“Bro, mantai yuk? Sama anak-anak juga”

“Ogah. Kalo ke Pantai bawaannya inget Dinda terus”

“Helloooo…. Belum move on aja, lu? Udah 3 Tahun, coy!!!”

Yah… Namanya juga masig sayang. Mau gimana lagi? Pasti susah kalau mau move on dari orang yang kamu sayang. Banyak kenangan yang udah kamu jalanin bersamanya. Bahkan seantero kota sudah jadi saksi perjalanan hubungan kalian mulai dari yang bikin girang sampai yang bikin kamu nangis semalaman.

Tapi toh kamu harus melanjutkan hidupmu! Jangan biarkan bayang-bayang hubungan masa lalu menghantuimu dan mengganggu masa depanmu. Karena Hipwee baik hati, Hipwee akan mencoba membantumu. Ikuti cara-cara ini agar kamu bisa lepas dari jeratan masa lalu.

Berikan waktu 1-2 minggu pada diri sendiri untuk bersedih. Hatimu juga butuh waktu untuk menyembuhkan perih

Berikan dirimu waktu via www.la-lights.com

Namanya juga baru putus dari orang yang kamu sayang. Pasti butuh waktu untuk bisa menerima kenyataan. Umumnya sih kamu bakal menyendiri untuk sementara waktu. Meminta orang lain untuk tidak mengganggumu kalau memang bukan urusan yang sifatnya sangat genting. Wajar sih kayak gitu. Tapi ya kamu harus bisa menerka waktu. Jangan terlalu lama menutup diri. Kamu juga butuh untuk bersenang-senang untuk menjernihkan pikiran.

Perlahan, lepaskan bayangan mantan pasanganmu. Krusial sekali untuk memaafkan dirimu

Advertisement

Kamu perlu belajar mencintai dan mema’afkan

Ingat, yang namanya move on pasti berhasil kalau ada niat. Dan niat paling baik tentunya adalah niat yang datang dari dalam diri sendiri. Itulah kenapa kamu harus bisa mencitai dirimu sendiri. Cobalah untuk tidak menyalakan dirimu secara berlebihan atas gagalnya hubungan. Kamu juga harus belajar untuk memaafkan, baik memaafkan diri sendiri maupun kesalahannya agar tidak melulu terbayang gagalnya hubungan. Kamu juga berhak bahagia!

Ingatan memang gak bisa dibuang begitu saja. Tapi bukan berarti kamu harus menyimpan barang pemberiannya

Kamu bisa menyumbangkan barang pemberiannya

“Eh, lu kok masih punya boneka pemberian si Dimas sih?”
“Mau buang tapi gak tegaa”
“Pantes aja gak move on dari dulu….”

Memang sih kamu gak bisa menghilangkan kenangan dengan gampang. Tapi bukan berarti kamu gak bisa menyingkirkan barang pemberian mantan, kan? Kamu gak boleh terus-terusan menyimpan barang yang bisa mengingatkanmu dengan dia. Kalau gak tega sekadar membuangnya ke tempat sampah, berikan saja kepada mereka yang membutuhkan.

Sumbangkan baju dan boneka pemberiannya ke panti asuhan, buku pemberiannya bisa kamu sumbangkan ke perpustakaan, atau cincinnya bisa juga kamu gadaikan untuk memenuhi kebutuhan. Nah kalau gitu kan selain bisa menghilangkan kenangan, barang pemberiannya juga bisa memberimu pahala untuk di akhirat nantinya. Hehe

Ceritakan perasaanmu pada mereka yang mengerti. Tapi cari juga mereka yang bisa menyemangati

kamu bisa bicara dengan orangtuamu via betterthansexed.com

Akan ada suatu titik dimana kamu butuh orang untuk diajak biacara. Mungkin saat itu kamu benar-benar tengah bimbang dan butuh teman untuk saling bertukar pikiran. Untuk hal yang satu ini, sebaiknya kamu curhat kepada orang yang benar-benar bisa mengerti. Mungkin sahabat dekatmu, mungkin juga orangtuamu. Mereka adalah orang-orang yang tak hanya mau mendengar dan mengerti, tapi juga motivator ulung yang bisa memotiasi.

Bahagia tak melulu harus dari cinta seseorang yang kamu harapkan. Melakukan hal yang kamu suka juga bisa jadi sumber kebahagiaan

Menikmati hal yang kamu cinta via fm.cnbc.com

Iya sih cinta darinya membuatmu bahagia, tapi kalau sudah putus kamu bisa apa? Daripada berlama-lama galau dan putus asa, lebih baik kamu melakukan hal yang kamu suka. Entah itu jalan-jalan, makan-makan atau mengurung diri dengan buku yang kamu suka.

Kamu harus membangun ulang prospek hidupmu. Karena yang bisa membawamu maju adalah impian dan cita-cita yang kamu tuju

Pikirkan prospekmu ke depan

Kamu tentu punya cita-cita atau impian. Sesuatu yang kamu benar-benar ingin mencapainya. Nah, momen setelah putus cinta bisa jadi saat yang tepat untuk mewujudkannya. Kamu bisa menjadikan impianmu sebagai arah dan tujuan agar hidupmu bergerak maju. Selain bisa membuatmu move on dari kenangan mantan, adanya impian juga membuatmu lebih berkembang. Kebayang kan gimana saat kamu sudah mewujudkan impian. Kamu pasti bisa bangga dan gak mikirin dia lagi!

Buatlah kenangan baru untuk menggantikan kenangan manis yang lama. Traveling bisa jadi caranya

Berbahagialah bersama temanmu via justhitchednowwhat.com

“Gue habis putus, Nis”
“Laaah… Kalau gitu ayok jalan-jalan!”

Karena memang cara terbaik untuk move on adalah dengan benar-benar bergerak, maka jalan-jalan bisa jadi salah satu alternatifnya. Belum lagi kalau kamu jalan-jalan bersama sahabat tercinta, pasti liburanmu jadi lebih bahagia. Karena memang jalan-jalan dan traveling bersama sahabat tercinta adalah cara ampuh untuk menenangkan pikiran, makanya kamu gak perlu mikir ulang ketika ada ajakan dari teman untuk jalan-jalan bersama mereka.

Bukalah dirimu untuk menemukan orang baru. Tak perlu buru-buru; asal hatimu tidak berhenti di situ

Bukalah dirimu untuk orang baru

Bertemu orang-orang baru itu perlu. Meski memang mereka belum tentu orang yang berjodoh denganmu, tapi tetap saja mereka bisa mewarnai hari-harimu. Mereka akan mengajarkan kepadamu soal kehidupan sehingga bisa menutupi sakitnya hatimu saat habis putus dari mantan. Asik kan?

Yakinlah kalau jodoh itu bukan cuma soal, ‘Kapan’ tapi juga soal kesiapan. Suatu saat dia yang tepat pasti datang

Yakinlah jodoh ada di tangan Tuhan

Saat kamu sudah mulai terlepas dari jeratan bayang-bayang mantan dan belajar mencintai orang-orang yang ada di sekitarmu, kamu pun juga akan sadar bahwa jodoh sudah ada yang mengatur. Apapun usahamu, sekeras apapun kamu berusaha untuk mencintai seseorang, tapi tetap saja jika belum jodoh kita bisa apa? Yakinlah jika jodoh sudah ada yang mengatur.

Cepat atau lambat, kamu akan dipertemukan dengan orang yang paling tepat. Dengan yakin itu kamu pasti dijamin bisa move on dengan cara yang tepat.


Nah, cobain deh cara-cara diatas. Semoga bisa segera lepas dari bayang mantan, ya. Semoga bisa move on segera!