Dekat dan berhubungan intens dengan seseorang sekian lama bukan berarti kamu siap dan harus menjadikannya pacar. Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan membawa hubungan pertemanan ke arah yang lebih serius. Seringkali kita bahkan gak ngerti apa yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membawa seseorang menjalani hubungan yang bukan lagi sekedar teman.

Apakah saat ini kamu sedang sibuk membaca sinyal dan belum yakin atas hubungan yang sedang dijalani? Cek 25 tanda ini dulu deh sebelum memutuskan membawa hubungan dengan dia yang sudah mulai dekat di hati ke arah yang lebih serius.

1. Saat Dia Ingin Kamu Berhasil, Itu Tandanya Dia Sudah Layak untuk Jadi Pendampingmu

Semangat cari kerja ya via antaresbugi.wordpress.com

Karena pengen lihat kamu bahagia, dia selalu menyemangati kamu untuk melakukan yang terbaik dalam tiap usaha yang kamu lakukan. Dia mengingatkan kamu soal hak dan kewajiban, serta tanggung jawab yang muncul apabila kamu udah berhasil. Kalau pun kamu gagal, dia tetap di belakangmu.

2. Keluarganya Udah Suka sama Kamu

Jalan bareng keluarga calon pacar via crashcoursephotography.com

Advertisement

Ayah dan Ibunya udah kenal dan akrab sama kamu karena udah sering berkunjung ke rumah. Kalian sudah bisa saling bertukar percakapan dengan hangat. Bahkan selama kamu menjaga sikap dan tata krama, bukan gak mungkin keluarganya yang malah ingin kalian menjadi pasangan.

Tanda kalau ayahnya suka sama kamu: dia gak menganggap kamu sebagai ancaman terhadap otoritasnya sebagai kepala keluarga dan mungkin kalian nonton bola bareng. Tanda ibunya suka sama kamu: dia selalu (dan selalu) menawarin kamu untuk makan, tanpa henti.

3. Dia Selalu Berusaha Bikin Kamu Senyum

Berawal dari senyuman via www.flickr.com

Entah kenapa kamu selalu tersenyum tiap kali melihat wajahnya, mendengar namanya atau ketika kamu memikirkan kelakuannya. Dia juga menunjukkan usaha untuk membuatmu bahagia. Mulai dari melakukan hal-hal yang menyenangkan hatimu, hingga berusaha menjaga perasaanmu dengan menjaga sikapnya.

4. Bersama Dia, Kamu Mudah Sekali Tertawa

Gak lucu tapi bisa bikin ketawa via www.flickr.com

Dia mengerti selera humormu, kalian bisa tertawa terbahak-bahak karena satu hal sederhana.Orang ini bisa memancing tawa kamu dengan mudah. Walaupun joke dia kadang gak lucu (dan kamu juga sadar kalau dirimu gak sebegitu lucunya untuk ditertawakan) kamu tetap ketawa karena ketawa bareng dia itu menyenangkan.

5. Kamu Merasa Nyaman Bersamanya

Nyaman berduaan via www.flickr.com

Ketika kamu dapat masalah dengan urusan sekolah, kantor, atau keluarga dia hadir buat kamu. Dia bikin kamu nyaman tanpa menghakimi siapa yang salah. Dia bahkan bersedia dengerin ocehanmu berjam-jam tanpa merasa keberatan sedikit pun. Ibaratnya nih, dia adalah rumah yang kamu cari untuk melepas penat selepas hari yang panjang.

6. Kalian Bisa Berbagi Selera Musik

Seleramu mulai terlihat jelas via www.jazzzeitung.de

Ketika kamu sedih, dia tahu lagu apa yang bisa bikin kamu ceria. Dia bahkan gak perlu bertanya buat tune ke stasiun radio mana. Karena dia udah tahu radio mana yang memutarkan musik-musik favorit kamu.

Walaupun selera musik kalian berbeda, kamu dan dia sudah bisa menyesuaikan diri untuk berbagi telinga mendengarkan satu lagu yang sama.

7. Dia Mampu Mengerti Perasaanmu

Ketika kamu mengalami hari yang buruk, dia datang mengatakan “Aku tahu perasaanmu sekarang”. Ucapan sederhananya itu membuatmu merasa memang ada orang yang benar-benar memahami apa yang kamu rasakan. Kamu tidak lagi merasa sendirian.

8. Dia Orang Pertama yang Kamu Kabari dalam Berbagai Situasi

“Kasih tahu dia dulu ah,..” via www.huffingtonpost.ca

Bukan ayah, bukan ibu dan yang pasti bukan dosenmu. Ketika kamu mendapat kabar gembira, gebetan kamu inilah orang yang pertama kali kamu hubungi. Ketika sesuatu hal buruk terjadi, dia juga orang pertama yang berada di ujung telepon. Dia memang sudah begitu penting di matamu, hingga kamu merasa dialah yang layak mendengar kabar darimu di urutan nomor satu.

9. Kalian dengan Ringan Saling Memuji

tak ada salahnya memuji sesekali via nouba.com.au

Kalian udah gak malu lagi buat memuji penampilan satu sama lain. “Kamu ganteng banget” atau “Kamu cantik sekali malam ini” sering kalian ucapkan ketika berjumpa maupun saat pergi bersama. Kalau udah sama-sama  mengakui bahwa kalian “good-looking” lalu, tunggu apa lagi sih?

10. Kamu Udah Berandai-Andai tentang Masa Depan Hubungan Kalian

Kalau kita pacaran, masih bisa santai gini gak? via www.flickr.com

Walau cuma sekali kamu udah berandai-andai “Apa jadinya kalau dia jadi pacarku?“. Serius, berandai-andai seperti ini boleh, kok. Lewat perandaian macam itu secara nggak sadar kamu udah menyadari kalau kemungkinan buat pacaran ada. Saat kamu sudah bisa membayangkan masa depan bersamanya, lalu apalagi yang harus kamu tunggu?

11. Dia Bahagia Bareng Kamu

Keduanya bahagia via crashcoursephotography.com

Jika kamu masih takut untuk memulai langkah, coba pikirkan apakah dia merasa bahagia jika bersamamu? Bukan kamu aja yang merasa bahagia, tapi dia juga harus merasakan bahagia saat bersamamu. Jika dia sering menyatakan: “Aku paling senang kalau jalan bareng kamu” itu udah tanda kalau kamu membahagiakan dia.

12. Secara Tidak Sadar, Dia Sering Meniru Kelakuanmu

Biar disangka pacaran #eaaa via www.flickr.com

Secara tidak sadar dia sering meniru kelakuanmu. Dia bisa menirukan gerak-gerik kecilmu, seperti kebiasaanmu mengaduk makanan sebelum mulai makan dan bagaimana kamu mengucapkan sebuah kata yang khas di mulutmu.

Waktu kamu tanya “Kenapa deh ikut-ikutan mulu?” dia bisa dengan jahilnya menjawab dengan “Kenapa deh ikut-ikutan mulu?.” Dia tahu itu bisa bikin kamu ketawa.

13. Kalian Nyambung

Deep talk via www.flickr.com

Ngomong politik, oke. Film terbaru, ngerti. Bahkan komik favorit pun kalian masih sepaham. Dan masih banyak perihal lain di mana kalian berdua bisa nyambung membicarakannya.

14. Tontonan Kalian Sama

Selara film juga sama via www.eligiblemagazine.com

Selera tontonan itu penting loh. Jika dia doyannya nonton sinetron sementara kamu menikmati acara talkshow di kanal berita kan bisa kacau ketika kalian harus berbagi TV. Namun beda ceritanya jika kamu bisa mengganti-ganti kanal tanpa harus bikin dia merasa berkorban, atau sebaliknya kamu gak keberatan dengan apa yang dia tonton. Itu artinya kalian memiliki selera yang sama.

15. Kalian Saling Cemburu dalam Takaran yang Wajar

Antara kangen dan cemburu via www.logancoleblog.com

Waktu kalian keluar bareng kamu agak risih melihat dia didekati orang lain. Cemburuan dikit sih wajar, itu tanda kalau udah saatnya kalian meningkatkan status menjadi pacaran. Biar dia gak dikejar orang lain lagi.

16. Dia Mulai Suka Menyimpan Barang-Barang Darimu

Uda

Tanpa kamu sadari dia menyimpan banyak barang kamu, katanya sih mau minjam. Tapi gak tahu mau dibalikin kapan dan kamu juga gak keberatan barang itu ada sama dia. Biasanya sih kalau cowok suka minjam buku atau kamera sementara kalau cewek sering “lupa” balikin jaket yang kamu berikan ke dia waktu kedinginan. Mungkin barang-barang itu bikin dia merasa dekat terus sama kamu.

17. Dia Sudah Bisa Memberikan Saran Soal Penampilanmu

Mendadak gaya via crashcoursephotography.com

Kamu ingin selalu terlihat oke saat mau keluar bareng dia? Sama! Dia juga pengen kamu tampil serapi mungkin. Tanpa sadar style kamu meningkat jadi lebih bersih, rapi dan sedap dipandang mata. Itu semua berkat rekomendasi dan saran yang dia berikan padamu.

18. Tiba-tiba Dia Suka Muncul di Otakmu

Tiba-tiba dia muncul di otakmu via simongarnierphoto.tumblr.com

Bahkan ketika kamu ngumpul sama keluarga, teman, dan ditengah gempuran tugas kantor, kamu gak bisa fokus. Karena dia tiba-tiba suka nongol di pikiran kamu.

19. Dia Bisa Mengapresiasi Hal yang Kamu Suka

Aku juga suka anjing via www.flickr.com

Gara-gara kamu suka muterin lagu dari band tertentu, dia jadi ikut suka. Karena dia sering ikut kamu nobar, dia pun jadi mulai paham sama sepak bola. Kamu pun bingangun, tapi jangan sampai kamu menjatuhkan semangatnya dengan bilang seperti, “Katanya kamu gak suka bola…” karena semua itu dia lakukan agar bisa bicara lebih dekat dengan kamu.

20. Dia Sering Memegang Tangan Kamu

Take my hand via www.flickr.com

Kalau cewek mungkin gak berani menggenggam tangan cowok, paling hanya sentuhan kecil tapi tetap mengena di hati cowok. Sementara cowok yang gentle gak segan meraih tangan cewek saat mau menyebrang. Atau saat si cewek ketakutan, mungkin?

21. Kamu Bisa Bikin Dia Tertawa

Kamu bikin dia ketawa via www.flickr.com

Antara kangen dan cemburu via www.logancoleblog.com

Hubungan itu akan selalu berjalan dua arah. Jika kamu dengan mudah bisa tertawa karena polahnya, harusnya kamu juga bisa membuat dia terbahak-bahak.

22. Dia Menuliskan Sesuatu Untukmu

Tulisan sederhana gini nih via loveletters2strangers.com

Bukan SMS apa lagi pesan Whatsapp. Tapi benar-benar menulis sesuatu (dengan tulisan tangan) buat/tentang dirimu, bisa dalam bentuk surat, puisi, lagu atau cerita. Kalau udah sejelas ini, nunggu apa lagi? Tembak aja!

23. Kalian Selalu Ingin Foto Bareng

Pengennya foto berdua via galleryhip.com

Kalian jarang foto berdua, namun kalian selalu ingin berada dalam satu frame yang sama tiap ada kesempatan foto. Curi-curi kesempatan foto bareng teman rame-rame, padahal pengennya foto berdua aja. Setiap foto yang ada kalian berdua di dalamnya adalah harta karun yang tak ternilai harganya.

24. Dia Nggak Ngomongin Cowok atau Cewek Lain

Fokus buat kamu via galleryhip.com

Itu karena dia hanya ingin fokus bersamamu. Dia menutup pintu buat cowok/cewek lain yang berusaha mendekatimu. Dia bahkan segan membicarakan sahabat karibnya yang kebetulan berlawanan jenis.

25. Kamu Mikirin Dia Waktu Baca Artikel Ini

Udah tembak aja via wallpaper-it.com

Mau dikatakan apa lagi? Kesempatannya udah ada. Sinyalnya udah makin jelas. Bawa dia ke kencan yang romantis dan minta dia jadi pacarmu.

Kalau udah jadian, jangan lupa kabarin Hipwee, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya