Kemajuan teknologi memang memungkinkan kamu berkenalan dengan siapa pun dari belahan bumi mana pun. Di satu sisi memberi keuntung untuk menambah lingkaran pertemananmu, namun di sisi lain ada kalanya kamu perlu berhati-hati. Kita tidak akan bisa sepenuhnya memahami bagaimana karakter orang hanya dengan jejak digital dan bagaimana perlakuannya padamu lewat dunia maya.

Bertemu orang melalui dunia maya juga nggak bisa dimungkiri bisa memperluas kesempatanmu untuk mendapatkan tambatan hati. Tapi, kamu perlu tahu bahwa nggak semua hal di dunia maya bisa kamu bawa serius. Meski sudah banyak yang berhasil menemukan jodohnya dengan dimediasi media sosial dan aplikasi kencan daring, nggak sedikit juga yang kemudian gagal dan merasa tertipu. Bahkan beberapa kasus justru menghantarkan seseorang jadi korban kriminalitas. Kali ini Hipwee Hubungan akan membantumu memantapkan diri untuk benar-benar menemui seseorang dari dunia maya secara nyata.

1. Pastikan dulu kalau kamu benar-benar ingin menemuinya secara langsung, tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun

Advertisement

Kali ini, percayailah firasatmu. Jika benar-benar sudah ingin menemui seseorang yang kamu kenal lewat dunia maya, kamu harus mantap. Jangan sampai ada perasaan tidak enak atau paksaan dari pihak lain untuk saling bertemu. Karena tentu percuma jika kamu berkencan dengan seseoranag yang sebenarnya nggak ingin kamu temui. Pertemuan kalian justru akan kaku dan penuh kepalsuan.

2. Cek lagi, apakah obrolan kalian lewat chatting sudah nyambung? Menemui orang yang obrolannya sama sekali kamu nggak ngerti juga bikin keki kan?

Biar bisa memposisikan diri. via www.pexels.com

Pikirkanlah kembali, setelah bertatap muka tentunya kalian membutuhkan intermeso untuk memecah kecanggungan. Kalau di antara kalian dari awal sudah nggak nyambung, tentu akan susah banget menghadapi situasi canggung saat pertama kali bertemu. Pastikan kalau kalian saling nyaman dalam berbicara dan mengungkapkan perasaan.

3. Ketahui persis beberapa akun media sosialnya, jangan cuma satu ya! Dari sini kamu bisa mengira-ngira bagaimana karakternya dan lingkungan pertemanannya

Pasti punya teman nongkrong dan seru-seruan kan? via unsplash.com

Bukannya menjustifikasi seseorang dari media sosialnya, namun normal seseorang pasti punya lebih dari satu akun medsos yang aktif. Setidaknya jika dia aktif bermedia sosial, dia bukanlah orang yang ketinggalan zaman dan suka larut dalam problematikanya sendiri. Melihat beberapa media sosialnya kamu jadi mengerti bagaimana hubungannya dengan teman-teman aslinya. Masa sih nggak punya teman satu tongkrongan yang hobi foto-foto dan tag di medsos?

4. Jangan berharap terlalu jauh dulu pada hubungan yang serius. Kalian butuh waktu untuk memantapkan lagi semua itu

Terkadang sesuatu yang instan itu nggak sehat, sayang. via unsplash.com

Advertisement

Bagaimana pun, hubungan yang sedang kalian jalani belum benar-benar jadi hubungan yang ‘nyata’. Setelah bertemu dan berkenalan cukup jauh nanti, barulah kamu memiliki indikator penilaian lebih banyak. Jangan terburu-buru berharap pada hubungan yang serius dengan orang yang kamu temui di dunia maya. Kita tidak akan pernah tahu apa tujuan seseorang sebenarnya. Apakah hanya ingin berkenalan untuk berteman, untuk berpacaran, atau bahkan hanya ingin manis-manisnya saja. Persiapkan dirimu untuk semua kemungkinan, ya!

5. Berusahalah menampilkan dirimu apa adanya agar dia dan kamu nggak saling kecewa

Terus-terusan jaim nggak akan menolongmu. via www.pexels.com

Ada baiknya gambarkan dirimu dengan apa adanya pada siapa pun yang kamu temui di dunia maya. Kamu juga tak perlu ragu untuk menanyakan apakah orang yang sedang berkomunikasi dengan juga menampilkan citra diri mereka apa adanya di dunia maya. Semakin jujur kamu dengan dirimu dan orang lain maka semakin tidak canggung kalian saat bertemu. Karena sudah tidak ada lagi ekspektasi berlebihan dari masing-masing pihak.

6. Beritahukan teman terdekat ke mana kamu akan pergi dan pukul berapa akan kembali. Bukan berburuk sangka, tapi waspada juga perlu kan?

Jangan langsung ketemuan di kamar hotel ya, Beb! via unsplash.com

Tidak perlu malu untuk bercerita pada teman dekat jika kamu hendak menemui seorang kenalan dari dunia maya. Beritahukan kapan dan dimana kalian akan bertemu dan pastikan kalau temanmu akan terus mengawasimu jika sewaktu-waktu kamu tak kembali. Bukannya berburuk sangka sih, namun kita tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi. Jamak terjadi kriminalitas dengan kedok pertemuan dari dunia maya. Setelah tahu betul siapa yang kamu temui dan yakin betul dia merupakan orang yang tidak akan macam-macam, barulah kamu tidak perlu memberitahukan siapa pun tentang hubungan kalian jika itu yang kamu mau.

Menghadapi kemajuan teknologi komunikasi memang tak memerlukan skill khusus, semua orang bisa menjalaninya. Namun nggak semua orang bisa bijak menyikapi apa yang akan terjadi. Waspada dan pikirkanlah segala kemungkinan agar tak menyesal nantinya. Tentu harapannya, kamu akan menemukan seseorang yang kamu senangi, baik untuk jadi sahabat atau pasanganmu kelak. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya