Meski sekadar pacaran, yang namanya menjalin hubungan mesti penuh dengan pertimbangan dan keseriusan. Karena urusannya dengan hati, maka nggak bisa main-main. Sebab hati itu rapuh, terlukai sedikit kadang lama pulihnya. Pedihnya apalagi, nggak bisa sekonyong-konyong hilang.

Patah hatiĀ adalah momen yang sulit dilupakan oleh ingatan maupun perasaan. Saking sakitnya bahkan kadang bisa membuat orang nggak percaya lagi terhadap cinta. Hatinya sudah rapuh. Butuh waktu untuk menyembuhkan luka dalam dada. Dan pada momen inilah baiknya kamu nggak menjalin hubungan terlebih dulu. Sebab memaksakan pacaran justru riskan menyakiti atau disakiti.

1. Memori indah bersama mantan masih sering muncul saat datang hujan. Kamu masih suka galau dipojokan

Gerimis mengundang tangis via www.unsplash.com

Advertisement

Tanda seberapa siap kamu pacaran lagi bisa dilihat dari bagaimana kamu menyikapi hujan. Untuk beberapa orang hujan menjadi momen sendu di mana ingatan-ingatan tentang mantan sering bangkit dan bikin galau. Lukamu yang sedang dalam proses mengering seringkali terganggu dengan kenangan manis yang menggenang karena hujan. Kalau kamu masih menyendiri dan meratapi nasibnya di pojokan pertanda bahwa kamu belum move on sepenuhnya. Ada yang belum tuntas dan terlepas bersama sendunya suasana akibat hujan.

2. Foto dan hadiah dari mantan masih tersimpan rapi dalam lemari. Kamu belum bisa melupakan dia yang telah pergi

Belum menerima nasib via www.unsplash.com

Belum move on adalah penghambat hubungan. Tanda bahwa ada yang belum selesai dari hubunganmu dengan seseorang di masa lalu adalah saat kamu masih menyimpan dia dalam kotak rahasiaku. Foto, bunga, hadiah ulang tahun, selembar puisi masih kamu simpan rapi di balik lemari. Memang sah-sah saja menyimpannya. Tapi apakah kamu yakin bahwa kotak itu nggak akan membangkitkan kenangan saat membukanya? Tentu sulit bukan. Daripada mengganggu proses pedekatanmu dengan gebetan, lebih baik kotak itu kamu singkirkan.

3. Ngomongnya sudah bisa saja, tapi masih suka stalking media sosialnya. Ini pertanda kamu aslinya belum move on sepenuhnya

Stalker via www.unsplash.com

Stalking mantan menjadi kebiasaan yang mesti kamu tinggalkan. Ini jadi satu pertanda bahwa kamu belum menerima nasib. Yang lalu biarlah berlalu, jangan bermain api dengan mengikuti perkembangan hidup mantan sebab itu bisa merugikanmu. Kamu sudah punya gebetan baru, sudah semestinya kamu curahkan perhatianmu untuk menjalin kedekatan dengannya. Jangan rusak usahamu dengan memikirkan yang lama.

4. Saat temanmu ingin menjodohkan, kamu menolak dan merasa bisa mandiri. Tapi saat ada yang mendekati, dirimu malah jutek dan risih sendiri

Plin-plan via www.unsplash.com

Advertisement

Disadari atau nggak, kamu memiliki teman-teman dekat yang peduli kepadamu. Mereka tahu bahwa kamu butuh sosok pengganti dia agar nggak suka galau dan bersedih lagi. Beberapa kali mereka menawarkan bantuan untuk mencarikan pacar. Tapi kamu menolak dengan alasan bisa cari sendiri.

Anehnya setiap kali ada yang mendekati kamu selalu jutek bahkan menjauh. Kamu sadar bahwa kamu ingin punya pengganti tapi respon-respon yang kamu berikan kepada mereka yang mendekatimu menunjukkan keengganan. Kamu masih plin-plan dengan perasaanmu sendiri. Ini pertanda kalau kamu masih takut untuk menjalani hubungan lagi. Kamu masih ingin sendiri. Maka jangan dipaksakan untuk pacaran.

5. Kamu yang masih suka nyinyir sama hubungan orang lain itu bukti bahwa belum bisa berdamai dengan masa lalumu sendiri. Memaksakan pacaran riskan pelampiasan

Masih nyinyir via www.unsplash.com

Far, asyiknya ngeliat Soni sama Shinta, mereka kayaknya jodoh deh.

Ah biasa aja, paling nggak lama lagi putus!

Kalau kamu merasa pernah memiliki sikap seperti Farah, maka perlu berpikir ulang untuk berpacaran lagi. Sikap jutek sekaligus iri semacam itu pertanda bahwa masih ada rasa kecewa atau marahku terhadap cinta. Kamu yang pernah disakiti belum sepenuhnya menerima dan berdamai dengan masa laluku.

Ada baiknya kamu introspeksi diri. Hilangkan segala rasa kecewa dan marahku terhadap kandasnya hubungan yang lalu. Hindari hubungan. Sebab riskan bagimu untuk melakukan pelampiasan cinta.

6. Kalau kamu masih suka membanding-bandingkan gebetan dengan mantan, baiknya nggak dulu pacaran daripada menyakiti dia atau dirimu sendiri

Membanding-bandingkan via www.pexels.com

Kalau kamu masih suka membanding-bandingkan gebetanmu dengan mantan, ini pertanda kamu belum sepenuhnya siap. Cinta adalah penerimaan. Membanding-bandingkan ini tanda bahwa kamu belum memasrahkan hatimu dengan yang baru. Memaksakan berhubungan justru akan melukai dia yang baru. Lebih baik jangan.

Itulah tanda hatimu masih rapuh dan rentan untuk menjalani hubungan yang baru. Jangan memaksakan pacaran dulu kalau kamu nggak mau merasakan sakit lagi atau bahkan malah balik menyakiti.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya