Karena kita bukan anak SD lagi, sudah saatnya kita menganggap puasa hanya sekadar menahan lapar dan haus. Karena saat puasa, kita juga harus belajar menahan emosi. Nggak boleh marah-marah, apalagi galau-galauan mikirin mantan. Deuh, tahan dulu sampai lebaran ya.

Di bulan puasa, kita harus benar-benar jaga sikap. Kalau bisa jangan dekat-dekat kegiatan yang bisa memicu dosa. Tapi kadang beberapa hal yang biasa kamu lakukan, bisa bikin puasamu dalam bahaya lho. Apa aja? Ini dia.

Advertisement

P.S. Nggak usah serius-serius gitu ah. Meski lemas karena puasa, kita harus tetap cerita!

1. Main medsos bisa jadi bahaya kalau tiba-tiba kamu nemu update foto mantan dan pacar barunya. Lalu kamu jadi emosi dibuatnya.

Stalking mantan

Stalking mantan via jalantikus.com

Di zaman ini siapa yang nggak punya medsos? Scroll timeline sudah sesering bernafas aja. Nyari tahu kegiatan orang lain juga mudah, tinggal lihat saja dia lagi check in di mana. Karena media sosial jugalah kita tetap bisa update kabar mantan tanpa harus sungkan-sungkan bertanya. Tapi hati-hati ya, kadang keasyikan stalking mantan, lalu kamu menemukan sesuatu yang nggak diharapkan. Foto mantan dengan gebetan baru, misalnya. Hati jadi panas, cemburu merajalela, habis deh pahala puasa karena kamu jadi emosi seharian.

2. Olahraga malam saja habis taraweh. Kan gawat kalau kamu dehidrasi kehausan dan lupa langsung ambil minum di kulkas

berenangnya malam aja yah, nanti batal.

berenangnya malam aja yah, nanti batal. via newsletter.cslgroup.co.id

Semua tahu bahwa olahraga adalah kebutuhan tubuh dan harus dilakukan kalau kamu ingin hidup sehat lebih lama. Tapi berhubung sedang puasa, diganti ya jadwal olahraganya. Jangan pagi-pagi atau sore-sore kamu jogging di stadium. Bisa-bisa sampai rumah kamu langsung ambil air di kulkas gara-gara dehidrasi. Maklum, kadang karena kehausan kamu jadi lupa kalau lagi puasa. Jadi biar aman, olahraganya malam saja. Ke masjid jalan kaki bisa juga. Tapi pilih masjid yang jauh ya, jangan yang di depan rumah.

3. Nonton berita di TV kadang juga menyulut emosi. Bisa-bisa puasamu nggak maksimal karena nggak bisa jaga emosi

Kalau TVnya begitu kan ya emosi

Kalau TVnya begitu kan ya emosi via www.kaskus.co.id

Advertisement

Memang sih TV adalah media hiburan. Tapi nggak semua yang kita lihat di sana bisa menghibur. Nggak sedikit juga yang malah bikin emosi berantakan. Lihat berita-berita di TV, jadi emosi. Lihat siaran bola, emosi juga karena tim jagoan kalah. Lihat gosip selebriti, makin emosi karena sebal kenapa yang muncul itu-itu aja. Nonton sinetron, emosi menjadi-jadi karena gemes sama pemain utamanya yang diapa-apain diam saja. Karena itu, kalau kamu kurang bisa jaga emosi, mending jauh-jauh dari TV deh.

4. Dengerin lagu galau. Teringat kenangan masa lalu, lalu galau, lalu nangis-nangis hilang kendali. Duh~

Habis dengar lagu galau

Habis dengar lagu galau via pigeonsandplanes.com

“Eh, ada lagu gue nih diputer di radio…”

Mendengarkan lagu galau memang nggak akan membuatmu emosi. Tapi bisa lain ceritanya kalau kamu jadi teringat kenangan lagu itu. Tentang dulu kamu dan dia duduk berdua di kafe, mendengarkan lagu yang sama sambil berpegangan tangan. Tapi sekarang kamu sendirian, sementara dia yang dulu bersamamu barusan mengirim undangan nikah habis lebaran. Lalu kamu mulai bertanya-tanya kenapa semua ini terjadi? Kenapa dia begitu cepat move on? Lalu kamu nangis-nangis nggak terima. Semua itu karena apa? Lagu galau.

5. Ngabuburit di jalanan. Ingat kan kondisi jalanan itu kadang menyebalkan? Jangan sampai puasamu batal karena marah-marah sama pengendara lainnya ya

keliling kota

keliling kota via surat.viva.co.id

Ngabuburit jadi momen yang khas banget saat ramadhan. Banyak hal yang bisa dilakukan saat menunggu bedug magrib. Yang paling asyik sih jalan-jalan sama teman. Kalau di kamu tinggal di kota kecil, pasti banyak yang sering ngabuburit keliling kota dengan motor istimewa. Tapi kalau kamu tinggal di kota besar, jangan sekali-kali melakukannya. Yang ada kamu malah emosi melihat kondisi jalanan yang macet sana-sini salip sana-sini. Niatnya mau nungguin buka puasa, malah jadi buka sebelum waktunya.

6. Main game sama teman nggak apa-apa sih, asal kalau kalah jangan jadi ngambek ala-ala main bentengan saat SD dulu ya~

main game

main game via playtoko.com

Selain jalan-jalan keliling kota, main game adalah alternatif kegiatan ngabuburit yang bisa kamu coba. Ingat kan gimana asyiknya main game sampai kamu lupa waktu? Adzan magrib nggak akan terasa lama. Biar makin seru, mainnya rame-rame sama teman. Tapi kalau kamu mainnya sama teman, alias bertanding, pastikan kamu orang yang sportif ya! Jangan kayak anak SD main bentengan. Kalau kalah ya kalah aja, jangan nggak terima terus jadi marah-marah.

7. [Khusus cowok] SMSan sama ceweknya yang lagi PMS. Daripada kamu emosi karena salah melulu, lebih baik kamu tidur aja biar dapat pahala

Menghindar dulu dari pacar yang PMS

Menghindar dulu dari pacar yang PMS via www.idntimes.com

Seperti yang sudah disepakati bersama, PMS memang bukan momen favorit kita semua. Baik untuk cewek yang mengalami secara langsung, maupun untuk cowok yang terkena imbasnya. Kalau cewekmu sedang nggak puasa, sebaiknya kamu nggak terlalu sering SMS-an dengannya. Bisa-bisa kamu batal nanti. Daripada menemaninya SMS-an tapi apapun kamu katakan salah, mendingan kamu ngaji atau tidur aja untuk memperbanyak pahala. Tapi pastinya, kamu harus mengarang alasan yang super manjur biar cewekmu nggak merasa kamu abaikan ya.

Bukannya nggak boleh melakukan apa-apa. Tapi yang penting kamu bisa menjaga emosi. Toh, puasa kan memang berlatih sabar  menahan diri dari segala hawa nafsu diri. Kalau mau main aman, ya sudah, kamu tidur aja terus sampai adzan magrib berkumandang agar jauh-jauh dari dosa ;p

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya