Kita sering beranggapan kalau mau memiliki hubungan yang langgeng, kita hanya memerlukan rasa cinta, setia, dan pengertian di setiap kondisinya. Padahal untuk menjalin sebuah hubungan yang lebih dewasa lagi, kita juga dituntut untuk bisa saling menghargai satu sama lain.

Menghargai pasangan pun sebenarnya tak sulit. Tak perlu muluk-muluk dengan sering memberi janji. Cukup lakukan hal-hal sederhana ini.

1. Dengarkan setiap dia menceritakan keluh kesahnya. Dia akan merasa dihargai, karena kamu yang selalu ada untuknya

cobalah untuk mendengar

cobalah untuk mendengar via nouba.com.au

Advertisement

Mendengarkan, mungkin terdengar remeh dan mudah. Tapi justru hanya dengan mendengarkan, kamu akan membuatnya menjadi orang paling berharga untukmu.

Tunjukkan kalau kamu memang menghargai pacamu, mulai dari hal-hal sederhana seperti mau mendengarkan dia dan mulai untuk lebih memahaminya. Beri dia waktu bicara, entah itu seputar kesehariannya atau ketika dia sedang berkeluh kesah. Fokuskan perhatianmu dengan cara tidak memotong apa yang dia bicarakan, atau sibuk dengan gadget. Dia sedang tak butuh banyak hal, dia hanya ingin kamu yang bersedia mendengarkan yang menjadi keluh kesahnya.

2. Memberi apresiasi setiap kali dia berhasil dalam pencapaiannya. Kamu sudah cukup membangkitkan semangatnya

tak ada salahnya memuji sesekali

tak ada salahnya memuji sesekali via nouba.com.au

Masakan kamu makin enak deh, Sayang.

Masa sih, Yang?

Iya, enak kok. Semangat terus ya belajar masaknya.

Advertisement

Merasa dihargai oleh pacar tak melulu dengan hadiah atau kata-kata gombal. Cukup dengan pujian nan tulus dan bisa menyemangati, akan jauh terasa lebih ngena di hati. Karena setiap apresiasimu atas pencapaian yang dia dapat, akan membuat dia makin semangat menjadi orang yang lebih baik dari sekarang.

3. Tak perlu banyak mengekang, biarkan dia berteman dan memiliki pergaulan yang luas. Kalian sudah sama-sama dewasa, tentu tahu batasan

jangan mengekangnya hanya untukmu

jangan mengekangnya hanya untukmu via nouba.com.au

Masa muda, masa dimana kamu bisa berteman dengan siapa saja dan memperluas pergaulanmu. Begitu juga dengan pasanganmu. Memang kalian adalah sepasang kekasih, tapi bukan berarti kalian berhak saling mengekang dan melarang satu sama lain untuk tidak berteman dengan orang-orang tertentu, hanya karena ingin menghargai perasaan pacar.

Justru menghargai yang sebenarnya adalah dengan mempercayai bahwa walaupun pacarmu memiliki pergaulan yang luas dan berteman dengan siapa saja, dia tidak akan mengkhianatimu.

Jangan saling membatasi, karena kalian pun sama-sama telah dewasa. Tentu tahu mana yang baik dan buruk. Menghargai perasaan pacar juga bukan dengan cara membatasi pergaulan, tapi dengan cara memberikan kepercayaan sebaik-baiknya.

4. Biarkan pacarmu punya privasinya sendiri. Dia bukan tahanan yang wajib lapor setiap hari

biarkan dia dengan prifasinya sendiri

biarkan dia dengan prifasinya sendiri via nouba.com.au

Tetap menjaga privasi masing-masing itu penting, sekalipun kamu dan pacarmu sudah memutuskan untuk berkomitmen lebih serius lagi. Kedekatan kalian juga masih memiliki batasan yang mesti dihargai.

Kamu memang kekasihnya, tapi bukan berarti kamu berhak untuk mengutak-atik ponselnya, membongkar rahasia masa kecilnya di depan umum, atau membicarakan masa lalunya. Dan lagi, dia juga bukan tahananmu yang wajib lapor setiap hari bukan?

5. Tak memintanya untuk berubah menjadi seperti orang lain. Biarkan dia nyaman dengan menjadi diri sendiri

jangan memintanya agar seperti orang lain

jangan memintanya agar seperti orang lain via nouba.com.au

Menerima seseorang sebagai pacar memang mengajarkan kita untuk mau menerima baik buruknya, bukan kemudian membanding-bandingkan dia dengan masa lalu atau dengan orang lain. Membanding-bandingkan saja kita tak berhak, apalagi menuntut untuk berubah seperti apa yang kita inginkan.

Kalau ingin mengubah seseorang, ubahlah jadi seseorang yang lebih baik. Bukan mengubahnya seperti orang lain. Hargai apa adanya dia, yang jadi kelemahan dan kelebihannya.

6. Melibatkan dan meminta sarannya untuk rencana masa depan tak sekadar membuatnya merasa dihargai, tapi juga dianggap kehadirannya

ajak dia bicarar dan minta saran padanya

Ajak dia bicara dan minta saran padanya via nouba.com.au

Kadang cukup melibatkan dia dalam rencana masa depan yang kamu miliki, adalah bentuk penghargaan yang paling tinggi. Tak hanya membuat dia merasa dicintai, tapi juga dihargai. Itu akan membuatnya merasa bahwa kehadirannya dalam hidupmu memang begitu penting.

Belajar menghargai orang lain itu tidaklah sulit, asalkan kita mau belajar untuk memahami lebih jauh lagi. Karena bisa saling menghargai adalah salah satu bukti bahwa hubunganmu dibangun atas sebuah kedewasaan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya