaru dari seorang musisi. Kendati begitu, para penggemar sejati sebuah musik pastinya nggak hanya berhenti mendengarkan lagunya saja di Spotify. Mereka umumnya membeli merchandise dan juga album fisik dari musisi idolanya. Sebab, musisi bisa berkarya dan menghasilkan uang lebih besar dari rilisan fisik dibandingkan royalti dari Spotify yang cenderung kecil.

4. Kemudian ada para pembuat playlist. Biasanya mereka membuat playlist untuk diberikan pada sahabat, teman ataupun gebetannya. Lagu dalam playlist tersebut sudah disesuaikan untuk membentuk kesan tertentu~

Playlist musisi/Credit: Unsplash @fhavlik

Setelah para fans, kini kita masuk pada tipe pembuat playlist. Yup, salah satu keunggulan Spotify adalah memungkinkan seseorang untuk membuat Playlist mereka sendiri. Singkatnya, playlist adalah kumpulan lagu-lagu favorit seseorang. Baik itu random maupun sesuai dengan tema tertentu. Menariknya lagi, Spotify juga telah membuat fitur sharing playlist dimana satu playlist bisa diisi oleh banyak orang.

Membuat sebuah playlist musik tentu bukan hal yang baru. Sebelum ada Spotify, orang-orang juga pernah membuatkan playlist atau mixtape dari kaset untuk diberikan pada teman, sahabat bahkan gebetan. Sekarang, memberikan playlist Spotify sudah jadi salah satu caradan ciri-ciri seseorang sedang melakukan pendekatan dengan gebetannya. Iya, kan? Ngaku aja deh~

5. Terakhir ada tipe up to date person. Algoritma Spotify membuat banyak orang bisa terus mengikuti perkembangan musik dan musisi-musisi baru dari seluruh dunia

Spotify untuk mengikuti perkembangan musik dunia/Credit: Unsplash @gergilgad

Selain bisa mewadahi seseorang untuk mendengarkan musisi idola mereka, algoritma Spotify juga disebut-sebut sebagai algoritma musik yang cukup baik. Pasalnya, Spotify sering memberikan rekomendasi musik-musik baru baik dari luar ataupun dalam negeri. Hal ini tentu dimanfaatkan orang-orang untuk tetap up to date terhadap musik-musik serta musisi-musisi baru yang berusaha naik ke permukaan.

Tentu saja ada banyak keuntungan bagi mereka yang aware dan up to date terhadap musik-musik baru. Mereka jadi lebih tahu lebih dulu dan punya pengetahuan tentang skena musik yang lebih luas lagi. Oiya, tipe satu ini biasanya adalah mereka yang memang sangat mencintai musik secara universal. Biasanya mereka adalah music geek, jurnalis musik atau bahkan musisi-musisi itu sendiri. Singkatnya, musik baru sangat penting untuk referensi dan pengetahuan soal perkembangan musik dari waktu ke waktu.

Itu dia beberapa tipe-tipe orang pengguna Spotify atau aplikasi musik streaming lainnya. Gimana? Apakah kalian salah satu dari tipe-tipe di atas? Terlepas dari itu, sebagai pecinta musik, sudah seharusnya kita memberikan dukungan penuh pada para musisi. Caranya dengan membeli merchandise dan juga album fisik mereka. Maju terus musik-musik Indonesia!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE