Beberapa orang bilang bahwa cinta itu adalah segalanya dalam sebuah hubungan, tapi apa iya sih? Konon katanya rasa cinta itu bisa berubah kapan saja. Namun sebagai sepasang kekasih, atau bahkan suami-istri, kita nggak bisa berpisah hanya karena rasa cinta yang telah pudar. Karena ada komitmen yang harus kamu jaga.

Mempertahankan hubungan memang bukan perkara mudah. Harus ada kerja sama yang kuat antara kamu dan dia, demi hubungan yang bisa bertahan selamanya. Namun kamu dan dia sebenarnya tak perlu khawatir, asal 6 hal ini sudah kalian terapkan dalam hubungan.

1. Kamu dan dia tahu caranya saling menghargai. Segala upaya dan tingkah – laku selalu dapat apresiasi

saling menghargai via www.santopapo.com.br

Yang, kamu lagi masak? Wah tumben

Iya nih, masak kita jajan di luar terus. Kamu mau nggak nyobain masakanku?

Iya pasti aku cobain kok. Kan kamu udah capek-capek masak

Saling menghargai itu penting dalam menjaga sebuah hubungan. Nggak mungkin kan kalau kamu nggak punya rasa hormat atau respect kepada pasangan kalian.

Advertisement

Menghargai tindakan – tindakan kecil yang dilakukan oleh pasangan kamu itu penting meskipun mungkin kamu tidak memiliki alasan yang tepat untuk melakukannya. Daripada meremehkan atau merendahkan pasangan kamu, kamu harus ingat bahwa dia adalah bagian dari dirimu. Meskipun dengan nada yang sedikit bercanda, meremehkan pasangan kamu sama dengan menjatuhkan diri kamu sendiri.

2. Kalian memang saling memiliki, namun kalian juga merasa bebas untuk menjadi diri sendiri tanpa adanya batasan darinya

memiliki tanpa terlalu posesif itu penting! via www.tumblr.com

Aku cuma mau kamu sebagai ibu rumah tangga, nggak usah lah kamu lanjutkan karirmu sebagai penulis!

Pernah nggak sih punya temen yang kepribadian dan identitasnya gonta-ganti seiring dengan bergantinya pasangan hidup? Mungkin hal tersebut dikarenakan kurangnya kebebasan bereskpresi dalam hubungan tersebut. Dia merasa bahwa dia harus berubah demi pasangan untuk mempertahankan hubungan tersebut.

Dalam menjaga hubungan, kamu seharusnya memberikan kebebasan terutama jika hal tersebut terkait dengan identitas pribadi dia. Jika dia masih ingin menjalankan passion-nya, kamu pun tak bisa asal melarangnya. Bukankah hubungan yang sehat adalah mereka yang mau saling menyemangati dalam meraih mimpi pribadi?

3. Meskipun jauh dan lama berpisah, rasa khawatir atau cemburu itu absen dari pikiran, selalu ada rasa percaya yang ditambatkan

saling percaya meski jauh via www.tumblr.com

Mungkin hal yang satu ini terdengar klise, namun memang rasa percaya adalah sebuah hal yang wajib dimiliki oleh setiap pasangan agar hubungan kalian langgeng. Menumbuhkan rasa percaya pun tidak segampang yang dibayangkan. Kalian perlu melatihnya sedini mungkin di awal hubungan kalian. Tentunya kalian tidak bisa membebankan rasa percaya tersebut hanya kepada pasangan kalian. Kalian juga harus memulai dari diri kalian dalam memupuk rasa saling percaya tersebut. Jangan beri dia alasan untuk tidak mempercayai kamu meskipun kalian terpisah oleh jarak dan waktu.

4. Tanpa usaha terlalu keras kenyamanan selalu tersedia. Tak ada yang lebih menenangkan dari rengkuh peluknya

nyaman bersamanya… via id.pinterest.com

Saat bersamanya kamu selalu merasa cukup. Rasanya tak ingin lagi hal lain, kecuali bersama dia. Kenyamanan pun tercipta begitu saja, tanpa perlu terlalu keras diupayakan dan dipaksakan. Kenyamanan hadir justru bukan hadir saat dia menyiapkan segala sesuatunya untukmu. Namun sesederhana saat dia memberikan pelukan hangat setelah kamu menyelesaikan banyak pekerjaan di kantor. Atau celotehannya yang mengundang gelak tawamu cukup membuat harimu berwarna. Kenyamanan bersamanya selalu sesederhana itu. Dan karena ini, kamu tak ingin berpaling lagi.

5. Komunikasi selalu menjadi pondasi agar salah paham tak pernah terjadi

sering-sering komunikasi! via www.pexels.com

Tentunya salah satu kunci sukses dalam menjalin hubungan adalah mengerti bagaimana cara berkomunikasi dengan satu sama lain. Segala macam permasalahan bisa dicari solusi apabila kedua belah pihak bersedia untuk berkomunikasi. Nggak cuma dalam menyelesaikan masalah, komunikasi juga wajib dilakukan sehari-hari agar kalian bisa menemukan hal-hal baru dari pasangan kalian meskipun sudah bersama sekian lama.

6. Bahagia kalian bukan karena hadiah mewah yang dia berikan. Cukup kecupan di kening yang membuat hati meremang

kecupannya… via www.zastavki.com

Menunjukkan kasih sayang terhadap pasangan itu tidak harus dengan tindakan – tindakan yang berlebihan. Tindakan – tindakan atau detil-detil kecil yang kamu tunjukkan pada pasangan kalian itu akan menjadi penentu langgengnya hubungan kalian. Mungkin kecupan dia di pipi masih membuat dada kamu bergetar setelah sekian lama. Atau mungkin kopi buatanmu masih jadi rutinitas dia di pagi hari. Hal-hal kecil seperti ini yang bikin kalian tetap langgeng.

Selama apapun kalian bersama, hubungan kalian tetap bisa punya getaran jika kamu dan dia tahu caranya mempertahankan komitmen. Cinta abadi tak akan pernah ada, jika kamu dan dia tak pernah mau berusaha.