Semakin bertambah dewasanya seseorang umumnya membuat kita menjadi jauh dari keluarga. Penyebabnya beragam, mulai dari merantau untuk kuliah, bekerja, sampai karena kita selalu sibuk dengan urusan sendiri. Semakin dewasa seseorang semakin diiringi dengan semakin bertambahnya hal yang kita pikirkan hingga kadang sampai membuat kita lupa untuk merawat ikatan persaudaraan dengan saudara kandung kita sendiri, baik kakak atau adik kita.

Dalam keyakinan apapun dianjurkan untuk menjaga ikatan tali persaudaraan, terlebih dengan kakak atau kandung sendiri. Anjuran ini bukan tanpa alasan, sebab bagaimanapun juga menjaga kedekatan dengan saudara kandung sendiri membawa kebaikan untuk kita. Nggak percaya? Berikut ini Hipwee akan membeberkan beberapa alasan mengapa semakin dewasa kamu, hubungan dengan saudara harus tetap dijaga.

1. Semenyebalkan apapun kakak atau adikmu di masa lalu, ikatan keluarga yang mengalir dalam darah tetap akan membuat mereka bersedia membantu saat kesulitan menghampirimu

Sedia menolong via www.pexels.om

Advertisement

Apabila kamu memiliki hubungan buruk dengan saudara kandungmu di masa lalu –entah karena dia menyebalkan atau hal lainnya– sejatinya itu nggak boleh kamu jadikan pembenaran untuk membencinya. Bagaimanapun ia tetap saudara kandungmu. Misalnya ia kakakmu, cobalah ingat bagaimana dulu ia kerap membelamu saat kamu terlibat perkelahian dengan teman, menolongmu kala dimarahi ayah, atau meminjamkan uang kala kamu kehabisan uang jajan, dan lain sebagainya.

Di dalam nadinya, mengalir darah kedua orang tuamu. Semenyebalkan-menyebalkannya dia, pastilah dalam lubuk hatinya yang terdalam ia memiliki kasih serupa ibu atau cinta sedalam ayah.

2. Soal kesetiaan jelas nggak perlu diragukan. Ingat, kala temen silih berganti datang dan pergi, bukankah saudara kandung selalu setia berada di sisi?

Loyal via www.pexels.com

Dalam hidup kamu tentu telah mengenal arti kesetiaan dan solidaritas dari pertemanan, tapi teman yang semacam itu terbatas jumlahnya. Coba hitung sudah berapa banyak teman yang tadinya setia dan solid kepadamu namun pada akhirnya meninggalkanmu? Itu nggak berlaku untuk ikatan persaudaraan. Sejauh apapun kamu pergi dan menjauh darinya, kamu akan menemukan dirinya masih sama dengan saat kamu meninggalkannya. Sikapnya nggak berubah, malah justru bertambah dewasa seiring bertambah usia. Soal kesetiaan dan solidaritas jangan lagi ditanya.

3. Menjaga hubungan baik dengan kakak atau adik sama halnya membalas budi atas kebaikan yang telah mereka lakukan di masa lalu

Membalas kebaikan via www.unsplash.com

Advertisement

Lagipula dengan menjaga hubungan persaudaraan sejatinya dengan kamu sedang membalas budi atas kebaikan mereka di masa lalu. Misalnya dengan adikmu, apakah kamu masih ingat bagaimana adikmu rela berbohong demi melindungimu dari amarah ayah, atau bagaimana ia meminjamkan barangnya untuk kamu pakai, atau bantuan lainnya yang tentu kamu sendiri yang lebih hapal.

4. Sejatinya mereka hanya menyebalkan di masa lalu, sedangkan di usia remaja dan saat bertambah dewasa saudara kandung itu sahabat yang paling mengerti kamu

Teman yang seru via www.pexels.com

Saudara kandungmu yang telah lama terpisah kontak darimu tentu sudah menjadi sosok yang berbeda. Dia mungkin sudah lebih dewasa ketimbang yang dulu. Sikap menyebalkannya mungkin sudah berkurang seiring dengan bertambahnya usia mereka. Maka nggak perlu ragu untuk kembali mencoba menjalin komunikasi seperti dulu Percayalah, ia akan menjadi sahabat terbaikmu, jika kamu bersedia menjadi teman baiknnya.

 5. Di saat semua orang suli untuk dipercaya, saudara kandung lah yang bisa kamu andalkan untuk jadi pendengar serta penasehat setia

Teman curhat via www.pexels.com

Nggak cuma bisa kamu ajak nongkrong atau main bareng, kakakmu barangkali bisa kamu jadikan teman curhat yang siap mendengarkan keluh kesahmu. Dengan pengalaman hidupnya yang lebih banyak darimu, tentunya dia bisa jadi pendengar sekaligus pendengar yang baik dari kisah adiknya sendri. Nggak mungkin kan atau kakak menjerumuskan adiknya sendiri? Begitu juga sebaliknya.

6. Mereka juga bisa kamu ajak jalan saat malam minggu, biar nggak merasa kesepian karena status jomblomu yang bikin galau melulu

Malam mingguan via www.unsplash.com

Selain itu, menjalin kembali kedekatan dengan saudara kandungmu yang sempat merenggang juga membawa kebaikan kepadamu di malam minggu. Malam minggumu yang biasa kamu habiskan sendiri (kadang miris karena kesepian), sekarang dengan hubungan persaudaraanmu yang membaik, kamu bisa mengajak kakak atau adikmu sebagai teman malam mingguan. Biar nggak kesepian aja gitu.

Itulah beberapa alasan mengapa semakin dewasa kamu sejatinya hubungan persaudaraan harus semakin dijaga. Bukan hanya karena ia keluargamu semata, melainkan juga karena ikatan dengannya bisa membawa kebaikan untukmu di masa mendatang. Selain itu, merawat hubungan baik dengan kakak atau adik kandung sendiri juga bisa menyenangkan orang tuamu. Dengan semakin akrabnya kamu, mereka akan bahagia karena merasa berhasil mendidikmu dan saudara kandungmu dengan baik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya