6 Tren Kekinian Khas Jepang yang Unik dan Nggak Ada di Negara Lain. Wajib Coba Banget Nih!

tren khas jepang

Jepang nggak pernah habis untuk dibicarakan. Mulai soal budaya, pariwisata, hingga kulinernya, semua serba menarik dan unik. Meskipun berada di Asia Timur, namun Jepang selalu berbeda dengan negara-negara lain, otentik sekaligus misterius. Karena itu, nggak salah kalau apa yang trending di Jepang bisa cepat diikuti di negara-negara lain. Misalnya saja varian teh Hojicha. Hayo, siapa yang sudah nyobain varian teh otentik dari Jepang ini?

Advertisement

Nah, kali ini Hipwee bakal membahas berbagai tren unik khas Jepang yang nggak ada di negara lain. Inilah yang bikin Jepang semakin keren, tren mereka ciptakan sendiri dan nggak ikut-ikutan. Layak dicoba banget nih!

1. Kalau di negara lain ada rasa yang eksentrik kaya red velvet, taro, dan matcha. Di Jepang ada rasa sakura. Mulai dari kopi, kue, hingga coklat ada rasa sakuranya

Sushi rasa sakura via www.istockphoto.com

Sakura sudah dikenal luas sebagai ikon negara Jepang. Nah, orang Jepang punya ide yang simpel untuk mengimplementasikan sakura ke berbagai lini termasuk rasa-rasa makanan. Padahal kita juga nggak tahu bunga sakura itu rasanya kaya apa, tapi banyak banget varian produk dengan rasa sakura. Intinya kalau warnanya agak pink sedikit, pasti rasanya sakura! Tapi kamu kebayang nggak sih, rasa sakura itu kayak gimana?

2. Tren hojicha lagi ramai banget diperbincangkan nih. Udah nyobain belum ada eskrim rasa hojicha lho?

Rasanya enak!

Kepopuleran hojicha bikin banyak orang tertarik membuat variasi kuliner olahan rasanya. Mulai dari cake, minuman, sampai ice cream. Salah satunya ada Cornetto Black yang rasanya enak banget. Paduan antara warna hitam yang gelap dan rasa Hojicha yang otentik dalam Cornetto Black nggak ada tandingannya. Varian terbaru Cornetto ini beda banget, karena berwarna full hitam mulai dari es krim, saus, topping, sampai ke cone-nya, dengan dibalut packaging berwarna hitam juga. Warna hitam ini mungkin biasanya identik dengan charcoal. Tapi yang unik, di es krim hitam ini kamu bakal menemukan rasa baru yang nikmatnya tak terduga, yaitu Hojicha Latte.

Buat kamu yang belum tahu, hojicha merupakan teh hijau yang dipanggang dulu sebelum diseduh dan warnanya cenderung lebih gelap. Beda sama matcha atau teh hijau yang diubah ke dalam bentuk bubuk sebelum diseduh, berwarna lebih hijau, dan cenderung beraroma seperti sayuran. Penasaran gimana rasanya? Yuk cobain sekarang dan siap-siap jatuh cinta sama rasanya yang tak terduga.

3. Haradjuku bisa jadi tren fashion yang terkenal banget, tapi sudah tahu tren riasan Decora belum?

Jepit rambut di mana-mana via www.istockphoto.com

Kita sering dengar istilah Haradjuku yang langsung merujuk pada gaya tren ‘asal tabrak’ dari Jepang. Kini ada juga yang nggak kalah nyentrik yaitu Decora. Pada dasarnya, Decora adalah tren fashion dan makeup yang menggabungkan berbagai warna cerah untuk memberikan kesan ceria. Bahkan sering kali Decora bertujuan memberi kesan kekanak-kanakan dengan berbagai aksesori yang dipadukan secara bersamaan.

4. Di Jepang banyak banget orang pakai piyama berbentuk hewan. Piyama ini dinamakan Kigurumi, biar yang pakai kelihatan imut dan menggemaskan

Kalau di Indonesia dikira badut lampu merah via www.istockphoto.com

Kalau di Indonesia, piyama unyu-unyu begini mungkin jarang dijual di pasaran. Tapi kalau di Jepang, Kigurumi jadi tren lo. Nggak cuma cewek aja, cowok juga sering kok pakai piyama berbentuk hewan bahkan anime lalu foto-foto dengan pose imut. Jadi pengen beli ya!

Advertisement

5. Sista-sista biasanya pakai cetakan alis biar gambar alisnya rapi. Kalau di Jepang, ada cetakan lipstick segala

Namanya juga orang Jepang, bakal membuat inovasi apa pun demi kemudahan orang-orangnya. Mereka bahkan bikin cetakan lipstick biar kalau mengaplikasikan kosmetik di bibir nggak bleber ke mana-mana. Mungkin kebanyakan orang Jepang berbibir tipis kali ya, jadi sulit buat memulas bibir dengan rapi tanpa alat bantu.

6. Orang Jepang memang kebanyakan berkulit kuning. Tapi kulit gelap juga digandrungi, mereka punya tren Ganguro yang beda banget sama standar cantik ala Asia

Beda banget sama image Jepang biasanya via www.istockphoto.com

Ganguro adalah sebuah gaya tren baru Jepang yang beranggapan kalau kulit gelap dengan rambut tipis pirang dan bibir berwarna pucat adalah suatu hal yang keren. Tren ini biasanya diikuti sebagian besar cewek yang udah bosan dengan penampilan polos khas Asia. Kelihatannya emang super berani sih, karena gaya ini mencoba mendobrak stadarisasi orang Jepang soal definisi cantik yang sebenarnya.

Tuh kan, ternyata banyak hal yang unik-unik di Jepang. Hal-hal tadi cuma sebagian aja yang kelihatan nyentrik, kalau kamu mengunjungi Jepang langsung sih pasti bakal lebih banyak keunikan yang akan kamu temukan. Berdoa bareng-bareng deh semoga suatu saat nanti bisa liburan ke Jepang sampai puas! By the way, jangan lupa cobain Cornetto Black ya, biar kamu nggak ketinggalan tren rasa-rasa yang otentik Jepang banget~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE