Menyandang status berpacaran selayaknya tidak menjadikan kita tergantung pada pasangan. Sebaliknya, kita justru harus punya sikap mandiri. Memang, senang rasanya diantar jemput, makan sama-sama, atau pergi kemana-mana berdua. Tapi pacaran nggak boleh melulu soal itu saja.

Kali ini, Hipwee akan menguraikan 8 alasan yang menjadikanmu wajib bersikap mandiri saat punya pacar. Apa aja, sih? Langsung simak, yuk!

1. Mandiri Berarti Menjaga Identitasmu Sebagai Individu

menjaga identitasmu sebagai individu via www.funnyrays.com

Sebagai penyuka binatang, kamu memelihara seekor kucing di rumahmu. Sementara, pacar barumu ternyata phobia pada binatang berbulu dan selalu panik ketika bertamu ke rumahmu. Meskipun tak ingin melihat pacarmu panik dan ketakutan, bukan berarti kamu harus begitu saja membuang kucing peliharaanmu, ‘kan?

Intinya, binatang peliharaan adalah bagian dari kehidupan pribadimu. Hubungan yang kamu jalani tak boleh mematikan hal-hal yang sebelumnya sudah ada dalam hidupmu, termasuk kucing piaraan. Kamu bisa kok berkompromi tanpa mengabaikan “kehidupan lamamu” sendiri. Contohnya, siapkan saja kandang yang cantik untuk kucingmu!

2. Semua Orang, Termasuk Kamu, Harus Bisa Melakukan Hal-Hal Sederhana

Advertisement

kamu wajib punya simple skill via www.shootingfilm.net

Sebagai cewek kamu mungkin enggan mengangkat galon air atau sekadar memeriksa aki mobilmu. Sementara, sebagai cowok kamu juga malas merapikan kamarmu atau anti bersentuhan dengan dapur. Padahal, keahlian yang sifatnya sederhana atau berkaitan dengan kehidupan sehari-hari justru yang sangat kamu butuhkan.

Ketika sudah dewasa, kita wajib bertanggung jawab pada diri kita. Salah satunya adalah dengan memenuhi berbagai kebutuhan sendiri. Menggantungkan diri pada orang lain berarti tidak menghargai kemampuan diri. Apalagi untuk hal-hal sederhana seperti mengangkat galon!

3. Sikap Mandirilah yang Menjadikan Hubunganmu Semakin Langgeng

menjadikan hubunganmu langgeng via www.shootingfilm.net

Hubungan yang sudah berlangsung lama bisa jadi rawan kandas lantaran rasa bosan yang jadi pemicu. Berpacaran hingga lebih dari 3 tahun membuat kamu dan pasanganmu melakukan banyak “ritual”. Mengirim ucapan “selamat pagi” tepat pukul 6 pagi, menelepon pukul 7 malam, pergi ke bioskop setiap Sabtu sore, lalu makan malam di restoran yang biasa.

Agar hubungan yang kamu jalani tak lagi monoton, melakukan variasi berkencan itu sah-sah saja. Kamu bisa bangun pagi tanpa perlu memeriksa ponselmu, menghabiskan sepulang kerja bersama keluarga, atau menikmati Sabtu malam bersama teman. Justru hal-hal inilah yang akan membuatmu merindukan kebersamaan dengan pasanganmu.

4. Ingat, Ada Dunia yang Hanya Bisa Kamu Nikmati Sendiri!

kamu punya duniamu sendiri via weheartit.com

Bergelut dengan kamera selalu bisa membuatmu lebih “hidup”. Pergi traveling demi menemukan objek-objek baru atau sekadar duduk di depan laptop mengedit hasil fotomu. Tak jarang, kamu akan menghabiskan waktumu di akhir pekan untuk mengakrabi hobimu ini.

Sesekali pacarmu mungkin akan merasa keberatan. Sebal lantaran kamu memilih mengutak-utik kamera daripada menemaninya pergi jalan-jalan. Namun, memaklumi hobi fotografimu berarti menerima dirimu apa adanya. Ketika bisa mengerti dan memaklumimu, dia sudah berhasil menjalankan komitmen diantara kalian.

5. Dengan Mandiri, Kamu dan Pasanganmu Punya Kesempatan untuk Sama-Sama Tumbuh Jadi Pribadi yang Lebih Baik

kamu dan pasanganmu bisa bertumbuh via www.flickr.com

Sikap tak saling tergantung menjadikan hubungan yang dijalani lebih “sehat”. Salah satu tidak akan merasa superior dan menganggap pasangannya inferior dengan berkata “Ah, kamu bisa apa kalau nggak ada aku.”

Ketika ada salah satu yang merasa superior, ia akan cenderung menggampangkan atau mengabaikan pasangannya. Padahal, sebuah hubungan selayaknya menempatkan pasangan dalam posisi yang sepadan.

6. Kemandirian Mengajarkanmu Bersikap Luwes

mandiri berarti bersikap luwes via www.flickr.com

Saat tak bisa menjemputmu sepulang kerja lantaran harus lembur, kamu tak segan memilih naik angkutan umum. Sementara, ketika kamu sibuk acara kumpul keluarga di malam Minggu, pacarmu akan memilih bertemu teman-temannya.

Yup, demi punya hubungan yang bahagia, kamu dan pasanganmu memang harus pintar-pintar berkompromi. Hal-hal yang potensial menimbulkan masalah dalam hubungan bisa diatasi ketika kamu dan pasanganmu mau sama-sama bersikap luwes.

7. Mandiri Berarti Menunjukkan Ketegasanmu

mandiri = menunjukkan ketegasan via dustyroseevents.blogspot.com

Setelah menikah, kamu berharap bisa jadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir. Bagimu, mandiri secara finansial ketika kelak sudah menikah adalah hal mutlak. Bukan berarti sombong atau tinggi hati, kamu hanya bersikap tegas dengan pilihanmu sendiri. Menurutmu, status sebagai pekerja menjadikan cewek tidak mudah direndahkan oleh cowok maupun lingkungan sosialnya.

8. Terbiasa Mandiri Membuatmu Lebih Fokus Pada Tujuan Hidupmu Sendiri

fokus pada kehidupanmu sendiri via www.pinterest.com

Setelah lulus kuliah, kamu punya sekian rencana dalam hidupmu. Ingin bekerja di perusahaan multinasional, melanjutkan kuliah, hingga berharap bisa membangun bisnismu sendiri.

Yup, menjalani hubungan dengan mempertahankan sikap mandiri membuatmu tetap fokus pada tujuan-tujuan yang kamu punya. Pasang surut hubungan tak akan mudah mempengaruhi keseharianmu. Meskipun tengah bertengkar hebat dengan pacar, kamu tetap bisa berangkat ke kantor dan menyelesaikan tugas-tugasmu kok.

Tak ada jaminan bahwa hubungan yang kamu jalani pasti bisa berhasil. Ketika kamu bisa berdiri dengan dua kakimu sendiri, berhasil atau gagalnya hubungan tak akan seberapa mempengaruhi hidupmu. Selain bisa melanjutkan hidup, sudah pasti kamu tetap bisa berbahagia.