Menjalani hubungan dengan komitmen pernikahan tentu nggak gampang. Pasti ada saja aral rintang yang menghadang. Kamu boleh berbahagia telah berhasil mempertahankan hubungan hingga tahun ke-3 atau ke-4, tapi kamu tetap harus membumi dan berhati-hati sebab banyak kasus membuktikan lamanya pacaran nggak menjamin sampai ke pelaminan.

Untukmu yang sedang hubungannya sedikit terguncang, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya seperti sedia kala. Berikut beberapa sikap yang tanpa disadari bisa membuat hubungan percintaanmu bertahan. Daya dan upaya ini sebaiknya dilakukan sebelum semuanya berantakan

1. Perbaiki pola komunikasi dengannya, chat nggak hanya bertanya sedang apa dan di mana, tapi coba buat obrolan seru

Perbaiki komunikasi via www.pexels.com

Advertisement

Pasangan yang sudah lama menjalin hubungan biasanya jarang chattingan. Ini bisa disebabkan banyak hal; kesibukan kerja, sudah sama-sama hafal kebiasaan, sudah sering ketemu, hingga bosan. Tanpa disadari berkurang intensitas bertukar kabar ini sedikit bisa merenggangkan hubungan.

Kebiasaan buruk ini jangan dibiarkan lama-lama sebab bisa menghilangkan ritme komunikasimu dengan pasangan. Nanti malah klama-lama kamu kalau kamu punya pacar (udah jarang ketemu, jarang chattingan). Untuk memulihkannya cobalah untuk membiasakan chattingan lagi seperti masa pendekatan, saling bertukar chat manis nan lucu sepertinya bisa menyenangkan.

2. Jujur tentang semua hal. Meski menyakitkan, blak-blakan tetap satu-satunya cara untuk membuatnya tahu yang kamu rasakan dan inginkan

Kejujuran adalah salah satu aspek penting dalam sebuah hubungan. Seringkali hanya karena takut pacar marah atau ngambek, kamu menghindari kebenaran alias berbohong. Nah kalau kamu ingin hubungan yang langgeng, ini mesti kamu hindari sebab lama-kelamaan pasti bau busuk kebohonganmu akan tercium. Ia bisa mengancam kelangsungan hubungan.

Advertisement

Maka mulai dari sekarang, belajarlah untuk selalu bersikap jujur. Katakanlah kebenaran kepada pacarmu meskipun  kamu tahu akan dimarahi olehnya –sudah konsekuensinya. Karena dengan blak-blakan ia jadi tahu yang kamu rasakan dan mengerti apa yang kamu butuhkan.

3. Kurangi ego diri dan jangan gengsi mengakui kesalahan. Terkadang pertengkaran bermula karena ada yang mementingkan diri sendiri

Kurangi ego via www.pexels.com

Semakin bertambahnya usia seseorang terkadang semakin menambah ego mereka. Semakin tua seseorang terkadang semakin membuat dirinya malu mengakui kesalahan. Masalah ego inilah yang sering kali menjadi awal mula pertengkaran dalam hubungan. Kalau merasa semakin ke sini hubunganmu semakin sering renggang, maka mulailah belajar untuk menahan diri. Kalau kamu ingin hubunganmu terus langgeng dengannya maka jangan malu untuk mengakui kesalahan.

4. Cobalah untuk lebih menghargai pendapat pasangan, dengan mengurangi bicara dan perbanyak mendengarkan

Hargai pendapat pasangan via www.unsplash.com

Hubungan butuh keseimbangan. Terkadang memang kamu butuh memperjuangkan pendapat sendiri, namun adakalanya kamu mesti mendengarkan pendapat pasangan. Bagaimanapun hubungan dibangun dari dua insan,  dua keinginan yang melebur jadi satu. Maka dari itu agaknya sesekalipenting untuk menahan diri bicara dan biarkan pasangan untuk berpendapat. Siapa tahu pendapat dia lebih baik untuk kelangsungan hubunganmu

5. Ubah kebiasaan yang sering memicu pertengkaran. Gantilah dengan melakukan hal-hal baru yang menyegarkan hubungan

Bongkar kebiasaan lama via www.pexels.com

Kalau kamu sudah jenuh dengan hubunganmu yang dipenuhi pertengkaran melulu maka sudah menjadi keharusan kamu melakukan perubahan, baik perubahan diri maupun perubahan cara menyikapi hubungan. Perubahan diri bisa diawali dengan berhenti melakukan kebiasaanmu yang nggak disukai oleh pasangan. Sedangkan perubahan cara menyikapi pasangan bisa dilakukan dengan mecoba hal-hal baru dengan pasangan sebab barangkali kejenuhanmu diakibatkan karena rutinitas pacaranmu yang monoton.

6. Berilah kejutan-kejutan kecil yang sudah lama nggak kamu berikan kepada pasangan

Berikan kejutan via www.pexels.com

Semakin lama pacaran memang membuat kamu atau pasangan sudah sama-sama saling percaya. Namun untuk tetap merawat hubungan baik, nggak ada salahnya kamu melakukan hal-hal lain yang sekiranya bisa semakin mempererat ikatan. Salah satunya dengan memberikan kejutan-kejutan kecil untuknya.

Meski dia nggak pernah meminta, tapi kejutan sangat berarti untuk membuatnya tetap percaya bahwa ada kamu –sosok yang selalu memperhatikannya dan mencintainya dengan setulus hati. Nggak perlu kejutan  yang muluk-muluk, ketulusan lebih berarti dibandingkan wujud barang.

Itulah beberapa hal kecil yang tanpa disadari bisa membuat hubunganmu bertahan jikalau kamu mau memperhatikannya. Hubungan yang telah terjalin lama akan sayang bila berhenti di tengah jalan, entah karena pertengkaran atau hanya sekadar bosan. Usiamu sudah nggak muda lagi, nggak ada lagi waktu untuk mencari sosok baru (belum tentu lebih baik). Maka dari itu menjaga hubungan yang sekarang agar bertahan hingga peaminan adalah jalan yang paling masuk akal untukmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya