Bawa-bawa mantan

Rasanya sulit untuk menjalani hubungan tanpa pertengkaran. Sekompak apapun kalian, pasti ada saja celah yang menyebabkan pertengkaran hadir di dalam. Banyak orang pun yang menganggap bahwa pertengkaran memang diperlukan dalam rekatnya sebuah hubungan. Sebab dari pertengkaran, kamu dan dia bisa mengenal watak masing-masing lebih dalam.

Ti, pertengkaran ini kalau tak disikapi dengan bijak dan dewasa, justru bisa menjauhkan kalian dari masa depan hubungan. Salah satunya jika kamu sampai bawa-bawa nama mantan saat bertengkar. Bukannya pertengkaran kelar, tapi malah berlarut-larut dan merugikan kalian sendiri. Biar kamu tak keceplosan lagi menyebut nama mantan saat bertengkar dengan pacar, pahami beberapan alasan di bawah ini secara benar-benar.

1. Mantan dan pacarmu yang sekarang jelas berbeda. Membawa nama mantan di pertengkaran berarti membandingkan mereka berdua

Rasanya, nggak seorang pun ingin dibandingkan dengan mantan pacarmu via unsplash.com

Advertisement

Dulu mantanku nggak pernah begitu!

Pacarmu yang sekarang dengan mantan jelaslah berbeda. Meski mereka pernah sama-sama mencintai satu orang, bukan berarti sifatnya harus dipaksakan sama agar kamu bahagia. Saat bertengkar kamu boleh membela diri. Namun membela diri dengan melibatkan nama mantan sangatlah tidak elegan. Coba sekarang keadaannya di balik. Pacarmu selalu membandingkan antara kamu dengan mantannya yang dulu. Apakah kamu juga akan menerima dan tak makin meluap emosinya?

2. Dengan menyebut nama mantan saat bertengkar, kamu pasti akan menyakiti perasaan pacar. Jangan heran kalau dia sampai marah besar

Diam-diam dia merasa sakit via redsheepphotocinema.com

Dibandingkan dengan dia yang pernah menyakitimu sama sekali tak enak. Kadang inil pula yang menyebabkan hati pacarmu terlukai. Jangankan pacarmu, kamu sendiri pasti akan marah sekali bila dibandingkan dengan seseorang yang jelas-jelas tak baik. Jadi bersiaplah pacarmu marah besar jika terus dibandingkan dengan mantanmu yang tak tahu diri. Kalau kamu melukainya, lantas bagaimana nasib janji dan kata-kata manismu saat pertama kali jadian?

3. Kamu terlihat belum sepenuhnya move on dari mantan. Tuh, buktinya masih diungkit-ungkit padahal sudah jadi masa lalu

Kamu belum move on via www.logancoleblog.com

Advertisement

Mungkin kamu belum sepenuhnya sadar, tapi menyebutkan nama mantan saat bertengkar adalah bukti kamu belum move on  sepenuhnya. Terbukti dengan alam bahwa sadarmu yang masih menyimpan nama seseorang yang dulu pernah mengisi hatimu. Kalau nama mantan saja masih tersimpan di dalam pikiran, mungkin pacarmu yang sekarang tiak pernah kamu anggap spesial.

4. Bukannya meredakan, kamu justru memicu pertengkaran baru. Kalau terus bertengkar gini, bagaimana mau punya masa depan?

Memicu pertengkaran baru via unsplash.com

Penyebab pertengkaran kalian sebenarnya cukup sepele. Kamu lupa membalas pesan, padahal isinya cukup penting bagi kalian. Lalu agar tak disudutkan, kamu keceplosan menyebut nama mantanmu yang dulu. Bukannya pertengkaran akibat hal kecil itu reda, kamu justru memicu pertengkaran lainnya yang lebih besar. Pertengkaran yang harusnya bisa cepat diselesaikan, justru butuh waktu lama akibat muncul pertengkaran yang lainnya. Kalau kebersamaan kalian terus digunakan untuk menyelesaikan pertengkaran melulu, masa depan hubungan mungkin akan susah digenggam.

5. Secara tidak langsung, kamu akan membuat pacarmu merasa minder dan tak layak mendampingimu

Kamu membuatnya minder dan ingin mundur via unsplash.com

Kepercayaan diri merupakan hal penting dalam melanjutkan hubungan. Sebab itulah pondasi awal seseorang untuk berkembang dan membawa hubungan menuju masa depan. Dengan bawa-bawa nama mantan ini, secara tidak langsung kamu akan membuat pacarmu minder. Kamu terus saja menyandingkan dia dengan mantanmu yang dulu. Jika hal tersebut terus kamu lakukan, jangan kaget kalau pacarmu sampai merasa tak layak mendampingimu hingga nanti.

6. Masih bawa-bawa mantan jadi salah satu ciri ketidakdewasaan dalam menjalani hubungan

Kamu belum dewasa, meski udah sekian tahun bersamanya via www.logancoleblog.com

Kedewasaan salam menjalani hubungan memang butuh waktu. Bahkan mereka yang sudah bertahun-tahun pacaran masih belajar soal itu. Dan terus bawa-bawa mantan setiap kali kalian bertengkar, jelas bukanlah proses pendewasaan. Hal itu justru batu penghalang yang buatmu makin tak berkembang. Pikiranmu yang harusnya fokus dengan apa yang digenggam sekarang, justru masih enggan beranjak dari masa lalu.

7. Kamu bisa menghancurkan hubungan kalian. Sebab pacarmu merasa lelah dengan kebiasaanmu bawa-bawa mantan

Bumerang bagi hubunganmu sendiri via www.logancoleblog.com

Pertengkaran memang bisa menjadi momen untuk saling mengenal karakter masing-masing lebih dalam. Namun jika pertengkaran tersebut terus dibumbui dengan sosok mantan, bisa saja pacarmu justru akan merasa lelah sendiri. Lelah karena hubungan ini bukan hanya kalian berdua yang jalani. Tapi bertiga dengan mantan yang terus kamu sebut-sebut namanya itu. Kalau pacarmu sudah lelah dan tak kuat lagi, kemungkinan besar dia justru akan menyerah dan pilih mundur dari hubungan ini.

Dari alasan-alasan di atas, ada satu benang merah yang bisa kamu ambil. Bawa-bawa mantan dalam hubungan apalagi saat bertengkar, sama sekali nggak ada manfaatnya. Bukan hanya menghambat kalian mencapai masa depan bersama, tapi bisa sebagai bumerang yang menghancurkan hubungan nantinya. Daripada merobohkan apa yang sudah kalian bangun bersama, lebih baik dihindari kan bawa-bawa mantan ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya