Beberapa hari lalu, jagat raya internet kembali diramaikan oleh pemberitaan tentang Awkarin. Kali ini bukan tentang kisah cintanya yang fenomenal. Tapi, perihal video musik kolaborasinya bersama salah satu penggawa hip hop terkini, Young Lex. Bertajuk Bad, video klip itu menampilkan aksi rap dari gadis berusia 19 tahun yang kerap mengundang kontroversi tersebut. Cek videonya di bawah ini:

Berkat video klip tersebut, popularitas Awkarin kembali melejit. Saat artikel ini rilis, tercatat video itu sudah meraup 2,3 juta penonton dengan jumlah dislike yang malah jauh lebih banyak dari jumlah like-nya. Hmmm, semakin kokoh deh sosok Awkarin sebagai musuh publik.

Hipwee sih nggak mau berkomentar soal polemik moral ala “tatoan tapi tak pakai narkoba” yang dikumandangkan dalam video tersebut beserta respons dari para netizen. Yang jadi titik perhatian Hipwee malah kekecewaan terhadap performa rap dari Awkarin yang belepotan. Yah, namanya juga debut, mungkin doi memang masih belajar. Akan tetapi, takutnya video Bad ini kemudian menjadi gambaran khalayak Indonesia tentang standar karya hip hop Indonesia.

Karenanya, sebelum kian banyak orang yang salah paham, Hipwee merekomendasikan deretan artis yang bisa kamu tilik sebagai tolak ukur kualitas musik hip hop Tanah Air saat ini, cek yak:

1. Joshua Matulessy a.k.a Jflow salah satu penggawa hip hop kekinian. Udah wara-wiri di mana-mana~

Yo whatsaapp via i.ytimg.com

Advertisement

Joshua Matulessy atau dikenal sebagai JFlow lahir 8 April 1980; umur 36 tahun. Selain sebagai seorang rapper, Jflow juga seorang produser, TV host sekaligus penulis. Sering wara wiri di berbagai gigs musik hip hop, nama Jflow semakin eksis karena lirik-liriknya yang lugas dalam setiap karyanya. Berkarir dari 2008, ia masih melesat hingga 2016. Salut!

2. Surabaya bukan hanya punya Dewa 19, tapi juga Sonjah

Stop! Im rapper now! via www.rollingstone.co.id

Rendy Liverinsiano pernah merilis album berjudul Abstrak bersama kolektif hip hop miliknya, Kingstone, di bawah label rekaman Sony BMG Music Entertainment Indonesia. Model hip hop yang dibawakan Sonjah pun berbeda dari rapper lain. Perpaduan aliran hip hop dan jazz dipilihnya agar terdengar lebih segar dibanding musisi hip hop lainnya.

“Perbedaan yang terjadi di hip hop Indonesia adalah soal penulisan lirik si musisi itu sendiri. Menurut saya para musisi hip hop di Indonesia saat ini banyak yang hanya bercerita soal haters. Again and again. Jika terlepas darihaters, mereka hanya bercerita soal gue punya ini dan itu, atau “Gue dikelilingi cewek, bla bla bla.’ Come on, man!” ungkap Sonjah gelisah tentang hip hop Indonesia. Ia melanjutkan, “Kasihan banget hidup kalian kalau hanya berada di seputar dua hal itu saja. Kalian harusnya bisa menulis lebih baik dari itu. Berceritalah tentang soal sosial, semangat, pantang menyerah, true love, menyebarkan cinta, dan yang paling terpenting berceritalah soal kejujuran.” Sonjah via Rollingstone.co.id

3. Banyak unit hip hop asal Kota Bandung lain yang bersinar selain Fade2black. Ya, salah satunya adalah Rain City Rap Crew (RCRC)

Yo WhatsApp! via www.rollingstone.co.id

“Karya RCRC bercerita tentang apa saja. Yang pasti tentang sudut pandang dari pemikiran kami masing-masing. Rap berarti rhythm and poetry, jadi bagaimana pemikiran bisa kami salurkan lewat metafora dan rima yang kami gunakan,” ungkap Dizzy via rollingstone.co.id

Mungkin kamu hanya tahu Fade2black adalah satu-satunya grup hip hop termashyur di kota hujan ini. Kalau, iya kamu salah. RCRC salah satu grup hip hop yang cukup bersinar dan punya banyak massa dalam setiap aksi panggungnya.

4. Adalagi Kungpow Chicken, grup hip hop yang sudah malang melintang dari Kota Kembang

Sayaaang sekarang aku mabok! via kamarmusik.net

Anak muda Bandung pasti tahu grup hip hop Kungpow Chickens. Ya, grup yang punya seabrek karya dengan lirik-lirik khas kenakalan remaja ini punya basis penggemar yang rata-rata adalah anak ABG. Setiap pentas seni sekolah di Bandung selalu menjadi grup yang paling ditunggu-tunggu. Tidak bisa dipungkiri, lirik-lirik dalam setiap karya mereka seolah-olah jorok, kasar, dan provokatif. Akan tetapi, sebenarnya ada banyak kritik sosial yang tersampaikan.

5. Populer melalui media sosial, Rich Chigga mendunia berkat video Dat $tick!

Lahir dengan nama asli Brian Imanuel, karir Rich Chigga melejit melalui sosial media. Chigga didaulat media asing sebagai sebuah fenomena baru dalam industri musik hip hop dunia. Hingga kini video musik Dat $tick miliknya telah hampir mencapai angka 17 juta viewers dalam waktu 6 bulan.

6. D.P.M.B a.k.a Dua Petaka Membawa Bencana, mutiara hip hop lain dari kota gudeg

Terbentuk tahun 2007, duo cah Jogja ini melenggang ke industri hip hop Indonesia berkat debut single Microphone Attack. Sebagai salah satu komplotan paling mentereng di kancah Hip Hop Yogyakarta masa kini, D.P.M.B dengan karya-karyanya layak kalian tengok, termasuk sebuah video klip berjudul Ndasmu yang gelap dan keren.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!