Tips dan Trik Nebak Kata di ‘Katla’ Biar Cepat Menang

Yang suka stres kalau gak berhasil nebak 'Katla' di kesempatan kelima, cung~

Seiring berjalannya pandemi, orang-orang semakin kreatif dalam mengembangkan game yang bisa menemani kita di kala bosan melanda. Salah satunya adalah ‘Katla’, permainan tebak kata harian yang viral di media sosial. Game ini tentu bisa menguji berapa banyak kosa kata dalam bahasa Indonesia yang kamu kuasai. Terdengar gampang, tapi nyatanya susah, loh.

Cara main ‘Katla’

Tangkapan Layar Katla

Tangkapan layar permainan ‘Katla’ yang viral via katla.vercel.app

Advertisement

Kalau kamu nggak pernah main ‘Katla’ sebelumnya, mungkin kamu nggak paham caranya. Untuk dapat bermain, kamu harus mengunjungi situs katla.vercel.app terlebih dahulu. Setelahnya, kamu akan melihat 5 kotak kosong dan tugasmu adalah menebak kata dalam bahasa Indonesia yang benar. Nggak akan ada clue apa pun, kecuali warna kotakmu.

Kalau warna kotakmu hijau, artinya huruf dan posisinya sudah benar. Kalau kuning, artinya hurufmu benar tapi posisinya salah. Kalau kotakmu berubah menjadi warna abu-abu, berarti nggak ada huruf itu di dalam kata rahasia. Tapi, gimana caranya kita bisa menemukan kata yang tepat dari ratusan ribu kata di KBBI?

1. Mulai dengan kata yang punya banyak huruf vokal

Banyak pemain ‘Katla’ yang mencari huruf vokal terlebih dahulu, loh! Caranya dengan memasukkan kata yang memiliki banyak huruf vokal di dalamnya, seperti “audio” atau “pisau”. Minimal ada 3 dari 5 huruf vokal yang dimasukkan. Proses ini akan memudahkan kita dalam mencari kata, dan kita beruntung kalau posisi huruf vokalnya ada yang benar.

Advertisement

2. Masukkan dua kata yang berbeda untuk dua baris pertama

Jangan dulu terlalu fokus pada kesuksesan di barisan kotak pertama. Karena ‘Katla’ membutuhkan strategi untuk mengeliminasi huruf, maka di baris kedua, masukkan kata dengan huruf yang sangat berbeda untuk membantumu menemukan lebih banyak huruf. Setidaknya, untuk baris ketiga sampai keenam, kamu tinggal mengacak-acak hurufmu.

3. Carilah daftar kata 5 huruf di internet

Eits, ini bukan curang! Walaupun bahasa Indonesia adalah bahasa ibu kita, mustahil untuk mengetahui setiap kosa kata yang ada di KBBI. Untuk membantumu, kamu boleh mencari daftar kata dengan 5 huruf di internet. Kalau kamu sudah berhasil menemukan huruf pertama, akan lebih mudah lagi! Kamu tinggal mencari daftar kata 5 huruf yang diawali huruf yang sudah kamu temukan itu.

Advertisement

4. Hati-hati terhadap huruf yang mungkin muncul lebih dari sekali

Walaupun kotakmu hijau di satu tempat, bukan berarti huruf itu nggak akan muncul di kotak lain. Banyak pemain yang gagal karena mengira suatu huruf cuma muncul sekali, padahal bisa saja lebih dari itu. Ini jadi salah satu aspek yang membuat kata dalam ‘Katla’ sulit ditebak. Huruf yang berulang ini seperti jebakan Batman, di mana kamu pikir sebentar lagi akan berhasil, tapi ternyata kamu masih lalai.

Kalau kamu suka bermain ‘Katla’, ayo share skor tebakanmu di media sosial supaya teman-temanmu lihat. Biar tambah seru, kamu bisa jadikan ‘Katla’ sebagai kompetisi dengan temanmu. Lihatlah di antara kalian, siapa yang paling cepat menebak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE