Tak ada yang bisa menjamin bahwa hubungan yang sudah lama terjalin dengan pasangan itu hubungan yang bahagia. Karena memang lamanya hubungan itu tak bisa menjadi patokan kebahagian tiap individu. Meski kamu dan pasanganmu sudah lama bersama, bisa jadi hubungan kalian berjalan monoton dan tak berkembang. Kalau sudah begitu, nyamankah kamu dengan hubungan yang begitu-begitu saja?

Daripada menjalani hubungan yang monoton pada level pacaran anak sekolahan, bukankah kamu dan pasanganmu lebih baik mulai mempersiapkan untuk menjalani hubungan yang serius dan saling membahagiakan? Buat kamu yang ingin hubungannya naik level, kamu wajib mencoba menerapkan beberapa hal sederhana ini dalam hubunganmu.

1. Saling meminta pendapat dalam berbagai hal juga sesekali perlu kamu lakukan. Hubungan yang positif bisa bermula dari sana

Meminta pendapat pasangan itu perlu

Meminta pendapat pasangan itu perlu via youtube.com

Advertisement

Jangan pernah ragu untuk meminta pendapat pasanganmu dalam berbagai hal. Mulai dari hal sederhana sampai hal yang menurutmu penting, sebaiknya kamu mencoba berkomunikasi dan meminta saran dari pasangan. Dengan begitu, akan ada rasa percaya dan rasa dihargai yang muncul di hati pasanganmu. Selain itu, kalian juga bisa saling mengerti masalah satu sama lain yang selama ini saling ditutupi. Hubungan positif yang saling menguatkan bisa bermula dari situ!

2. Berbagi cerita dengan pasangan itu perlu demi menjaga keharmonisan. Namun kamu tak perlu membuka semua hal soal hidupmu kalau belum waktunya

Jangan ungkap rahasia sebelum waktunya

Jangan ungkap rahasia sebelum waktunya via mydaintyheart.tumblr.com

Dalam hubungan, berbagi cerita dengan pasangan itu perlu untuk dilakukan demi menjaga keharmonisan. Hanya saja, kamu tetap perlu menjaga batasan soal apa saja yang kamu bagi dengan pasanganmu. Meski dia pacarmu, tapi kamu tetap harus menjaga rahasiamu. Iya sih kamu tetap harus bilang kepadanya, tapi jangan mengungkapnya dengan gegabah di saat yang tidak tepat. Alih-alih dia mau menerima, bisa jadi malah akan timbul masalah.

3. Tak perlu saling mengekang. Justru dengan lebih memberi ruang kepada pasangan, hubungan kalian bisa lebih berkembang

nggak perlu saling mengekang

nggak perlu saling mengekang

Jangan pernah mengekang pasanganmu dengan alasan apapun karena itu bisa membuat hubungan kalian perlahan rusak. Daripada mengekang, justru dengan memberi ruang pribadi hubungan kalian bisa jauh berkembang. Biarkan dia hidup dengan dunianya dan menggapai mimpinya tanpa kamu campuri urusan pribadinya. Dengan begitu akan muncul rasa dihargai dari pasanganmu. Hubungan yang kamu jalani bakal jadi jauh lebih bahagia karena pasti akan muncul juga rasa saling percaya.

4. Syukuri apa yang kamu miliki sekarang. Memberi apresiasi pada pasangan adalah salah satu caranya

Kasihan pasanganmu kalau kamu nuntut mulu

Kasihan pasanganmu kalau kamu nuntut mulu via khum.com

Advertisement

Ada banyak pasangan yang dengan dalih ingin pasangannya berubah, dia menuntut banyak hal dari pasangannya. Hal itu sebaiknya kamu jauhi demi menjaga awetnya hubungan. Daripada menuntut lebih dari pasanganmu, bukankah lebih menyenangkan jika kamu mau menerima dan menghargai apa yang suda dia lakukan demi kamu? Ketika pasanganmu melakukan sesuatu untukmu, itu tandanya dia sudah cinta. Kamu hanya perlu menghargai usahanya agar cintanya semakin kuat kepadamu.

5. Wajar jika pasanganmu pernah melakukan kesalahan. Memaafkan jadi satu-satunya cara yang melegakan

memaafkan kadang melegakan

memaafkan kadang melegakan

Namanya juga manusia, wajar jika dia pernah melakukan salah. Kamu tak perlu membesar-besarkan perkara selama dia sudah meminta maaf dan tak lagi mengulangi. Susah sih memang jika harus begitu saja memaafkan kesalahan pasanganmu. Namun jika kamu memang ingin hubunganmu naik level, coba deh mendengar penjelasannya. Kalau masuk akal, maafkan! Dengan begitu dia akan merasa kamu benar-benar mencintainya dan berpikir dua kali untuk melakukan kesalahan yang sama.

6. Kalian tak lagi dirisaukan oleh jarak. Justru hal ini makin mendewasakan kalian

Sesekali meluangkan waktu buat pasanganmu

Sesekali meluangkan waktu buat pasanganmu via justifiedgrid.com

Dalam tahap hubungan yang lebih dewasa, berjauhan harus jadi konsekuensi yang kamu terima. Jika kamu dan pasangan bisa mengatasi jarak yang terbentang dengan sikap dewasa, maka tak diragukan lagi hubunganmu dan dia sebentar lagi akan naik level.

Bagi kalian hubungan bukan cuma soal berpegangan tangan atau berangkulan sembari berjalan di mall, namun lebih dari itu, kini hubungan bagi kalian adalah mau tetap saling mendoakan meski kebersamaan kini menjadi barang langka.
Karena kalian sudah menjalin hubungan sedari dulu, mencoba menaikkan level hubungan itu perlu. Itung-itung persiapan menuju hubungan serius dalam ikatan pernikahan. Selamat mencoba ya. Semoga hubungan yang kalian jalani semakin bahagia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya