Bisa jadi, cinta adalah wujud asli narsisme. Cinta selalu mengharapkan orang lain memberikan balasan sebesar cinta kita padanya dan pada diri kita sendiri. Hati pun bisa kecewa karenanya, karena harapan yang tidak juga tersampaikan. Nggak semua cinta yang pernah tumbuh di dunia ini terbalas dengan cinta yang sama. Seringnya, cinta justru tidak terbalas.

Cinta tak terbalas bukanlah sebuah kisah yang menyedihkan. Justru, jika cinta ini mampu bertahan aka perasaanmu bisa dipastikan tulus. Mana ada cinta yang mampu bertahan sementara ia tidak disemai, tidak ditumbuhkan, dan tidak terbalaskan? Bersyukurlah, meskipun seseorang tidak memiliki perasaan yang sama denganmu, setidaknya kamu telah jujur mengakui pada dirimu sendiri bahwa dengan siapa hatimu pernah jatuh.

1. Kalau kamu pernah kecewa dan hatimu pernah dipatahkan, namun kamu masih bertahan, kamu adalah pribadi yang kuat!

Selamanya keikhlasan nggak menginginkan balasan via www.pexels.com

2. Bertahan dan bertahanlah terus. Sampai suatu saat kamu mampu menerima kenyataannya…

Nyatanya, cintamu memang sepihak saja… via www.pexels.com

3. Nggak selamanya status single membuatmu mudah untuk menerima yang datang. Seringkali yang nggak pernah datang justru yang telah mengambil hatimu

Sedang berjuang mendapatkan hatiku kembali. via www.123rf.com

4. Setiap kali memikirkannya di malam hari, rasanya selalu pesimis. Tapi kenapa setiap kali bertemu dengannya, bercanda dengannya, tertawa bersama, pesimis itu hilang nggak berbekas?

Lalu di sini lah aku yang selalu menunggu… via www.123rf.com

5. Rasanya kamu selalu di sini, hadir. Tapi sayangnya yang hadir hanyalah harapanku saja

Nyatanya kamu tidak pernah hadir di setiap tempat yang kuharapkan kamu ada. via www.123rf.com

6. Lalu tanpa sadar, kamu yang sedang merasa perih akibat sakitnya dirimu sendiri kembali bertanya-tanya. Siapa yang menyebabkan semua ini terjadi?

Dan selama ini kamu hanya sendiri, menyakiti hatimu sendiri. via www.123rf.com

7. Ketika dia yang kamu pilih tak juga memilihmu. Maka kamu tak perlu memaksakan kehendak, karena dia punya hak penuh atas pilihannya itu

Seperti kamu yang bebeas mencintainya, dia pun bebas tidak mencintaimu. via www.123rf.com

8. Terkadang cinta yang terbalas dan berlanjut pada komitmen belum tentu bertahan. Sedang cinta yang tulus tapj tak terbalaskan bisa saja bertahan selamanya

Perasaan tanpa campur tangan napsu dan keegoisan memang lebih mudah bertahan. via www.123rf.com

9. Terjebak dalam zona pertemanan dengan dia yang kamu sayang memang menyedihkan. Kamu melihatnya setiap hari tapi di saat yang sama dirimu pun patah hati?

Melihatnya bahagia dengan orang lain adalah hadiah baginya, bukan bagi hatimu. via www.123rf.com

10. Ingatlah bahwa sejatinya semua cinta itu tak perlu balasan. Jika kamu sudah memahaminya, selamat untukmu karena hatimu berada di jalur yang benar

Maka jangan pernah berharap, karena berharap pada manusia tidak pernah jadi sebuah kepastian. via www.123rf.com

Advertisement

Meski sedih, tapi berbanggalah. Bisa jadi kamu telah memahami bagaimana ketulusan itu sendiri. Kamu tidak perlu merasa tidak berguna dan tidak berdaya karena perasaanmu yang tak terbalas. Selalu ada hadiah yang berharag dari setiap ketulusan yang kamu tanamankan. Jangan pernah takut untuk mencintai seseorang, karena tidak mencintai seseorang juga sebuah kebebasan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya