Ada yang bilang cewek itu seperti teka-teki lah, puzzle lah, atau bahkan labirin. Karena memang cewek makhluk yang unik dan cukup sulit dimengerti. Kalaupun cowok berusaha untuk mengerti, tetap saja ada hal-hal yang rasanya di luar pikiran atau dugaan. Hal-hal yang dianggap sepele oleh cowok, sangat bisa membuat cewek kepikiran sampai galau berhari-hari. Kalaupun ditanya kenapa bisa hal sepele bikin hati seperti bilangan pecahan, jawabannya pasti hanya bikin cowok geleng-geleng kepala.

Ya, namanya juga cewek, kata terserah saja banyak menyiratkan makna. Bilangnya nggak apa-apa, padahal hatinya gundah gulana. Tapi kira-kira hal apa saja ya yang bisa bikin cewek kepikiran, galau dan sedih berhari-hari. Ketahui, biar cowok tak salah sikap atau bingung lagi.

1. Mantan posting sama gebetan baru, padahal bilangnya sudah move on dari masa lalu

Ngintip media sosial mantan via unsplash.com

Advertisement

Biarpun bilangnya sudah nggak peduli dengan mantan. Tapi diam-diam cewek kadang memperhatikan kehidupan mantannya lewat media sosial. Mengingat zaman sekarang semua orang dengan mudah menyebarkan persoalan pribadinya, termasuk mantan yang dengan ringan mengunggah foto dengan gebetan baru. Alih-alih berlalu dari unggahan itu, kamu justru termenung. Entah apa yang diamati, tapi yang pasti pikiran sudah bercabang nggak karuan. Dan masalahnya lihat postingannya sekali, tapi kepikirannya hingga berhari-hari.

2. Saat dibilang gendutan, padahal kenaikan berat badannya nggak terlalu signifikan

Pusing mikirin berat badan via unsplash.com

Selain kulit putih mulus dan rambut tergerai lurus, kebanyakan cewek pun mendambakan bentuk tubuh yang proporsional. Meski nggak harus seperti gitar Spanyol, paling tidak jauh dari kata ‘gendut’. Karena kalau saja sudah ada orang yang bilang, “kok kamu gendutan”, seperti ada mencubit-cubit hati. Nyeri rasanya, karena selama ini sudah berusaha menjaga berat badan, mulai dari nggak makan malam, mengurangi cemilan sampai nggak tidur sehabis makan. Tapi lain ceritanya, kalau kamu bertubuh kurus dan dalam proses penggemukan badan. Kata, “kok kamu gendutan,” serasa angin surga di telinga.

3. Dapat kabar burung kalau cowoknya merencanakan sesuatu seperti jalan-jalan, tapi kamunya nggak dikabarin…

Sebel tapi juga sedih karena nggak diajak jalan via unsplash.com

Perasaan yang halus lah, yang membuat cewek lebih sensitif. Terlebih soal kelalaian cowok pada umumnya, seperti sikap menggampang sesuatu. Dipikiran cowok soal rencananya jalan-jalan bersama teman atau sendirian bukan hal yang harus selalu diberitahu ke ceweknya. Sementara cewek merasa perlu tahu apapun yang dilakukan cowoknya.

Advertisement

Dan persoalan seperti itu akan jadi rumit saat cewek mendengarnya dari orang lain. Cewek mulai berpikir, dirinya tak dianggap penting, lalu mempertanyakan keterbukaan cowoknya, sampai terus muncul kata “kenapa?” yang membuat galau tak karuan. Padahal bisa saja cowoknya lupa atau rencananya memang dadakan, jadi tak perlu memberitahu.

4. Dapat undangan nikah dari teman sejawat, bilangnya senang tapi dalam hati was-was karena status jomblomu sudah akut

Mupeng lihat teman nikah via unsplash.com

Cewek mana sih yang nggak pengen nikah. Mau secuek apapun dan sesibuk apapun, pasti akan ada satu momen dimana dirinya akan memikirkan soal pernikahan. Apalagi kalau teman-temannya sudah banyak yang melangkah ke pelaminan, dan umur sendiri sudah jadi alasan orang-orang bertanya “kamu kapan?”. Galau sudah pasti sering kamu alami. Dan akan lebih parah, kalau tiba-tiba teman sejawatmu sendiri yang sebentar lagi akan menikah. Di satu sisi kamu memang senang, tapi di sisi lain kamu galau setengah mati. Mengingat diri yang masih jomblo, dan tak tahu kepada siapa akan berharap dilamar secepatnya.

5. Pertanyaan sederhana soal penampilan juga bisa sangat menyakitkan. Terutama bila bagian itu dianggap sebagai “kekurangan”

Duh malu kakinya pecah-pecah via unsplash.com

Urusan penampilan memang paling sensitif untuk dibahas. Apalagi kalau itu soal kekurangan. Terlebih kamu yang selama ini terlihat menjaga sekali penampilan. Tapi balik lagi ke kata bijak sepanjang zaman, ‘tak ada manusia yang sempurna’. Namun tak ada orang yang ingin disinggung soal ketidaksempurnaannya.

Seperti kisah seorang cewek di webseries LEMBUR BACUN. Si Bacun yang sedang lembur cuma bertanya “Kakinya kenapa, Mbak?”. Bukannya menjawab, cewek itu malah nangis sesenggukan. Bacun yang sudah gemeteran karena suasana horor kantornya saat malam, jadi makin ketakutan. Memang sedang sial si Bacun. Dia nggak tahu bahwa pertanyaan sepelenya telah menyinggung hati cewek, karena menyentil tepat di kekurangannya.

Penasaran ada apa dengan kaki si cewek? Penasaran bagaimana Bacun melalui lembur pertamanya di kantor yang super horor dan banyak penunggunya? Langsung cek kisahnya di Webseries Horor-Komedi terbaru Kanna “LEMBUR BACUN” yang tayang setiap hari Jumat. Episode satunya sudah tayang lho!

6. Balasan chat dari gebetan atau pacar yang datangnya sudah telat, tanpa emot dan tulisannya singkat

Kok singkat banget balasnya! via unsplash.com

Semua cowok harus menggaris bawahi, bagi cewek balasan chat itu penting sekali. Nggak hanya soal seberapa cepat pesan itu dibalas, tapi juga isi di dalamnya. Cewek akan senang kalau balasannya ada pertanyaan balik yang diajukan atau penuh dengan emot-emot lucu yang jadi patokan bagaimana ekspresi cowoknya di sana.

Tapi kalau saja balasan chat itu sudah lama, tanpa emot dan singkat, cewek pun tak bisa mengerem isi kepalanya untuk tak berpikiran macam-macam. Akan muncul banyak praduga, mulai dari jangan-jangan dia marah, jangan-jangan dia malas dan bosan, sampai jangan-jangan dia lagi sama cewek lain.

Cewek memang ada-ada saja. Hal tak penting, bisa jadi sangat penting. Sementara hal yang penting, kadang bisa jadi nggak terlalu penting dan tak akan membuatnya galau berhari-hari. Jadi kata-kata Ada Band memang harus diamini, “karena wanita ingin dimengerti….”

Advertisement