Belajar Perhitungan Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa

cara menghitung weton pasangan

Weton jodoh adalah hal yang lumrah menjadi pertimbangan sebelum menikah di kalangan masyarakat Jawa. Melalui weton inilah, kecocokan dua insan yang akan menikah terlihat. Apakah kamu termasuk orang yang memandang weton jodoh ini penting untuk suatu hubungan?

Advertisement

Nah, melalui ulasan ini Hipwee akan mejelaskan beberapa fakta mengenai hitungan weton Jawa untuk pernikahan menurut primbon Jawa. Yuk simak seperti apa!

Cara menghitung weton pasangan

Untuk menghitung weton, kamu bisa menggunakan tabel berikut:

Hari Neptu Pasaran Neptu
Minggu 5 Legi 5
Senin 4 Pahing 9
Selasa 3 Pon 7
Rabu 7 Wage 4
Kamis 8 Kliwon 8
Jum’at 6
Sabtu 9
Advertisement

Agar lebih jelas, berikut contoh perhitungannya:

Misalkan kamu memiliki weton Minggu Legi maka neptunya 5+5 yakni 10. Kemudian pasanganmu dengan weton Jumat Pahing, maka neptunya 6+9 yakni 15. Maka total hitungan weton jawa untuk pernikahan adalah 10+15 yaitu 25.

Advertisement

Angka 25 ini masuk dalam kategori sujanan, yang artinya pasangan akan mendapat masalah perselingkuhan. 

Lebih jauh, kamu bisa melihat hasil perhitungannya di bawah ini:

Pegat

Dalam bahasa Jawa, pegat artinya cerai atau bercerai. Selama menjalani pernikahannya pasangan akan mendapat berbagai masalah. Hasil penjumlahan weton pegat adalah 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, dan 36.

Ratu

Hasil penjumlahan weton 2, 11, 20, dan 29 memiliki arti bahwa pasangan berjodoh. Sesuai dengan namanya, Ratu berarti pasangan akan dihargai dan disegani orang lain.

Jodoh

Pasangan yang memiliki jumlah weton antara 3, 12, 21, dan 30 berarti “Jodoh”. Keduanya bisa menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Topo

Pasangan dengan hasil perhitungan weton 4, 13, 22, dan 31 akan sering mengalami kesulitan. Namun mereka bisa mendapat akhir yang bahagia. 

Tinari

Pasangan dengan hasil penjumlahan 5, 14, 23, dan 32 mudah mencari rezeki dan hidupnya penuh keberuntungan. Hidupnya tidak akan sampai kekurangan.

Padu

Pasangan dengan hasil perhitungan 6, 15, 24, dan 33 disebut padu. Dalam bahasa Jawa, padu artinya bertengkar. Jadi, pasangan ini bisa sering mengalami pertengkaran namun tidak sampai pegat. 

Sujanan

Hitungan weton jawa untuk pernikahan dengan jumlah 7, 16, 25, dan 34 disebut Sujanan. Ini artinya pasangan kemungkinan besar sering mengalami masalah perselingkuhan.

Pesthi

Terakhir adalah hitungan weton berjumlah 8, 17, 26, dan 35 yang disebut Pesthi. Pasangan ini selalu rukun, damai, dan tentram. 

Terlepas dari kebenaran dari primbon ini kembali pada kepercayaan masing-masing. Jika kamu atau pasangan berasal dari Jawa, maka hormati saja adat dan budaya yang mengiringi. Asal, tidak merusak keimanan kepada Tuhan. Kamu yang sudah mencoba menghitung weton jodoh, hasilnya apa nih?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE