Ketika pernah jatuh bangun menjalani hubungan, mungkin sempat terlintas dalam pikiranmu tentang siapakah belahan jiwamu sebenarnya. Soulmate atau belahan jiwa bukanlah konsep absurd yang cuma ada dalam kisah-kisah romantis.

Kamu bisa menemukan belahan jiwamu; dia yang mungkin saat ini ada di sampingmu, yang pernah singgah namun sedang pergi meninggalkanmu, atau seseorang yang bahkan belum kamu kenal sama sekali. Seseorang yang sudah merasa ‘cukup’ dengan keberadaanmu. Dia yang menghentikan pencarian dan menjadikannya ‘selesai’ setelah bertemu denganmu.

1. Dia yang Merasa Nyaman dan Menikmati Saat-Saat Bersamamu

menikmati kebersamaaan via hdw.eweb4.com

Di tengah rutinitas dan kesibukan pekerjaannya, makan bersama sepulang kerja dan agenda liburan di akhir pekan adalah saat yang ditunggu-tunggu. Meluangkan waktu agar bisa bertemu denganmu bukan dianggap sebagai kewajiban, melainkan haknya sebagai pasanganmu.

Sepanjang kebersamaannya denganmu, dialah yang dengan penuh semangat bercerita tentang dunianya. Tentang pekerjaan, keluarga, dan hubungannya denganmu. Dia yang ikhlas untuk selalu memajang senyum di wajahnya sambil sesekali tertawa terbahak-bahak di tengah obrolan serunya denganmu.

Advertisement

Waktu bersamamu menjadi sangat berharga baginya. Ketika melihatnya yang sedang tertawa, kamu yakin bahwa dia benar-benar bahagia bersamamu.

2. Dia yang Hafal Kebiasaan-Kebiasaan Kecilmu

dia hafal kebiasaanmu via thesecretgardenofeve.blogspot.com

Kamu sangat suka aroma minyak wangi yang maskulin dan terbiasa menyemprotkannya ke wajah. Dari sekian baju yang ada di lemari, kamu akan memilih kaos oblong bergambar band-band favoritmu. Ketika pergi ke restoran, kamu terbiasa memesan menu makanan yang banyak sayurnya.

Bukan orang tua atau saudara, tapi dialah yang hafal dengan kebiasaanmu ini. Dia yang tau tentang rutinitasmu – mulai dari bangun tidur hingga pergi tidur di malam hari. Baginya, inilah caranya untuk mengenalmu lebih dekat. Kebiasaan-kebiasaan unikmu jugalah yang hampir setiap hari membuatnya jatuh cinta padamu.

3. Dia yang Tidak Lagi Malu Memperlihatkan Kebiasaan Jeleknya

menunjukan kebiasaan jeleknya via anasahmed.wordpress.com

Dia tidak lagi malu-malu, tapi benar-benar tampil apa adanya di depanmu. Dia mengaku malas potong kuku dan mencuci rambut. Bahkan, dia tidur mendengkur dan malas mencuci kaos kaki. Ketika kamu mulai komentar tentang kebiasaan jeleknya, dia pun tidak terlihat marah dan hanya membalasmu dengan senyum.

Baginya, hubungan kalian berada di level yang berbeda. Bukan lagi soal bagaimana terlihat sempurna di depan pasangan. Tapi, justru berusaha menjalani hubungan yang jujur dan apa adanya. Dia percaya bahwa cinta kalian begitu dalam dan tidak akan sedikitpun berkurang hanya lantaran kebiasaan-kebiasaan jeleknya.

4.  Dia yang Tidak Pernah Khawatir untuk Berada Jauh Darimu

ketika harus terpisah jarak via indialive.today

Kuliah di luar kota, dapat pekerjaan baru, pindah rumah: banyak hal yang memungkinkan kalian terpisah dan menjalani hubungan jarak jauh. Kalian pun mungkin terpaksa menjalin hubungan jarak jauh. Namun, hal ini tidak sedikitpun membuatnya sedih atau bahkan menyerah dengan hubungan kalian.

Dia percaya bahwa cinta ibarat api yang besar dengan jarak adalah anginnya. Ketika cinta kalian tidak cukup besar, jarak akan dengan mudah membuat hubungan kalian kandas. Sementara, ketika cinta itu sama-sama besar, jarak justru akan membuat cinta kalian semakin kuat.

5. Dia yang Begitu Peduli dengan Perasaanmu

dia peduli pada perasaanmu via 9images.blogspot.com

Kadang, ada-ada saja yang tidak setuju dengan hubungan kalian. Merasa tidak senang melihat kebersamaan kalian. Komentar-komentar pedas dari orang-orang terdekat mungkin pernah membuatmu sedih atau marah.

Ketika itu, dialah yang berbesar hati untuk menenangkanmu. Menggenggam tangan atau memelukmu sambil berkata bahwa semua akan baik-baik saja. Berada dalam pelukannya membuatmu merasa tenang. Kamu pun semakin yakin bahwa dialah belahan jiwa yang dikirim Tuhan untuk mendampingimu.

6. Dia yang Tetap Berjuang Mengejar Mimpinya

mengejar mimpi via space2live.net

Dia punya cita-cita bisa kuliah dan bekerja di luar negeri. Berharap suatu hari juga bisa jadi penulis terkenal yang karya-karyanya dibaca banyak orang. Cita-citanya begitu kuat dan tidak sedikitpun goyah sekalipun dia telah menemukan mimpi barunya – hidup bersamamu.

Sebuah hubungan dikatakan sehat ketika pasangan bisa sama-sama bertumbuh jadi pribadi yang lebih baik. Bisa saling mendukung untuk sama-sama mengejar cita-cita. Belahan jiwamu adalah dia yang semakin semangat untuk mengejar cita-cita dan mimpinya. Dia yang yakin bahwa masa depannya akan lebih bahagia bersamamu.

7.  Dia yang Sibuk Memikirkan Masa Depan Kalian

masa depan hubungan via www.futuretimeline.net

Merasa sudah menemukan pasangan yang benar-benar cocok, dia mulai memikirkan masa depan hubungan kalian. Status sebagai pacar mungkin tidak lagi dirasa pas ketika usia sudah sama-sama siap untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Yup, dia memang tidak pernah secara lugas membicarakan pernikahan. Sesekali, kalian hanya berkelakar tentang pernikahan yang mungkin terjadi suatu hari nanti. Tapi, lihat betapa gigih dia bekerja demi menyiapkan tabungan masa depan. Diam-diam, dia sedang merencanakan dan mempersiapkan masa depannya bersamamu.

8. Dia yang Mencintaimu dengan Sederhana

mencintai dengan sederhana via favim.com

Tidak ada yang lebih membahagiakan ketika bisa bertemu seseorang yang mencintaimu dengan sederhana. Bukan cinta yang niscaya, tapi tetap logis tanpa harus banyak menuntut atau meminta.

Dialah yang bisa mencintaimu dengan ‘apa adanya’ kamu, tanpa harus jadi seperti yang dia inginkan. Dia pun bisa dengan tegas berkata: “aku mencintaimu walaupun kamu…”, dan bukan “aku mencintaimu karena kamu…”.

9. Dia yang Bisa Jatuh Cinta Padamu, Setiap Detiknya…

jatuh cinta via www.muddymatches.co.uk

Ada pendapat yang mengatakan bahwa manusia adalah pecinta binal yang bisa jatuh cinta setiap detik. Bayangkan, dalam sehari kamu bisa jatuh cinta ribuan kali dengan orang yang berbeda-beda. Kamu bisa melewatkan sedetik momen itu begitu saja atau justru mengejar cinta baru dan melupakan cinta lamamu.

Belahan jiwa adalah dia yang merasa ‘cukup’ bersamamu. Dia tidak lagi mudah jatuh cinta setelah menemukanmu. Dia percaya bahwa kamulah orang yang tepat untuk menemani sisa hidupnya. Kamu yang bisa membuatnya jatuh cinta setiap detik.

10. Belahan Jiwa Adalah Dia yang Mendoakanmu Diam-diam

saling mendoakan via truelovedates.com

Saat ini, belahan jiwamu mungkin ada di sampingmu, berada jauh darimu, atau bahkan belum sempat kamu temukan. Tapi, percayalah bahwa suatu hari kalian akan dipertemukan. Dan ketika tidak ada kesempatan untuk saling bicara atau bahkan menggenggam tangan, satu-satunya yang bisa menguatkan cinta adalah doa. Yakinlah bahwa dia sedang mendoakanmu dan berharap segera menemukanmu.

Soulmate atau belahan jiwa itu benar-benar ada. Mungkin, dia sedang berada di suatu tempat dan berharap segera dipertemukan denganmu…