Cinta memang sulit ditebak. Kamu mungkin bisa merancang kriteria lawan jenis yang kamu sukai. Namun terkadang bangunan kriteria itu seketika runtuh saat kamu jatuh cinta kepada seseorang yang ternyata jauh dari kriteriamu. Kamu pasti pernah bukan? Ya, kamu nggak bisa memilih seseorang yang kamu cintai sebab hati cuma punya satu tolok ukur, ialah kenyamanan.

Begitu halnya dengan ketika hatimu memilih menyukai seseorang yang seharusnya kamu hindari untuk jadi pasangan. Kamu nggak bisa menolaknya, meskipun itu mantan kekasih temanmu sendiri. Ya, cinta memang sukar dipahami. Seseorang yang paling kamu hindari kini telah menjadi pasanganmu sendiri. Untukmu yang baru saja jadian dengan mantan pacar teman sendiri, kamu mesti bersiap untuk menghadapi beberapa hal ini.

1. Hubungan dengan temanmu jelas akan terguncang, tapi tak sampai bertengkar, hanya saja tak bisa sedekat dulu

Renggang via www.unsplash.com

Advertisement

Hal pertama yang pasti terjadi jelas, akan ada kerenggangan hubunganmu dengan temanmu ini. Maka sebelum temanmu tahu bahwa mantannya kini jadian denganmu, ada baiknya kamu persiapkan mental dan penjelasan yang menyangkut hubungan kalian, supaya sedikit memperbaiki keadaan.

Dalam kasus cinta semacam ini, wajar jika temanmu kecewa. Tapi sebisa mungkin kamu jangan menjauh, meskipun sikap dingin kepadamu kadang membuat diri ini tak enak sendiri. Karena menjauhinya sama saja mendeklarasikan ‘perang dingin’ kepadanya. Tapi yang jelas setelah penjelasan ini hubunganmu dengannya nggak akan pernah sama lagi. Kecuali kamu berjuang untuk membangun pertemanan yang baik dari awal lagi, sama seperti dulu.

2. Ada kalanya orang lain menganggapmu sebagai orang ketiga. Mau bagaimana lagi, orang lain kan hanya bisa melihat dari luarnya saja

Cibiran via www.unsplash.com

Semua hubungan memiliki resiko saat dijalani, apalagi hubunganmu yang sedikit luar biasa ini. Pastilah menuai pandangan miring dari orang lain. Meskipun pacarmu sudah lama putus dengan temanmu dan bukan karena kamu penyebab berakhirnya hubungan mereka, pastilah namamu disangkutpautkan kepada penyebab putusnya mereka. Ya, ada kalanya kamu dianggap sebagai orang ketiga. Mau bagaimana lagi, orang lain kan hanya bisa melihat dari luarnya saja, tidak mau tahu kisah yang sesungguhnya.

3. Kamu harus siap dijauhi dari pergaulanmu, khususnya oleh mereka yang masih satu circle dengan mantan pacar kekasihmu. Tapi tenang, sebenarnya mereka cuma butuh penjelasan

Cuma butuh dijelaskan via www.pexels.com

Advertisement

Teman-temanmu yang lain yang masih satu circle denganmu juga berpotensi (sedikit) menjauh darimu saat tahu kamu jadian dengan mantan pacar temanmu. Ini kasusnya sama dengan kekecewaan temanmu saat mantan kekasihnya sekarang jadian denganmu. Semuanya mest dijelaskan duduk perkaranya. Jelaskan bahwa kamu sama sekali nggak merebut dari temanmu, kamu benar cinta kepadanya, dan lain sebagainya. Ingat, jangan malah menjauh dari mereka yang menjauhimu.

4. Selain itu, kamu pasti akan sering mendengar keluhan tentang perasaan yang sama dari pacarmu

Keluhan yang sama via www.unsplash.com

Saat kamu sedang bingung memikirkan bagaimana kamu memperbaiki hubunganmu dengan temanmu dan circle pergaulanmu kamu juga akan dihadapkan dengan keluhan yang sama dari pacarmu tentang masalah yang sama. Ya, gimana lagi sudah menjadi risiko kali ya. Cara menyikapinya ya saling menguatkan dan sharing satu sama lain.

5. Akan datang suatu masa di mana kamu berada dalam situasi canggung saat kamu, pacarmu, dan temanmu bertemu dalam satu momen

Awkward via www.unsplash.com

Saat semuanya sudah baik-baik saja seiring dengan berjalannya waktu, akan ada saat dimana kamu, temanmu dan pacarmu bertemu di satu momen yang sama. Situasi ini pasti akan terasa rikuh saat kamu alami nanti. Nah, sebelum kejadian, ada baiknya kau memikirkan apa yang mesti kamu lakukan pada saatnya momen itu tiba. Biar nggak salah langkah dan merusak hubungan baik-baik antara kamu, pacarmu dan temanmu.

Namanya juga hati, saat kamu sudah berusaha keras untuk menolak cintamu kepada mantan kekasih temanmu, tapi sekeras kamu melawan pasti akan gagal juga. Ini membuktikan seberapa besar cintamu cinta kepada pasanganmu.

Yap, menjalani hubungan dengan mantan kekasih teman sendiri memang memiliki risiko tersendiri. Tapi sebagaimana masalah, harus dihadapi dan diselesaikan. Kuncinya, jangan menghindari mereka yang berubah dingin kepadamu, hampiri dan jelaskan duduk perkaranya. Pasti dia akan mengerti, bahwa cinta sukar diprediksi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya