Kata orang cewek terlalu tegas bisa membuat cowok takut, dan akhirnya mundur. Ada juga yang merasa ketegasan ini bukti sosokmu nantinya akan dominan dalam hubungan. Masih banyak lagi komentar yang datang menanggapi, bahkan rasanya menyudutkanmu. Seolah ketegasanmu ini sesuatu yang kurang baik dan harus dihilangkan.

Padahal tak ada yang salah dari sikapmu. Justru setiap cewek harusnya punya ketegasan itu. Bukan untuk membuat pribadimu terlihat lebih dominan dari pasangan. Tapi supaya cowokmu sendiri tak bisa bersikap seenaknya ke dirimu. Setidaknya ada beberapa alasan masuk akal yang Hipwee uraikan di artikel kali ini. Alasan yang membuatmu tak ragu bersikap tegas mulai dari sekarang!

1. Tegas bukan berarti terlihat judes atau galak, tapi kamu punya pendirian yang membuat orang lain segan

tegas tak selalu judes ataupun galak via unsplash.com

Orang sering keliru melihat ketegasanmu, menyamakannya dengan sikap judes atau galak. Nyatanya orang yang tegas bisa saja terlihat ramah, kalem, dan cenderung punya pembawaan yang tenang. Untuk urusan pemikiran kamu memang sosok yang cukup keras kepala. Tapi dari sini, pendirian dipertaruhkan untuk membuat orang lain segan dengan sosokmu.

Segan dalam arti orang tak bisa seenaknya mempengaruhi segala keputusanmu, termasuk pasangan. Kamu ingin orang lain tahu segala keputusan yang menyangkut dirimu sendiri, ya seutuhnya ada di tanganmu. Orang hanya berhak memberi masukan, tapi tak perlu memaksakannya ke kamu.

2. Kamu tak harus mengiyakan ucapan pasangan, sebab prinsipmu hubungan itu soal menyatukan pandangan

Advertisement

hubungan yang sehat itu saling menyamakan pandangan via dylandsara.com

Kenapa sih susah banget bilang “iya”?

Karena buatmu, dalam hidup ini kata “tidak” perlu sesekali kamu pakai. Bukan untuk menolak secara mentah-mentah, tapi kamu ingin orang lain juga pasanganmu menghargai pandanganmu. Terlebih dalam suatu hubungan yang katanya tak boleh ada dominasi. Semua harus berdasarkan kesepakatan bersama. Seperti halnya ketegasan yang mempengaruhi prinsipmu dalam menjalani hubungan. Di mana hubungan yang sehat harusnya mengedapankan proses dalam menyatukan pandangan kamu dan dia.

Pikiran dan perasaan kalian boleh berbeda. Tapi akhirnya perbedaan itu melebur, menjadi jalan tengah untuk menjalani hubungan yang ada.

3. Bukan tak ingin diatur, tapi ketegasanmu ini ada karena kamu ingin orang lebih menghargai usahamu sendiri

kamu ingin orang menghargai usahamu via unsplash.com

Nggak heran sulitnya bilang “iya” membuat kamu pun dicap membantah dan tak bisa diatur. Padahal nyatanya, kamu hanya ingin orang tak terburu mengatur-ngatur dirimu. Kamu ingin orang melihat dulu usaha yang dilakukan olehmu.

Toh sudah sedewasa ini, kamu sendiri paham hal mana yang baik dan tidak, atau mana yang harus dilakukan atau tidak. Kamu paham bagaimana harusnya mengatur dirimu sendiri. Kalaupun kamu membuat kesalahan dari usahamu sendiri, ya itu sudah jadi risiko yang harus dihadapi.

4. Ada saatnya ketegasanmu ada dalam wujud perhatian, seperti saat meminta cowokmu tak memforsir dirinya untuk pekerjaan

di balik sikap tegas kadang ada perhatian via dylandsara.com

Kamu udah sering makan telat, dua hari kemarin begadang terus. Pokoknya malam ini kamu harus istirahat! Nggak usah hubungin aku, kalau kamu begadang lagi….

Kok kamu marah?

Bukan marah, tapi aku sebel kalau kamu nggak bisa jaga kesehatan

Kamu seperti cewek pada umumnya yang mudah terbawa perasaan kalau sudah khawatir. Dia mungkin menganggapmu ngambek atau marah. Padahal sikapmu ini murni bagian dari perhatian. Kamu berusaha tegas mengingatkannya, supaya kesehatannya sendiri tetap bisa dijaga.

Cowok harusnya bersyukur memiliki cewek tegas dalam hal perhatian. Sebab bagaimanapun juga, cewek ini ingin selalu jadi yang terbaik sebagai pendamping.

5. Saat menghadapi masalah dalam hubungan, kamu tak akan mudah menyerah dan tahu bagaimana bersikap

kamu tahu harus bagaimana menghadapi masalah via unsplash.com

Mau seberat apapun masalah yang datang, kamu yang tegas nggak akan pernah menyerah pada keterpurukan. Sekalipun kamu seorang pribadi yang melankolis, sensitif, dan gampang menangis, tetap saja bisa menghadapi masalah dengan sangat tenang. Sesekali kamu akan merenung dengan kesedihan. Tapi setelahnya, kamu tahu harus bagaimana bersikap. Begitu pula saat masalah mendatangi hubungan kamu dan dia.

Kamu tak akan ragu menyudahi hubungan kalau saja, cowokmu ini selingkuh. Kamu tak akan segan menegur orang lain yang mencoba menghasut atau mencapuri hubunganmu. Kamu sendiri berani mengkritik pasangan saat memang dia salah tapi bersikeras merasa benar. Tapi jangan salah, meskipun tegas dan terkesan galak, kamu tetap pribadi sabar yang selalu punya maaf.

6. Diam-diam ketegasanmu membuat pasanganmu terus penasaran, kamu tak membiarkan dirimu langsung jatuh ke pelukan

ketegasanmu membuatnya terus penasaran via dylandsara.com

Cewek ini seperti halnya burung kolibri, yang tak akan membiarkan dirinya jatuh dalam buaian nektar. Ketegasan seperti halnya kepakan sayap yang membuatnya selalu terjaga.

Tak heran butuh usaha ekstra untuk bisa menaklukkan cewek tegas sepertimu. Sekalipun kamu sudah menjadi pasangannya, tetap saja dia tak bisa seenaknya memperlakukanmu. Sebab kamu selalu punya batasan dalam menjalani hubungan yang sekarang. Membuatnya terus penasaran, sampai akhirnya dia sendiri belajar bagaimana seharusnya memperlakukanmu dengan tetap membuatmu dihargai sebagai pasangan dan seorang wanita.

Kalaupun ada cowok yang menjauh karena sikap tegasmu, tandanya memang dia punya niatan tak baik saat menjalin hubungan denganmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya