Mungkin teman bisa membuatmu tertawa, tapi sahabatlah yang benar-benar bisa membuatmu bahagia. Memiliki keduanya tentu sangat penting, hanya kamu perlu memberi ruang yang lebih pada sahabat. Karena hanya pada sabahatlah tempat di mana kita bisa menjadi diri kita sendiri.

Dan saat ini, persahabatanmu mungkin sedang mendapatkan ujian. Kini kalian dipisahkan oleh jarak hingga waktu yang tak tentu kapan dapat kembali bertemu. Di dalam benakmu pasti muncul tanya yang seingkali menganggu,

“Bisakah kami menjaga persahabatan jika ada jarak yang kini memisahkan?”

Artikel kali ini akan mencoba membantu untuk menjawab kegelisahanmu itu. Persahabatan dalam jarak yang membentang tetap bisa dipertahankan, asalkan hal-hal inilah yang kalian lakukan.

1. Meski sudah mulai jarang untuk bertatap muka, berusahalah untuk terus keep in touch dengan berbagai cara.

Keep in touch. via www.huffingtonpost.co.uk

Advertisement

Hal yang paling mendasar dari sebuah persahabatan jarak jauh yang harus kamu lakukan untuk menjaganya tetap erat, yakni selalu keep in touch dengan sahabatmu. Agar kamu dan sahabatmu tak merasa kesepian karena harus saling terpisah karena adanya jarak.

Banyak cara yang bisa kalian usahakan bersama. Mulai dari mengirim SMS, telepon, atau bahkan saling berkirim surat. Berbagai cara yang dilakukan adalah bukti bahwa kalian memang sama-sama tak mau kehilangan. Semakin kalian berusaha, maka semakin membuktikann bahwa sahabat itu memang berharga.

2. Pikirkanlah tentang momen-momen indah bersama sahabat. Kamu akan menyadari bahwa kenangan itu yang akan menjaga hubungan kalian tetap erat.

Perjalanan bersama sahabatmu. via www.huffingtonpost.com

Rindu tentu ada, apalagi jika kamu terpisahkan jauh dengan sahabat terbaikmu. Tapi jangan sampai kamu mati menahan rindu. Rindu tak selamanya untuk diratapi. Kenanglah momen-momen indahmu bersamanya. Jadikan kenangan itu sesuatu yang berkesan di hatimu. Dengan begitu kamu akan merasa tenang bersama kenangan yang dahulu kalian ciptakan bersama.

3. Sahabat adalah dia yang akan siap meluangkan waktunya. Saat ada hal-hal besar yang terjadi dalam hidupmu, jangan pernah ragu untuk bercerita.

Selalu mendukungmu lewat pesan dan doa. via pixabay.com

Perlu dicatat, kamu nggak berarti harus menjalani hidupmu sendiri tanpa adanya sahabatmu. Ingat, kalian hanya dipisahkan oleh jarak dan sahabat akan tetap ada buatmu. Seperti saat masih bersama dahulu, kalian tetap bisa bertukar cerita tentang apa saja. Jangan ragu-ragu untuk segera menghubunginya ketika ada sesuatu yang terjadi dalam hidupmu. Entah itu kebahagiaan, atau bahkan kesulitan – sampaikan saja pada dia yang memang kamu percaya.

4. Dia tak pernah lupa cara membuatmu tertawa dan bahagia. Saat dilanda kesedihan atau masalah, kembalilah padanya.

Tawanya nggak akan bisa kamu lupa. via forum.imageslove.net

Seolah jarak bukanlah alasan untuk kalian menciptakan tawa bahagia. Lewat panggilan telepon atau aplikasi chatting, sahabat selalu bisa membuatmu tertawa dan bahagia. Makanya, saatt kamu dilanda kesedihan atau masalah besar yang membuatmu kelimpungan, segeralah kembali padanya. Ceritakan tentang apa saja yang mengganggumu, dan biarkan dia memberikan saran atau nasihatnya. Setelah itu, kamu pun akan merasa lebih baik karena dia pun pasti bisa menghiburmu.

5. Wajar jika kamu masih sering merasa sedang bersamanya. Melihat apa yang disukainya akan membuatmu yakin kalau hubungan kalian baik-baik saja.

Sahabat tak akan tergantikan… via abclocal.go.com

Eh, ini ‘kan makanan favoritnya! Oh, Alina.

Sebetulnya kamu nggak pernah sendirian. Ingatanmu tentang sahabatmu akan selalu ada bersamamu. Ke mana pun kamu pergi, seolah dia tak ingin kamu sendiri. Ketika kamu makan di restoran dan kamu melihat menu kesukaannya, secepat kilat memori ingatanmu membawa sosoknya duduk di sampingmu. Hal sederhana macam inilah yang akan menenangkanmu. Mengingat hal-hal kecil tentang sahabat akan meyakinkamu bahwa persahabatan di antara kalian memang baik-baik saja.

6. Jangan pernah lupakan hari ulang tahunnya. Kadang, bertukar kado bisa jadi cara untuk mempererat hubungan kalian.

Kirimlah paket kado untuknya yang jauh di sana. via eharmony.ca

Bertukar kado dengan sahabat itu lumrah dan ada juga yang menganggap hal itu sudah menjadi semacam tradisi. Meski kamu dan sahabatmu terpisah jarak, jangan ragu untuk melanjutkn tradisi macam ini. Sahabat akan merasa bahagia dan dihargai ketika kamu memperlakukannya dengan spesial. Bukan perkara harga kado yang kamu berikan, melainkan karena hangatnya sikapmu padanya.

7. Saking dekatnya, kalian pasti punya rahasia berdua. Sebagai sahabat yang baik, tetaplah menjaga amanatnya.

We all have secrets! via wordpress.com

Walaupun kamu telah memiliki teman baru di tempatmu sekarang, jangan pernah lupakan sahabatmu yang telah menjadikanmu seorang yang seperti sekarang ini. Apalagi sampai kamu membuka rahasia sahabat yang telah dipercayakannya padamu. Bagaimana pun, rahasia sahabat adalah sesuatu yang sebenarnya harus kamu simpn rapat-rapat.

8. Bukan karena dia telah berubah menjadi orang asing, tapi cobalah untuk menghargai kesibukan masing-masing.

Sorry, I’m too busy now. 🙁 via gainesvillescene.com

Maaf, aku bener-bener masih sibuk. Banget. Nanti kutelpon balik, ya.

Jika kamu dan sahabatmu nggak bisa berkomunikasi dengan lancar setiap waktu, jangan pernah sekalipun menganggapnya sebagai orang asing. Cobalah untuk memahami kesibukan masing-masing. Karena kalian terpisah bukannya tanpa alasan, melainkan ada cita-cita yang harus segera diwujudkan.

9. Libur telah tiba, saatnya kalian bertemu dan kembali bersama. Di momen ini, berusahalah untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Sahabat, berpelukaaan~ via www.huffingtonpost.com

Momen yang kamu tunggu-tunggu akhirnya datang juga; bertemu dengan sahabatmu di akhir pekan atau di libur panjang, setelah beberapa waktu harus menimbun rindu. Lampiaskanlah rindumu pada sahabatmu. Ajak dia liburan ke suatu tempat yang sudah atau belum pernah kalian kunjungi. Entah mengulang masa indah bersama atau membuat kenangan baru bersama, yang utama adalah kalian melepas rindu.

Tak ada sahabat yang tak rindu setelah lama tak bertemu.

Lakukanlah hal-hal tersebut ketika kamu berjarak dengan sahabatmu. Jangan pernah memutuskan hubungan pertemanan dengan siapapun, terlebih dengan sahabatmu sendiri. Ingat, lebih susah mencari sahabat daripada mencari kekasih. Jaga baik-baik sahabatmu, ya! 🙂

Seperti persahabatan Laura Theux dan teman-temannya di migme ya!