Mencari pasangan yang ideal itu nggak mudah. Apalagi di era sosial media seperti saat ini. Penampilan sudah bukan kriteria utama dalam memilih pasangan. Oke lah, kalau cuma sekadar nyari pacar sih nggak apa-apa melihat penampilan sebagai salah satu syaratmu. Namun kalau kamu mencari pasangan yang bisa diajak senam manula bersama di hari tua kelak, penampilan saja bisa apa?

Sebab banyak kualitas-kualitas lain yang dibutuhkan dalam menemukan sosok yang tepat untuk menjadi pendamping di masa depan. Penampilan memang menunjang, namun bila pasanganmu saat ini sudah memiliki sifat-sifat ini, tak perlu ragu lagi.

1. Meski kamu sedang uring-uringan, dia tetap bisa tenang dan bikin kamu nyaman! Kalau pasanganmu seperti ini, pertahankan!

Bisa menghibur kamu~ via pexels.com

Harimu sedang sial-sialnya. Udah nunggu lama, ternyata orderanmu di-cancel sama abang ojeknya. Siang tadi pun kesialan juga menimpa, baju kesayanganmu ketumpahan kopi secara tidak sengaja. Belum lagi hatimu uring-uringan sebab uangmu dipinjam teman yang tak bisa dihubungi saat dibutuhkan. Duh! Bawaannya pengen marah terus!

Saat-saat seperti ini kamu butuh seseorang yang bisa menenangkanmu ketika berjumpa. Tak harus membantu menyelesaikan persoalan, sebatas mendengarkan keluh kesahmu hingga kamu merasa lebih nyaman pun cukup rasanya. Sosok seperti ini sulit untuk ditemukan. Dan jika dia sudah bisa memberimu perasaan ini, apa lagi yang kamu cari?

 

2. Bersama orang yang kreatif selalu menyenangkan. Bersamanya, kamu akan menemukan banyak hal tak terduga, dan hidupmu pun semakin penuh warna

Dia kreatif~ via pexels.com

Orang yang kreatif selalu tak terduga. Karena inilah, ada baiknya kamu mencari sosok yang kreatif untuk teman hidup bersama selama-lamanya. Kreatif dalam hal berkreasi maupun mencari jalan keluar saat dibelit persoalan. Masa depan kan serba tidak tertebak. Mana tahu nanti penghasilan yang kamu dapat setiap bulan ternyata tidak cukup untuk menutup kebutuhan. Pastinya akan menyenangkan bila kamu bersama orang yang punya ide-ide kreatif untuk mengembangkan sesuatu sederhana menjadi barang berharga yang bisa dijual.

Lumayan membantu ‘kan? Berduet tidak hanya untuk menjalankan roda rumah tangga, tapi juga menjadi wirausaha bersama. Eh kamu sudah tahu belum bahwa menjadi wirausaha itu sudah membuktikan bahwa kamu peduli pada negara dengan #SadarAPBN?

 

3. Manusia pasti pernah punya salah. Namun alih-alih diam dan membiarkan, dia nggak ragu menunjukkan di mana kamu harus berbenah

Berani ngomong apa adanya sama kamu~ via pexels.com

“Kamu mbok ya jangan gitu. Dikurangi baperannya. Dikurangi marah-marahnya”

Namanya juga manusia, pasti pernah melakukan kesalahan. Baik yang disengaja, maupun tidak. Demikian juga dengan kamu. Namun saat bersama dia, responnya selalu bisa membuatmu sadar akan kesalahannya. Dimaafkan memang membuat hati tenang, namun diingatkan akan membuatmu menjadi sosok yang lebih baik setiap harinya. Bila pasanganmu adalah tipe orang yang tak ragu mengungkapkan uneg-unegnya demi kebaikan bersama, sudah layak untuk kamu mempertahankan dia. Karena dia bisa “memaksamu” untuk berbenah tanpa kenal kata menyerah.

 

4. Di tengah kesibukannya memantaskan diri, dia selalu bisa mengatur waktu untuk bisa bersamamu…

Ngajak ngobrol barengnya~ via pexels.com

Terkadang sibuknya kerjaan jadi alasan untuk sult bertatap muka dengan pasangan. Saat sedang kangen-kangennya, dia susah diajak ketemuan karena banyaknya kesibukan. Duh, kesal sih, tapi rindu. Memelihara sebuah hubungan memang tidak berarti dia menempatkanmu di atas segala-galanya. Banyak hal yang harus diurusi di dunia. Tapi bila di tengah kesibukannya dia selalu meluangkan waktu untuk bertemu, sudah barang tentu dia tidak main-main dengan hatimu. Dia juga sosok yang bisa mengatur waktu. Cinta dan cita-cita bisa berjalan bersama. Sudah lengkap ‘kan kriterianya?

 

5. Di tengah banyaknya produk luar yang harganya mahal, dia juga nggak ragu memilih produk dalam negeri. Karya anak bangsa saja dihargai, apalagi karya pasangan sendiri?

Belanja~ via pexels.com

Siapa sih yang nggak tertarik dengan brand-brand kece dari luar negeri? Coba deh lihat saat ada momen diskonan di mall-mall, barang-barang luar negeri pasti ludes diserbu pembeli. Selain katanya kualitas terjamin, gengsinya juga lebih tinggi. Namun untuk jadi partner hidup dalam rumah tangga, mungkin kamu membutuhkan sosok yang bangga dengan karya dalam negeri. Sosok berpikir bahwa karya anak bangsa tidak kalah keren dengan karya-karya dunia. Apalagi memang sebenarnya banyak brand-brand lokal yang nggak kalah berkualitas dan berharga dibanding merek luar. Bahkan banyak brand lokal yang berkibar di dunia internasional.

Pastinya dia tahu sekali bahwa dengan memakai produk lokal berarti kita membantu pengusaha lokal untuk terus berkembang. Dan bila kamu belum tahu, pertumbuhan pengusaha lokal ini bisa mengurangi pengangguran lho. Dan lebih jauh lagi, siklus ini bisa memberi dampak positif terhadap APBN. Wow! Hobinya memakai brand lokal itu secara nggak sadar memberikan kontribusi besar kepada negara lho karena #SadarAPBN. Semakin pengusaha lokal berjaya, ekonomi Indonesia juga semakin lancar. Coba deh cek akun IG Kementerian Keuangan untuk mengetahui soal ini.

Nah, kalau karya anak bangsa saja dihargai sebegitunya, apalagi hasil karyamu, sebagai pasangan dan calon teman hidupnya kelak?

 

6. Melihatnya bekerja keras selalu membuatmu termotivasi. Ia bisa membuatmu ingin jadi lebih baik lagi!

Dia memotivasimu! via pexels.com

Sekali waktu kamu perlu menanyakan padanya: “Apa rencanamu dalam sepuluh tahun ke depan?”. Ini untuk mengecek apakah dia sudah punya tujuan hidup yang cukup jelas atau belum. Memang terkadang tujuan hidup bisa berubah seiring waktu, tapi itu jelas berbeda dengan orang yang tak punya tujuan hidup sama sekali. Kalau tujuan hidupnya sendiri belum jelas, lalu bagaimana dengan tujuan hidup bersama dalam rumah tangga nanti? Kacau pasti. Jadi bila pasanganmu saat ini punya tujuan hidup yang pasti, apalagi bisa memacumu untuk lebih semangat menggapai mimpimu sendiri, itu artinya kamu beruntung sekali.

Ibarat mencari sepasang sepatu, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Yang modelnya cantik sekali belum tentu nyaman dipakai. Yang indah secara desain, bisa jadi melukai kaki saat dipakai. Bila mencari sepatu saja serumit itu, apalagi mencari pasangan untuk hidup bersama selamanya? Banyak kriteria yang harus dipenuhi, karena semua demi kebaikanmu sendiri.

Jadi, apakah kamu sudah termasuk golongan orang-orang yang beruntung?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya