11 Jenis Helm di Indonesia dan Tipikal para Pemakainya. Kamu yang Mana?

Tipikal pemakai helm

Sebagai salah satu syarat wajib dalam berkendara, kita semua pasti sudah paham dengan fungsi helm bagi keselamatan. Nggak hanya sekadar untuk menghindari razia polisi, tapi juga sebagai alat keselamatan untuk memperkecil kemungkinan terburuk ketika terjadi hal tak diinginkan. Bentuk dan tren helm dari waktu ke waktu pun mengalami perubahan yang berbeda-beda.

Advertisement

Uniknya, dengan melihat helm yang dipakai para pengendara di jalanan, kita bisa menebak-nebak seperti apa tipikal para pemakainya itu. Walaupun nggak semuanya bisa disama ratakan, tapi sebagian besar pasti kamu merasa relate dengan fenomena yang ada. Berikut ini adalah sederet jenis helm paling umum ditemui di Indonesia dan macam-macam tipikal penggunanya. Unik banget!

1. Kalau kamu melihat orang di jalanan pakai helm ini, biasanya orangnya serba pasrah. Pokoknya yang penting pakai helm, nggak peduli modelnya

Helm dealer / Credit: Shopee

2. Selanjutnya, ada helm yang biasanya kerap dipakai oleh para pahlawan keluarga. Salut banget, jalanan udah layaknya sahabat sehari-hari

Helm pahlawan keluarga / Credit: Motorplus

Advertisement

3. Eksis di tahun 2010-2013, helm dengan warna-warna stabilo kayak gini pasti sering dipakai sama anak-anak gaul daerah. Kalau di jalan raya auto paling mengkilat!

Helm warna stabilo / Credit: Bukalapak

4. Walaupun kelihatannya jadul banget dan nggak modis sama sekali, pemilik helm ini biasanya adalah orang Tionghoa yang punya banyak toko dan bergelimang harta~

Helm NSX / Credit: Shopee

5. Salah satu jenis helm yang tipikal pemakainya pasti selalu mengendarai sepeda motor tinggi-tinggi. Membayangkan gimana caranya naik aja udah susah 🙁

Helm trail / Credit: Shopee

Advertisement

6. Jenis helm anak klasik, tapi nggak punya vespa matic. Biasanya kerap ditemui pada pengendara Scoopy dan berbagai macam jenis sepeda motor model klasik lainnya

Mendadak klasik / Credit: Hobimen

7. Kalau di Jogja, helm yang satu ini terkenal dengan helm klitih. Pasalnya, pemakainya biasanya dari kalangan remaja yang suka bikin onar di jalanan. Kalau di tempatmu gimana?

Helm klitih / Credit: Shopee

8. Helm ngeselin, pemakainya biasanya para orang tua. Kalau misalnya kita nengok ke kanan atau ke kiri, biasanya helm ini posisinya tetap aja lurus 🙁

Helm ngeselin / Credit: Olx

9. Helmnya anak motor yang suka kebut-kebutan di jalanan. Sekali dengar suara sepeda motornya kayaknya kita mau teriak-teriak juga nggak bakalan ada yang dengar

Helm mahal / Credit: Shopee

10. Salah satu jenis helm paling random di Indonesia. Biasanya pemakainya malah berasal dari kalangan abang-abang yang aslinya garang banget

Helm boneka / Credit: Kotak helm

11. Terakhir adalah helm anak-anak artsy, biasanya pemakai helm yang satu ini tingkat pemahaman seninya udah susah untuk dimengerti

Helm anak artsy / Credit: Suara

Jika kamu sedang melintasi jalanan, cobalah sesekali perhatikan para pengendara sepeda motor yang ada. Dijamin kamu bisa menemukan dengan mudah setengah dari deretan jenis helm di atas tadi. Walaupun image konyol yang beredar bagi publik memang seperti itu, nggak semuanya punya tipikal yang sama kok.

Tapi, kalau dipikir-pikir siapa yang memulai tren model helm seperti pada nomer 10 dan 11 sih, ya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE