Kebiasaan Pakai WC Jongkok Terus Pindah ke WC Duduk itu Semacam Cobaan Hidup. Susah! :(

WC jongkok vs WC duduk

Sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap bahwa WC jongkok dinilai lebih praktis dan nyaman dibandingkan dengan WC duduk, meski nggak dimungkiri juga sih kalau sebagiannya lagi menganggap sebaliknya. Mulai dari kalangan masyarakat kelas bawah, menengah, hingga atas terkadang lebih memilih untuk memiliki WC dengan kearifan lokal tersebut. Selain lebih murah, kebiasaan jongkok orang Indonesia juga berpengaruh dengan tipe dan gaya saat kita sedang buang air besar. Kecuali memang sejak kecil dibiasakan pakai WC duduk, itu beda ceritanya.

Advertisement

Nah, hal ini yang kerap kali jadi masalah konyol dan kocak ketika seseorang yang terbiasa menggunakan WC jongkok tiba-tiba harus pakai WC duduk di tempat lain. Seperti yang udah disebutkan tadi, meski bentuknya lebih modern, nggak semua orang bisa merasa nyaman dengan tipe WC duduk. Bahkan ada beberapa persoalan yang mungkin bakal terjadi ketika kita harus tiba-tiba memakai WC duduk seperti pada hal-hal di bawah ini. Kamu pernah merasakan juga nggak nih?

Berasa lebih dimanjakan. BAB aja bisa duduk, apalagi sambil selonjoran dan ngelamun atau mainan HP

Bisa jadi tempat nongkrong | Photo by ROMAN ODINTSOV via www.pexels.com

Bagi yang terbiasa buang air pakai WC jongkok kemudian tiba-tiba harus pakai WC duduk, tentu rasanya bakal beda banget. Kalau biasanya merasa pegel-pegel karena kelamaan jongkok, sewaktu pakai WC duduk langsung berasa nyaman dan kayak dimanjakan banget.

Gimana lagi, wong di rumah juga nggak pernah merasakan. Belum lagi kalau berlama-lama di toilet sambil selonjoran terus ngelamunin berbagai hal. Jangan salah, bagi sebagian orang berlama-lama di toilet itu enak banget lo!

Advertisement

2. Rasanya udah kayak orang kaya raya, karena zaman dulu biasanya yang punya WC duduk cuma orang kaya, kan~

Biasanya dimiliki oleh orang kelas menengah ke atas / Credit: pri.org via www.pri.org

Nggak dimungkiri lagi bahwa pada kenyataannya tren WC duduk ini memang banyak dimiliki oleh orang-orang kota atau orang kaya. Kalau sobat-sobat miskin kayak kita ini mah pakai WC jongkok juga rasanya udah nikmat maksimal. Meski terkadang orang-orang kelas menengah ke bawah pun ada yang memiliki WC duduk, tetap aja bagi sebagian orang menjadi pengalaman unik tersendiri saat buang air menggunakan WC duduk.

3. Tapi kadang merasa jijik aja sih, pantatnya nempel ke bekas pantat orang lain 🙁

Harus nempel banget sih soalnya | Photo by Karolina Grabowska via www.pexels.com

Ada enaknya, ternyata ada pula nggak enaknya, namanya juga suka dan duka. Meski berasa dimanjakan dan juga serasa jadi orang kaya, orang-orang yang terbiasa dengan WC jongkok kemudian harus menggunakan WC duduk juga terkadang merasa jijik lo. Gimana nggak jijik coba kalau bekas pantat orang lain nempel ke pantatnya? Geli banget, kan? Itu masih mending kalau WC duduknya adalah WC pribadi, kalau di tempat umum? Hmmmmm~

4. Sering juga bingung gimana caranya cebok, apalagi kalau banyak tombolnya

WC duduk zaman sekarang, banyak banget tombolnya| Photo by Fboas, CC BY-SA 3.0 via commons.wikimedia.org

Kalau perkara konyol yang satu ini memang sering banget terjadi sih, apalagi zaman sekarang banyak banget bentuk WC duduk modern yang canggih dengan banyak tombol bertebaran. Kita yang biasanya cebok manual pakai gayung pun, alhasil juga bakal kebingungan kalau harus ketemu dengan momen-momen kayak gini. Pencet ini salah, ternyata pencet itu juga yang keluar air dari saluran lainnya. Sering tuh, keluar toilet baju malah pada basah semua gara-gara salah pencet. 😀

Advertisement

5. Paling ngeselin sih kalau jadi susah keluar, soalnya biasanya nyaman kalau jongkok

Banyak yang udah kebiasaan jongkok | Photo by Giorgio Trovato via unsplash.com

Dari semua keribetan saat memakai WC duduk, hal yang satu ini bisa dibilang menjadi persoalan yang paling ngeselin. Males banget, kan, kalau dari luar udah keburu-buru karena saking kebeletnya, begitu duduk ternyata malah susah banget keluar. Beneran deh, bagi beberapa orang hal ini sering banget terjadi lo! Pasalnya, kalau pakai WC duduk berasa kayak ada yang ngganjel gitu jadi bikin nggak nyaman kalau mau mengeluarkan sesuatu. 🙁

Namanya juga selera, pasti satu dengan yang lain berbeda-beda. Ada yang lebih nyaman kalau pakai WC jongkok, tapi ada pula yang merasa lebih nyaman kalau pakai WC duduk. Semua pasti punya alasannya sendiri-sendiri atas pilihannya. Tapi, paling enak sih kalau kita nggak terlalu bermasalah dengan dua tipe WC tersebut. Kalau kamu tim WC jongkok atau WC duduk nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE