6 Alasan Masalah Bisa Bikin Hubungan Jadi Lebih Erat. Bersyukurlah Jika Kamu dan Dia Sering Berdebat

Masalah tak selalu buruk dalam hubungan

Masalah dalam hidup memang terkadang terasa menyebalkan karena mengganggu kenyamanan kita. Terlebih kalau masalah itu melanda hubunganmu dengan dia. Bikin tegang dan repot –bahkan kadang sampai drama yang nggak cukup sehari kalian menemukan jalan keluarnya.

Advertisement

Setiap hubungan pasti memiliki masalah. Mengharap hubungan berjalan tanpa adanya masalah sama saja mengharap Vicky Prasetyo tanpa sensasi, sepertinya mustahil. Namun jangan terlalu tegang membicarakan masalah, sebab adanya perdebatan atau pertengkaran dalam hubungan itu nggak sepenuhnya buruk. Sebab kadang masalah justru membuat hubunganmu lebih erat, begini alasannya.

1. Bertengkar menunjukkan bahwa kalian ingin cepat menemui jalan keluar dari permasalahan. Indikasi kalian peduli terhadap hubungan

Peduli terhadap hubungan via www.pexels.com

Masalah memang sumber dari perdebatan atau pertengkaran. Namun jangan melihat dari sisi buruknya, coba lihat dari sisi baiknya. Meski mesti diselesaikan dengan bertengkar, respon cepat kalian dalam menghadapi sebuah permasalahan ini baik untuk hubungan. Ini pertanda kamu dan dia masih sama-sama peduli terhadap hubungan. Bukti kalian masih cinta satu sama lain.

2. Selama semua terselesaikan dengan baik, nggak ada yang salah dari masalah. Justru yang bahaya kalau kalian saling memendamnya saja

Jangan dipendam via www.pexels.com

Mestinya kamu bersyukur dan nggak perlu iri sama pasangan lain yang jarang bertengkar. Nggak semua hubungan yang kelihatan adem ayem itu baik-baik saja. Sebab sudah banyak kasusnya mereka yang jarang bertengkar, sekalinya bertengkar ikatan cinta yang terjalin langsung buyar. Boleh jadi saat ada masalah mereka lebih memilih memendamnya daripada ribut–ribet menyelesaikannya. Inilah yang bahaya sebab sekalinya bertengkar, segala yang unek-uneknya keluar semua.

3. Adanya masalah seringkali membuat dua orang yang sudah jarang ketemu kembali menjalin kontak dan ngobrol lagi seperti dulu

Kembali bertemu via www.unsplash.com

Masalah kerap menjadi awal mula sebuah perdebatan atau pertengkaran. Namun jangan terlalu beranggapan bahwa pertengkaran buruk bagi hubungan. Be positive. Pertengkaran biasanya justru membawa kalian berdua untuk kembali menjalin kontak, kembali ngobrol dan kembali dekat. Temukan solusi dan kembali terikat. Manfaatkanlah momen ini sebagai perekat hubunganmu.

4. Berdebat atau bertengkar membuat kalian mengenal jauh lebih dalam sifat pasangan

Kenal lebih dalam via www.pexels.com

Sifat asli seseorang biasanya muncul saat kesal atau marah. Begitu pun kamu dan pasanganmu. Saat nggak ada apa-apa, mungkin kalian masih bisa jaim dan menahan diri untuk selalu bersikap baik. Lain cerita kalau kalian sedang kesal terhadap pasangan atau ada yang sedang ingin diselesaikan, pasti keluar semua. Nah dari pertengkaran ini kalian menjadi lebih bisa mengenali pasangan kalian jauh lebih dalam.

5. Karena pertengkaran kamu jadi tahu jelas batasan antara mana yang boleh atau nggak boleh dilakukan dalam hubungan

Tahu mana yang boleh dan tidak boleh via www.unsplash.com

Setelah semua pertengkaran berhasil dilewati dan kalian sudah menemukan solusi, ada hikmah yang bisa dipetik dari sana. Yaitu kamu menjadi tahu pandangan pasanganmu terhadap apa yang dia sukai dan nggak sukai, apa yang boleh dan nggak boleh kamu lakukan, dan apa yang membuatnya marah. Dari sini kamu bisa tahu batasan sampai sejauh mana kamu bisa bersikap dan bertindak yang sesuai dengan pasanganmu.

Advertisement

6. Pertengkaran itu mendekatkan. Pasangan yang lolos dari pertengkaran biasanya kembali harmonis dan jari sering ketemuan

Lebih harmonis via www.unsplash.com

Perdebatan atau permasalahan memang membuat suasana hubungan tegang. Ini memang bisa merenggangkan hubunganmu dengan dia. Tapi kalau kalian sudah menemukan solusinya dan telah berdamai satu sama lain, pertengkaran ini membawa berkah.

Sebelum ada masalah, kamu dan dia mungkin jarang bertemu dan mengobrol. Tapi setelah masalah itu datang dan terselesaikan dengan baik, pertengkaran kemarin bisa jadi momentum kedekatan yang lebih dari sebelumnya. Kamu dan dia jadi sama-sama butuh, hingga akhirnya sering ketemuan, jalan. Hubungan kalian jadi makin harmonis.

Sering berdoa minta dijauhkan dari masalah memang baik, tapi kamu juga mesti siap saat masalah itu datang. Sebab pada dasarnya hidup berisi permasalahan-permasalahan yang mesti diselesaikan. Mustahil mengharapkan hubungan tanpa adanya masalah. Dan kamu nggak boleh alergi terhadap masalah, sebab terkadang masalah justru membawa perubahan yang besar bagi keharmonisan hubunganmu dan dia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE