Hubungan jarak jauh a.k.a LDR memang harus pintar-pintar disikapi. Sebab tantangan yang harus dijalani seringnya di luar dari perkiraanmu. Seperti saat sebuah pertemuan yang sudah lama sekali dinanti justru berakhir tak sesuai harapan karena kalian canggung dan saling diam saking lamanya tak bertemu. Rasanya pasti kesal, sedih dan geregetan bercampur jadi satu. Mau diulangi lagi, tapi mau tak mau harus menunggu sampai dia pulang dari perantauan. Waktu tunggunya bisa berbulan-bulan bahkan dalam hitungan tahun.

Sebenarnya pertemuan yang berkualitas bisa kamu ciptakan dengan berbagai persiapan yang matang. Apalagi kamu dan dia sedang menjalani LDRan, yang kesempatan bertemunya bisa setahun sekali. Tumpukan rindu rasanya ingin segera dituntaskan dengan pertemuan. Untuk menghindari pertemuan yang hanya setahun sekali itu dari kebosanan atau akhir yang tak diharapkan, Hipwee Hubungan ada trik jitu. Coba deh di kepulangannya nanti kamu menerapkan trik-trik ini. Pertemuanmu kelak akan terasa lebih manis dan menimbulkan kesan.

1. Mematikan paket data saat kalian jalan berdua. Biar nggak tergoda dikit-dikit unggah di media sosial

Biar perhatian kalian berdua tak terbagi via www.unsplash.com

Advertisement

Sudah tahu ketemunya cuma setahun sekali, masih aja sibuk upload sana-sini!

Media sosial memang bisa mendekatkan yang jauh, tapi bisa juga berlaku sebaliknya, menjauhkan orang-orang yang duduk berdekatan. Sebuah pertemuan yang telah dinanti pun bisa berantakan karena perhatian terbagi dua, ke pasangan dan pengikut di luar sana. Untuk menghindari terbaginya perhatian, kamu dan dia sebaiknya mematikan paket data dulu saat bertemu. Ikat dulu hasrat ingin berbagi di Instatory. Biar kepulangannya kali ini memang benar-benar bisa menuntaskan rindu yang kalian timbun selama ini.

2. Memilih tempat bertemu yang punya kenangan seru bagi kalian berdua, biar bisa bernostalgia

Cie, bisa sekalian nostalgia ~ via dylanmhowell.com

Tak hanya dengan sejenak menjauhkan media sosial dan hingar bingarnya, kamu dan dia juga bisa memilih tempat penuh kenangan saat nanti bertemu. Kafé tempat pertama kali kalian jalan, bioskop kesukaan kalian, sampai di rumahmu atau rumahnya sekalian. Dari pemilihan tempat bertemu yang penuh kenangan inilah, nuansa syahdu bisa kalian rasakan. Menuntaskan rindu sembari bernostalgia, bukanlah sebuah pilihan yang tepat untuk menikmati kebersamaan yang singkat ini?

3. Jangan biarkan pertemuan yang singkat berakhir sia-sia, seperti menjauhi bahan obrolan yang bisa menyulut pertengkaran

Daripada malah bertengkar, kan? via unsplash.com

Advertisement

Biar pertemuan kalian yang singkat ini tak habis hanya dengan bertengkar, kamu perlu menghindari topik-topik obrolan yang bisa menyulut emosi. Mantan, janji yang sudah lama belum dia tepati, perihal pekerjaan yang dia benci, sampai yang sepele seperti kebiasaan merokoknya yang amat kamu tak sukai. Karena sayang rasanya kalau kepulangannya selama dua hari ini justru dihabiskan dengan sia-sia seperti ini. Iya nggak?

4. Meski setahun atau bahkan lebih tak bertemu, luapkan rindumu secara wajar. Tak perlu heboh sampai menyita perhatian orang

Luapkan rindu secara wajar aja via dylanmhowell.com

Segala sesuatu yang berlebihan memang tak akan mengundang manfaat. Hal ini juga berlaku saat kamu dan dia bertemu nanti untuk mengobati rindu. Luapkan rindumu padanya dengan wajar dan tak berlebihan. Peluk, kecup di kening, saling berbagi cerita berjam-jam atau sekadar gandengan tangan, cukup lah dirasa. Tak perlu sampai menangis, apalagi teriak-teriak. Bukannya rindumu akan terobati, tapi justru pandangan aneh dari orang-orang yang akan kamu dapati. Kalau dipandangi aneh oleh orang-orang di sekitar kalian, bukankah justru jadi nggak nyaman?

5. Berikan kesempatan pacarmu untuk bercerita. Sebab bukan kamu saja yang rindu dan punya banyak hal untuk dibagi

Berikan dia kesempatan untuk berbagi cerita via dylanmhowell.com

Menjalani hubungan jarak jauh memang secara otomatis menyimpan banyak cerita untuk dibagi saat pertemuan nanti. Tentang pekerjaan, keluarga, perubahan yang ada di diri, sampai hal-hal remeh yang kurang afdol kalau disampaikan lewat chat atau video call.

Banyaknya cerita yang ingin dibagi ini jangan lantas membuatmu khilaf, Sehingga saat pertemuan nanti tak sadar kamu yang lebih dominan berbicara. Padahal pacarmu juga ingin berbagi ceritanya juga. Untuk itu kamu perlu sedikit mengerem kehendakmu untuk terus bercerita. Berikan juga kesempatan pacarmu untuk melakukan hal yang sama.

6. Jangan lupa untuk mengabadikan momen pertemuan ini. Biar bisa seterusnya dikenang walau hanya dalam bentuk selfie

Selfie dulu dong, biar momen ini bisa kembali dinikmati via unsplash.com

Sebuah pertemuan memang enaknya berlangsung intim dan syahdu. Tapi biar bisa dikenang dan dirasakan kembali syahdunya pertmuan setahun sekali ini, jangan lupa untuk mengabadikannya dengan foto. Tak perlu heboh, cukup dengan selfie atau meminta tolong orang lain untuk mengambil gambar kalian berdua.

7. Tutup pertemuan singkat dengan pelukan lama. Biar bekalmu cukup untuk melanjutkan perjuangan rindu yang selanjutnya

Mau peluk yang lamaaaa dong, Yang ~ via www.unsplash.com

Entah saat pertemuaan merupakan hari terakhirnya atau bukan, tutuplah dengan sebuah pelukan lama. Peluklah dia dan serap energi positif sebanyak-banyaknya. Biar kelak saat dia kembali ke perantauan dan kalian lanjut LDRan, kamu punya bekal yang cukup untuk melanjutkan perjuangan.

Selamat menanti momen pertemuan wahai kalian pejuang LDRan. Semoga apa yang telah dinantikan, bisa dinikmati berdua, dan memberikan kesan manis pada akhirnya. Sebab pertemuan inilah yang juga bisa membuat kalian semakin kuat menjalani semua tantangan LDRan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya