Tidak ada hubungan yang tak diterpa cobaan. Semua pasangan pasti mengalami masalah dalam hubungannya. Alasannya pun juga beragam, mulai dari perkara prinsip sampai hal-hal remeh dalam keseharian yang seakan mustahil bisa merusak ikatan kalian.

Tanpa sadar masalah yang muncul dalam hubungan bisa jadi berasal dari dirimu sendiri. Berharap bisa menjalani masa depan bersama dia yang kamu ingini, sayangnya hubungan kalian malah kandas begitu saja. Nah, agar hubunganmu tak berakhir sia-sia, ini lho 6 kebiasaan remeh yang sebenarnya harus berhenti kamu lakukan sekarang juga.

Saling perhatian memang perlu. Tapi perhatian yang berlebihan darimu justru membuat dia muak dan meninggalkanmu

Perhatian itu perlu, tapi jangan berlebihan via sweetdreamsarmadeofcheese.tumblr.com

Demi hubunganmu yang langgeng, perhatian kepada pasangan jelas penting untuk kamu lakukan. Tapi jangan sampai perhatianmu berubah jadi berlebihan. Perhatian yang berlebihan berpotensi membuat pasanganmu jadi muak dengan segala tindakanmu. Alih-alih membuat dia bahagia, kebiasaan memberi perhatian yang berlebihan justru akan membuat dia jenuh. Pada akhirnya, keinginan untuk mengakhiri hubungan adalah yang akan terlintas dalam benaknya.

Kebiasaan memberi hadiah bisa berubah jadi bencana. Perlahan kamu bakal tersiksa karena tanpa sadar membuat dia jadi manja

Ngasi kado itu baik. Tapi… via www.huffingtonpost.ca

Advertisement

Sama halnya dengan memberi perhatian, memberi hadiah untuk dia yang kamu sayang juga jangan sampai berlebihan. Bukan berarti tak boleh, namun memberinya perhatian yang berlebihan justru akan membuatmu kesusahan sendiri. Memberi hadiah terus-menerus berarti memanjakan dirinya. Jika dia sudah terbiasa dimanja, maka seterusnya dia akan bersikap seperti itu padamu.

Tapi, bukan berarti kamu hanya perlu mempedulikan diri sendiri. Kebiasaanmu ini dijamin bikin dia tak ragu memilih pergi

Bodo amat sama orang lain! via tumblr.com

Fokus pada satu hal memang harus kamu lakukan jika ingin apa yang kamu kerjakan membuahkan hasil yang maksimal. Namun dalam urusan hubungan, kamu juga dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap pasangan. Kamu sudah tak menjalani semuanya sendiri. Cobalah untuk menumbuhkan kepekaan pada pasangan agar hubungan kalian berjalan nyaman.

Jangan menggantungkan segalanya pada pasangan. Lama-kelamaan dia akan menganggapmu tak layak dipertahankan

Jangan terlalu menggantungkan segalanya pada pacarmu via you-ar3-my-heavenn.tumblr.com

Karena sudah kebiasaan melakukan banyak bersama pasangan, kamu jadi susah mandiri dan mulai menggantungkan dirimu pada pasanganmu. Kamu wajib waspada dengan hal tersebut jika tak ingin dia menjauh darimu. Ketika kamu sudah jadi tergantung dengan pasanganmu, dia akan memandangmu selaku beban yang akan berimbas pada munculnya rasa jenuh dan malas saat bersamamu.

Pasanganmu butuh untuk didengar. Jangan cuek pada apa yang dia inginkan

Jangan egois lah via cosmopolitan.com

Egois memang sudah menjadi sifat manusia sejak zaman dahulu kala. Namun saat kamu sudah memiliki pasangan, coba deh kurangi kebiasaan egoismu. Mulailah aktif menanyakan apa yang pacarmu inginkan dan cobalah mendengar pendapatnya untuk masalahmu. Dengan begitu dia akan merasa dihargai dan merasa nyaman menjalin hubungan bersamamu.

Memilih diam dan menyelesaikan masalah sendiri memang boleh saja. Tapi jangan abaikan dia yang sebenarnya bisa diajak berbagi bersama

Bicarakan, jangan cuma diam via www.kitamuda.id

Kamu yang masih suka menyimpan masalahmu sendiri dan menguburnya dalam-dalam harus mau untuk berubah. Kamu tak sendiri dalam menjalani hubungan ini. Kalau kamu punya masalah, kamu bisa bercerita kepada pasanganmu. Jika kamu malah memendamnya sendiri, bisa jadi akan timbul rasa curiga dalam hatinya yang berakibat hilangnya rasa saling percaya. Ujung-ujungnya hubungan kalian hanya akan menyisakan rasa sesak dalam dada.

Kalau ingin hubunganmu awet dan nyaman bersamanya, mulailah untuk mencoba memahaminya. Jika kamu sudah yakin dengan pasanganmu sekarang, coba deh hilangkan kebiasaan-kebiasaan di atas dari hidupmu. Semoga hubungan kalian makin awet, ya! 🙂