Top 10 Musisi Indonesia Sepanjang Tahun Ini Versi Spotify 2020 Wrapped. Idolamu Masuk Daftar, Nggak nih?

Top 10 Musisi Indonesia Sepanjang 2020

Nggak terasa, tahun 2020 yang lebih banyak kita lalui dengan di rumah saja dan berjauh-jauhan dari keluarga sudah di penghujung usai. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Desember merupakan waktu untuk kilas balik mengenai apa saja yang sudah terjadi setahun belakangan. Mulai dari pencapaian-pencapaian terbaik, momen bahagia, atau bahkan cerita sedih yang (mungkin) ingin dilupakan.

Advertisement

Apapun itu momennya, musik hampir dipastikan selalu ada ibarat teman setia. Untuk merayakan keberadaannya, platform streaming musik Spotify dalam momentum akhir tahun bikin semacam kilas balik bertajuk 2020 Wrapped. Salah satu kontennya adalah merangkum musisi top Indonesia yang lagunya paling banyak diputar sepanjang tahun ini. Total ada 30 lagu yang masuk dalam daftar bikinan Spotify. Tapi kali ini Hipwee Hiburan bakal pilih 10 lagu yang cukup fresh dan agaknya mewakili nuansa tahun ini. Yuk, simak.

1. Ardhito Pramono feat. Aurelie Moeremans – I Just Couldn’t Save You Tonight

Yang masih hangat langsung dapat tempat. Lagu manis berjudul I Just Couldn’t Save You Tonight yang dibawakan Ardhito Pramono bersama Aurelie Moeremans ini merupakan original soundtrack untuk film Story of Kale besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko. Fun fact, lagu ini awalnya diniatkan hanya dinyanyikan oleh Aurelie sebagai pemeran Dinda dalam film tersebut. Tapi Angga kemudian meminta Ardhito sebagai pemeran Kale ikut menjadi pasangan duet. Lagunya jadi tambah manis~

2. Fiersa Besari – April

Lagu patah hati kayaknya memang jadi heavy rotation banyak orang di tahun ini. Cinta kepentok LDR karena pandemi mungkin jadi salah satu penyebab. Wajar pula kiranya kalau lagu April kepunyaan Bung Fiersa ini dapat tempat dalam daftar kali ini. Dalam sebuah kesempatan Fiersa Besari menjelaskan lagu April yang terhimpun dalam album Tempat Aku Pulang ditulis berdasarkan pengalamannya menyukai seseorang. Baginya, emosi kebahagiaan, kehilangan atau kekecewaan akan lebih baik jika bisa disalurkan menjadi karya. Mantap, Bung!

Advertisement

3. Hindia – Evaluasi

Sebagai idola baru kawula muda Indonesia, Baskara, penggawa band .Feast yang juga menggarap proyek solo bernama Hindia cukup dapat exposure yang memukau sepanjang 2020. Lagu Evaluasi yang terhimpun sebagai penutup dalam album Menari Dengan Bayangan jadi salah satu yang paling banyak diputar sepanjang 2020. Secara keseluruhan, album tersebut dapat dilihat sebagai bentuk perayaan Baskara atas segala yang terjadi dalam hidup.

4. Kunto Aji – Pilu Membiru

Lagu Pilu Membiru dari Kunto Aji yang terdapat dalam album Mantra Mantra ini tipis-tipis bikin nelongso juga. Simak saja potongan lirik “masih banyak yang belum sempat aku katakan padamu“. Jleb banget mengingat sepanjang tahun ini ada banyak orang yang harus kehilangan sosok-sosok terkasih.

5. Mawar De Jongh – Ruang Rindu

Sedikit berbeda dari yang lain, aktris pemeran Annelies dalam film Bumi Manusia garapan Hanung Bramantyo ini sukses rebut hati pendengar dengan menyanyikan ulang lagu Ruang Rindu milik grup band Letto. Mawar De Jongh membawakan lagu yang cukup populer di tahun 2005 ini dengan sentuhan akustik untuk pesan-pesan rindu dalam lirik. Anak warnet bakal nostalgia dengan cara yang berbeda, nih, dengerinnya.

6. Nadin Amizah – Beranjak Dewasa

Satu hal penting dari bergantinya tahun adalah semua orang berproses jadi lebih dewasa. Hal ini juga dirasakan Nadin Amizah, yang ia ceritakan lewat album Selamat Ulang Tahun. Salah satu lagu di dalamnya berjudul Beranjak Dewasa, yang berkisah tentang babak awalnya melepas status remaja. Nostalgia masa SMA berikut canda tawa, harapan, dan air mata coba diceritakan Nadin lewat lagu ini. Debut album Nadin ini juga langsung diganjar penghargaan AMI Awards 2020 lo.

7. Pamungkas – Sorry

Lewat lagu berjudul Sorry yang masuk dalam album berjudul Walk the Talk, Pamungkas berkisah tentang ungkapan penyesalan dan permintaan maaf seseorang kepada pasangan atas perlakuan di masa lalu. Agaknya di tahun ini banyak orang yang juga merasakan apa yang diceritakan Pamungkas lewat lagu tersebut.

8. Rich Brian – DOA

Bukan doa sebagaimana kita panjatkan kepada yang maha kuasa, judul DOA pada lagu Rich Brian, musisi Indonesia yang berbasis di Amerika ini merupakan singkatan dari Dead on Arrival. Secara istilah, judul tersebut merujuk pada keadaan yang sudah terlihat buruk sejak awal. Hmmm, seperti sikap sepele pemerintah di awal pandemi merebak, yang terbukti berakibat buruk di hari ini, nggak, ya?

9. Rossa – Tegar 2.0

Lagu lama nuansa baru. Tahun ini Rossa merilis ulang lagu lamanya berjudul Tegar menjadi Tegar 2.0 yang seketika dapat tempat di hati pendengar. Wajar, tahun ini semua orang harus bersikap tegar menyikapi keadaan. Lagu yang ditulis Melly Goeslaw ini mengusung aransemen segar dengan balutan musik EDM yang digarap Ronald Steven, dengan bantuan Gamaliel Tapiheru di bangku produser.

10. TheOvertunes – I Still Love You

Cinta yang universal adalah gambaran tepat untuk lagu I Still Love You milik TheOvertunes. Pendengar bisa menyampaikan maksud lagu ini untuk orang tua, kekasih, dan seterusnya. Lagu ini merupakan satu di antara lima karya musik TheOvertunes yang digunakan sebagai original soundtrack serial Cek Toko Sebelah garapan Ernest Prakarsa.

Nah, itu dia top 10 musisi Indonesia yang karyanya paling banyak diputar selama 2020. Ada yang jadi heavy rotation-mu juga? Untuk melihat deretan lengkap daftar 2020 Wrapped Spotify, kamu bisa langsung mampir ke 2020 Wrapped yang tersedia di masing-masing akun Spotify.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE