Apakah kamu tipe orang yang suka mengunggah foto Facebook lewat smartphone? Kalau iya, kamu harus buru-buru menyelamatkan foto-foto kamu deh. Karena, tak lama lagi, Facebook bakalan menghapus foto-foto di album yang menggunakan fitur sinkronisasi. Kenapa? Hayo kira-kira kenapa…

Daripada bingung, langsung aja yuk baca.

Pengumuman penting dari Facebook. Wajib dengar wahai rakjat Facebook!

“Foto yang disinkronisasi ke album Facebook akan segera dihapus. Foto-foto akan dialihkan ke aplikasi Moments, aplikasi baru Facebook. Jika masih ingin menyimpan foto-foto Anda, maka segera download aplikasi Moments sebelum 7 Juli. Jika tidak ingin men-download moments, segera unduh foto-foto Anda sebelum 7 Juli,” kata Facebook, dilansir The Guardian, Senin (13/6).

Pengumuman dari Facebook ini amat penting bagi para pengguna. Facebook akan menghapus semua foto milik pengguna yang telah disinkronkan dengan aplikasi Facebook. Sebelumnya, memang banyak pengguna Facebook menggunakan fitur foto sinkronisasi, yang diperkenalkan sejak tahun 2012. Pada saat itu, Facebook berjanji kepada para pengguna mereka untuk bisa mengunggah foto secara otomatis yang tak terbatas jumlahnya dari smartphone ke album pribadi mereka.

Langkah yang tentu saja mengejutkan para pengguna Facebook ini akan mereka lakukan pada 7 Juli 2016. Aplikasi jejaring sosial ini menyarankan kepada para pengguna agar kita segera menginstall aplikasi Moments untuk bisa memindahkan foto-foto yang tersimpan di album sinkronisasi itu.

Advertisement

Seperti cara back up koleksi foto yang ditawarkan Google’s Photos, Yahoo’s Flickr and Apple’s iCloud Photos.

Jadi apa nih yang harus kita lakukan sebagai tindak penyelamatan?

Seperti dilansir dari theguardian.com, Moment akan menyimpan foto-foto dan video yang ada dan bisa tersimpan selamanya. Pengguna juga tentu punya kesempatan untuk mengunduh foto-foto itu dulu sebelum dihapus. Sementara itu, penghapusan foto yang disinkronkan tidak akan mempengaruhi foto atau video yang dibagikan di Facebook secara terpisah. Artinya, tidak semua foto di Facebook bakal terhapus.

Yah, perubahan ini memang merepotkan sih. Sebelumnya, Facebook juga pernah melakukan hal yang sangat mirip dengan aplikasi Messenger. Mereka menghapus chat dari aplikasi Facebook dan memaksa pengguna untuk menginstal aplikasi khusus Messenger jika ingin mengirim pesan instan lewat Facebook di smartphone. Hal itu sontak membuat 900 juta pengguna benar-benar terdorong menggunakan aplikasi Messenger.

Yah, ini sengaja sih. Namanya juga strategi bisnis.

Facebook kayaknya memang sengaja deh menciptakan platform besar lainnya dan memanfaatkan basis pengguna Facebook untuk menggunakannya dan menarik pengguna baru yang belum tentu memiliki akun Facebook sebelumnya. Dengan mematikan fitur sinkronisasi dari aplikasi Facebook dan mewati-wanti akan menghapus foto  di dalamnya, Facebook sukses menjadikan aplikasi Moments sebagai salah satu dari deretan 100 aplikasi gratis terlaris di Android dan iOS di Inggris.

Selain itu, Facebook juga membuat aplikasi Moments sebagai aplikasi gratis yang paling populer ketiga di iOS dan kedua paling populer di Google Play di Amerika Serikat.

Nah, kira-kira menurut kamu gimana? Tetap ikhlas foto dihapus atau mau menyelamatkannya? Hm~